blog counter

Hot News


Opini


    Para Musisi Penggiring Iwan fals, dari yang Senior Hingga Anak Muda

    • Minggu, 9 Januari 2022 | 20:11:00 WIB
    • 0 Komentar


    Para Musisi Penggiring Iwan fals, dari yang Senior Hingga Anak Muda

     

    SOSOK Iwan Fals sebagai legenda musik tak terbantahkan lagi. Suara dan teknik menyanyi musisi balada ini sangat tinggi. Para artis sudah mengakuinya. Iwan bisa menyanyikan dari suara rendah sampai suara tinggi sekalipun. Tanpa selip, tanpa fals tentunya.

     

    Namun, aksi Iwan Iwan Fals di panggung tak akan sempurna tanpa dukungan musisi yang lain. Siapa saja musisi yang selalu mendampingi ayah dari Raya Rambu Rabani ini. JuaraNews merangkum dan mencatat siapa saja musisi pengiringi Iwan Fals dan di konser atau album apa saja mereka terlibat. Berikut catatannya.

     

    Totok Towel

    Dalam sebuah konser Iwan Fals pernah bercerita soal Totok Tewel. Disebutkan, dalam sebuah konser Godbless di Bandung, Elpamas—grup band Toto Tewel menjadi band pembuka dan menyanyikan beberapa lagu. Karena tidak puas, penonton marah dan melakukan pelemparan. Salah satu lemparan mengenai tangan Toto hingga berdarah.

    Tapi Toto Tewel tak mundur sama sekali. Ia tetap memetik gitar. “Dia itu gila. Sama sekali nggak mundur. Sejak saat itu saya kepincut sama dia,” kata Iwan berseloroh saat bercerita.

    Totok Tewel adalah salah satu musisi pengiring Iwan dan memainkan gitar. Sebelumnya ia tergabung dalam grup musik asal Surabaya, Elpamas. Dia juga pernah bermain di Sirkus Barock bersama Sawung Jabo dan Swami. Kini lebih banyak bermain bersama Iwan Fals. Toto sempat membuat album solo gitarnya berjudul Medemdewer.

    Nama lengkap gitaris asal Malang ini sebenarnya Emmanuel Herry Hertoto. Namun ia banyak dikenal dengan nama Toto Tewel. Yang khas dari Toto dalam setiap konser Iwan Fals, selalu menggunakan kostum yang nyentrik. Ia pernah menggunakan pakaian seperti tokoh Hanoman dalam pewayangan. Sering pula menggunakan topeng atau atribut lain yang eksentrik, misalnya menggunakan bahu tahanan KPK berwarna orange.

     

    Eddy Daromi.

    Seperti Toto Tewel, Edy Daromi pun pernah menjadi salah satu musisi Elpamas. Ia sudah cukup lama bergabung dengan Iwan Fals. Alat musik yang dimainkannya adalah organ. Dalam beberapa lagu seperti Hadapi Saja, Edy tampil menjadi backing vokal.

     

     

    Ardy Yusuf Sikki

    Ardy merupakan muisisi pengiring Iwan Fals yang terbilang muda, dibandingkan Toto Tewel dan Eddy Daromi. Bagi penggemar Iwan Fals sosok yang satu ini tak asing lagi.

    Ardy Yusuf Sikki adalah musisi kelahiran 19 Juli 1988. Di akun Facebooknya, Pemain Bass yang kini sering mengiringi Iwan Fals dalam setiap konsernya ini menulis kota asalnya adalah Makassar.

    Selain bermain untuk Iwan, Ardy juga bermain di Elpamas nbsp;dan juga Ef~ef Band. Di panggung, kadang ia terlibat aksi bercanda bersama Totok Tewel. Dalam akun sosmednya, salam yang dikenal adalah Salam 4 Senar.

     

    Edy Kemput

    Edy Kemput sempat menjadi musisi pengiring Iwan Fals. Kini ia lebih banyak berkonsentrasi pada aktivitas dakwah. Sempat terlibat dalam album Suara Hati, Iwan Fals in Colaborations, dan 50:50. Edy Kemput juga ikut terlibat konser musik Adi MS.

     

     

    Sonata Klaki

    Cukup banyak alat musik yang biasa dimainkan Sonata saat konser bersama Iwan Fals. Ia memegang gitar, namun sering memainkan alat musik lain seperti suling atau harmonika. Aksinya lebih terlihat kalem, tampil di sebelah kiri Iwan Fals

     

     

    Yose Kristian

    Yose bergabung dengan Iwan Fals sejak 2014.  Pria lulusan IKJ Jurusan Seni Pertunjukan ini bukan drummer biasa. Meski alat perkusi itu adalah cinta pertamanya, namun untuk berikutnya pria kelahiran 1987 ini lebih disibukkan dengan perannya sebagai komposer atau kadang konduktor. Sejak saat duduk di Sekolah Menengah Musik di Yogyakarta (setara SMA) ia sudah gemar menulis komposisi lagu untuk dimainkan oleh siswa dari jurusan lain.

     

     

    Muhamad Iqbal

    Sama dengan Yose, Iqbal drumer pengiring Iwan Fals kelahiran 1987. Mulai belajar drum sejak usia 7 tahun, Pada 2002 Iqbal menjadi drumer terbaik nasional dalam acara Yamaha Drum Competition 2002. Iqbal dan Yose sering gantian menambuh beduh.

     

     

    Eko Balung

    Suara musik iwan fals kaya akan nada. Itu sebab karena Iwan pun memainkan alat musik selain gitar atau bass, tapi juga memainkan biola atau alat musk lainnya. **

     

     

    ude

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    El Royale Hotel Bandung Hadirkan Promo Menarik
    Tren Hijrah Tak Pernah Padam, Zoya Laki Ajak Kawula Muda Pria Perbaiki Diri Lewat Fesyen
    Warkop DKI Raih Lifetime Achievement Indonesian Comedy Award 2022
    Sarapan Sehat Disarankan Makanan yang Rendah Kalori
    Arti Barokah Dalam Hidupmu
    • Arti Barokah Dalam Hidupmu

      DALAM kehidupan sehari-hari sering mendengar atau mengucapkan kata barokah (berkah). Misalnya seorang teman memberi do'a "semoga hidupmu penuh Selengkapnya..

      • 17 Februari 2022
    Berita Terdahulu

    Editorial