free hit counter code Pemprov Jabar Dukung Teqball jadi Cabang Olahraga KONI - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Pemprov Jabar Dukung Teqball jadi Cabang Olahraga KONI
(net) ilustrasi

Pemprov Jabar Dukung Teqball jadi Cabang Olahraga KONI

  • Minggu, 26 Desember 2021 | 18:12:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Tasikmalaya – Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mendorong teqball menjadi salah satu cabang olahraga yang dinaungi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) baik di tingkat pusat maupun Jabar.

 

Menurut Wagub, sesuai dengan persyaratan dari KONI Jabar sendiri, teqball harus memiliki kepengurusan cabang minimal di enam kota/kabupaten. Adapun saat ini sudah terdapat di sekitar 13 kota/kabupaten di Jabar. Selain itu Kejurda maupun Kejurnas teqball harus sudah dilaksanakan masing- masing minimal sebanyak tiga kali pertandingan.

 

Untuk itu, Uumendukung penyelengaraan kejurda untuk menjaring atlet-altet berpotensi dari Jabar yang dapat diandalkan untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia dalam prestasi olahraga.

 

"Olahraga teqball memang dianggap baru dari cabor yang lain, tetapi teqball sudah memiliki induk internasional, artinya sudah memiliki gengsi tersendiri," ujar Uu saat memberi sambutan pada Kejurda Teqball Jawa Barat secara virtual dari Rumah Singgah Wagub di Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (26/12/2021).

 

Menurut Uu, potensi sumber daya manusia (SDM) Jabar sekitar hampir 50 juta jiwa berpeluang memopulerkan permainan teqball. Pun bila sudah diakui KONI diharapkan pembinaan dan pembibitan atlet akan lebih terarah.

 

"Harapan Kami teqball Jabar bisa ikut event- event besar, dan mengharumkan nama Jabar," ujar Uu.

 

"Karenanya Kami mendukung diselenggarakannya Kejurda agar lahir atlet- atlet potensial asal Jabar," sambungnya.

 

Uu pun mengungkap hadirnya teqball pun menambah khazanah olahraga di Jabar. Selain itu keseruan yang disuguhkan dalam setiap pertandingan tentu menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat.

 

"Olahraga ini (mendatang) mungkin tidak hanya akan jadi olahraga prestasi, tapi juga olahraga yang bersifat hiburan, dan juga dengan olahraga semacam ini akan terjalin hubungan silaturahim di antara kita," tutur dia.

 

Karena itu, Uu menyambut baik penyelenggaraan kejurda, serta siap mendukung Kejurnas Teqball, agar cabor ini dapat segera tersosialisasikan dan bernaung pada KONI.

 

Uu pun menyatakan pihaknya dengan dinas terkait siap mendukung cabor baru asal Hongaria ini. Untuk memajukan cabor baru ini bukan hanya perlu kesiapan dari sisi organisasi dan SDM, namun tentunya perlu dukungan sarana prasarana.

 

Wagub pun mendorong sosialisasi terkait permainan teqball terus digencarkan. Apalagi teqball akan dipertandingan pada gelaran Asian Beach Games 2021 di Sanya, China, termasuk di Olimpiade Paris 2024. Uu berharap Indonesia dengan atlet teqball asal Jabar dapat berkontribusi pada helatan tersebut.

 

"Jabar Juara Lahir Batin menjadi visi dalam setiap aspek, maka Jawa Barat ingin segalanya juara, termasuk dalam cabor teqball ini," pungkasnya.

 

Perlu diketahui, teqball merupakan olahraga kombinasi dari sepak bola, sepak takraw, dan tenis meja. Olahraga ini bisa dimainkan secara singel oleh 2 pemain yang saling berlawanan, ataupun beregu oleh 4 orang pemain dalam satu game.

 

Olahraga yang menginduk pada International Federation of Teqball ini menggunakan meja lengkung dengan ukuran 3×1,7 meter dengan titik tertinggi 0,76 meter serta net setinggi 14 cm.

 

Sedangkan untuk bola yang digunakan harus terbuat dari kulit atau bahan lain yang sesuai dan memiliki kandung kemih lateks. Venue teqball sendiri berbentuk persegi panjang dengan ukuran minimal 12×16 meter dan memiliki ketinggian minimal 7 meter.

 

Teqball dimainkan dengan memantulkan bola ke atas meja dengan menggunakan seluruh anggota tubuh kecuali tangan dengan hitungan 12 poin di setiap set. (*)

jn

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


12 Tim Ikuti Super League Euro Futsal 2024
Bey Targetkan Tim Dayung Raih 15 Emas di PON XII
Rugby Jabar Siap Raih Medali di PON Aceh-Sumut
SDN Jambean 2 Pati & SDUT BK Jepara Raih Juara MSC
PB Djarum Cetak Atlet Muda Berkarakter & Tangguh