Hot News


Opini


  • Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat
    Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat

    TERKAIT penataan ruang, amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja memang berbeda dengan amanat UU 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

    BUMDes Mampu Gerakan Ekonomi Desa

    • Jumat, 19 November 2021 | 22:39:00 WIB
    • 0 Komentar


    BUMDes Mampu Gerakan Ekonomi Desa
    Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat mengunjungi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Haurwangi Bersatu di Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jumat (19/11/2021). (humas pemprov jabar)

    JuaraNews, Cianjur -  Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengunjungi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Haurwangi Bersatu di Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jumat (19/11/2021).


    Dalam kunjungan tersebut, Wagub Jabar- mengapresiasi BUMDesma Haurwangi Bersatu karena mampu menggerakkan perekonomian masyarakat desa dengan mengelola destinasi wisata, toko pakaian, dan bidang usaha lain.


    "Jawa Barat ekonominya maju. Tapi selain maju, ingin juga merata. Salah satu solusinya dengan menggenjot BUMDes agar ekonomi di desa menggeliat, daya beli masyarakat meningkat. Kalau BUMDes hebat, bakal mengangkat martabat masyarakat," kata Uu.


    BUMDesma Haurwangi Bersatu sendiri menaungi beberapa desa yakni Desa Haurwangi, Cihea, Kertasari, Kertamukti, dan Sukatani. Pak Uu pun mendorong BUMDes yang sudah maju untuk berbagi resep kesuksesan dengan BUMDes lain.


    Uu pun mengatakan, Pemprov Jabar saat ini terus berupaya meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian perdesaan. Selain BUMDes, Pemprov Jabar intens mendorong lahirnya Desa Wisata.


    "Majunya perekonomian desa penting untuk kemajuan ekonomi masyarakat desa, sehingga menekan urbanisasi. Bila desa maju, masyarakat bisa tetap tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia," tambahnya.


    Sementara itu, Camat Haurwangi Adang Sumaryai menuturkan bahwa pihaknya memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) di wilayahnya, mulai dari karang taruna, RT/RW, sampai masyarakat, untuk bersama-sama mengelola potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada.


    Berkat kebersamaan tersebut, perekonomian desa-desa di Kecamatan Haurwangi terus bergerak. Salah satu unggulan Kecamatan Haurwangi adalah Wisata Pokland Haurwangi yang merupakan destinasi wisata di kawasan hutan pinus.


    "Bapak Wagub dapat men-support Desa Haurwangi, agar dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata tingkat nasional," ucap Adang.


    Kepala Desa Haurwangi Dede Supyanudin mengucapkan terima kasih kepada Pemda Provinsi Jabar yang terus mendorong desa-desa di Jabar untuk maju. (*)

    jn

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Content Creator Diingatkan untuk Terus Berpikir Kreatif tapi Tetap Jaga Etika
    Hyundai Creta Produk Terlaris di GIIAS 2021, Kini Hadir di Kota Bandung
    Buka Jabar Motekar di Yogyakarta, Ridwan Kamil: Awal Sebuah Semangat Kebudayaan
    UMK 2022 9 Kabupaten di Jabar tidak Naik, Ini Daftar Lengkapnya
    Summarecon Bandung Raup Rp161 Miliar dari Penjualan Kaveling Residensial Eksklusif
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021
      iklan qposaja

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads