free hit counter code Arti Barokah Dalam Hidupmu - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Arti Barokah Dalam Hidupmu
    Ustad Umar Mita LC

    Arti Barokah Dalam Hidupmu

    • Kamis, 17 Februari 2022 | 04:16:00 WIB
    • 0 Komentar

     

    DALAM kehidupan sehari-hari sering mendengar atau mengucapkan kata barokah (berkah). Misalnya seorang teman memberi do'a "semoga hidupmu penuh berkah".  Sudahkah kita tahu arti berkah atau barokah yang sesungguhnya? Apakah hidup yang berkah berarti orang yang karirnya sukses, kaya raya bergelimang harta? Apakah orang miskin berarti hidupnya tidak berkah? Tentu saja tidak seperti itu.

     

    Disarikan dari ceramah ustadz Oemar Mita, Lc, berikut sedikit ulasan tentang makna dari barokah dalam hidup:

     

    1. Barokah itu segala kondisi yang menyebabkan bertambah ketaatan di jalan Allah.

    Sukses tidaknya hidup seseorang dalam urusan dunia bukan tolak ukur berkah tidaknya kehidupannya. Yang menjadi tolak ukur adalah sikapnya apakah kesuksesan atau kegagalan itu membuat dia semakin dekat kepada Allah ataukah sebaliknya.

     

    Jika seseorang memiliki dunia tapi semakin jauh akhlaknya dari jalan kebenaran, maka itu menandakan jauhnya dia dari keberkahan. Sebaliknya, jika ada seseorang yang tidak punya apa-apa, tidak sukses menurut ukuran manusia akan tetapi selalu berupaya untuk hidup mencari ridha Allah swt maka barokah sedang menyertainya.

     

    Yang paling baik adalah seseorang yang sukses dalam urusan dunia dan memanfaatkan segala yang dia punya untuk menambah ketaatan sehingga bisa menjadi investasi akhiratnya. Hal yang penting untuk diingat adalah setiap kenikmatan yang tidak menambah ketaatan akan berubah menjadi musibah, dan kepahitan yang mendatangkan ketaatan akan membawa berkah.

     

    1. Barokah adalah Assunah

    Orang yang diberi barokah oleh Allah adalah orang yang diberikan kemampuan untuk menjalani tata cara kehidupannya sesuai dengan sunnah Rasulullah Muhammad saw. Sunnah itu bisa diibaratkan seperti perahu nabi Nuh, barangsiapa yang ikut menaikinya maka akan selamat.

     

    Sunah tidak hanya berkaitan tentang ibadah ritual, melainkan mengatur semua aspek kehidupan secara detail. Jika kita ingin tahu apakah hidup kita barokah atau tidak, mari kita introspeksi tentang gaya hidup kita selama ini apakah sudah banyak mencontoh kehidupan Rasulullah saw atau jangan-jangan budaya kafir yang justru kita idolakan. Bagi seorang mukmin mengikuti sunnah adalah konsekuensi atas pengakuan keimananannya yang akan menuju jalan keselamatan baik di dunia maupun akhirat.

     

    1. Barokah itu Istiqomah

    Orang yang hidupnya barokah adalah orang yang diberikan oleh Allah kemampuan untuk istiqomah dalam ketaatan kepada Allah sampai meninggal dunia. Karena berat untuk dijalankan, maka sesungguhnya pertolongan Allah yang paling besar dalam hidup seseorang adalah diberikan-Nya sikap istiqomah.

     

    4.Barokah itu Husnul Khatimah

    Ada orang yang pendek umurnya tapi barokah. Ada juga yang panjang umur tapi tidak barokah.Tanda seseorang hidupnya barokah adalah ketika diwafatkan dalam keadaan husnul khotimah.

     

    Karena kematian tidak ada yang tahu datangnya kapan, maka untuk mencapai husnul khatimah hendaknya kita berupaya untuk menjaga agar tetap bisa istiqomah dalam ketaatan. Diantaranya dengan sering mendatangi majelis ilmu agar iman kita bertambah, menyisihkan harta yang syubhat agar tidak masuk ke dalam perut, bergaul dengan orang-orang sholeh, banyak membaca al quran dan senantiasa berdo'a kepada Allah swt. (*)

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Terkait


    Berita Lainnya


    Pandangan Agus Mulyana Tentang Generasi Sandwich
    Band DIKSI Asal Bandung Luncurkan 4 Album Tematik
    Pesona Kota Mulia di Pegunungan Jayawijaya Papua
    Agus Mulyana Ajak Masyarakat Untuk Rajin Menabung
    Mengisi Aktivitas Akhir Pekan Ala Agus Mulyana

    Editorial