Hot News


Opini


    Promo Produk UMKM, Pemporv Jabar Ikut Festival PON Kopi Papua



    Promo Produk UMKM, Pemporv Jabar Ikut Festival PON Kopi Papua
    Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat kunjungan kerja di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat, Jumat (1/10/2021). (humas pemprov jabar}

    JuaraNews, Jayapura – Pemprov Jabar mendapat undangan khusus untuk ikut serta dalam Festival PON Kopi Papua UMKM yang akan berlangsung di Taman Mesran, Kota Jayapura 3-9 Oktober 2021.

     

    Pemprov Jabar bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar, Dinas Koperasi dan UMKM Jabar akan memamerkan berbagai produk UMKM khas Tanah Pasundan.

     

    Festival dilaksanakan bersamaan dengan PON XX/2021 Papua. Produk UMKM Jabar sendiri tidak akan dijual melainkan hanya dipromosikan. Festival lebih kepada mendukung produk UMKM Papua terutama kopi untuk berkembang.

     

    “Kami diundang untuk ikut dalam pameran UMKM di Kota Jayapura. Karena hubungan kita lahir batin, jadi ada perdagangan, ada budaya, ada olah raga dan lain-lain, tidak semuanya ikut,” ucap Ridwan Kamil di Kota Jayapura, Sabtu (2/10/2021).

     

    Menurut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar Kusmana Hartadji, dalam festival ini Jabar akan mengisi dua stan yang disediakan panitia.

     

    “Kita diberikan fasilitas ada dua stan, yang satu stan untuk Paguyuban Pasundan di Papua yang kedua untuk UMKM Jabar,” kata Kusmana.

     

    Ada beberapa produk yang akan dipamerkan dalam Festival PON Kopi Papua UMKM. Selain alas kaki seperti sepatu, kerajinan dari bahan kelapa khas Pangandaran, kerajinan dari Cianjur, serta kerajinan lain.

     

    “Yang dipamerkan produk UMKM umum. Ini peluang pasar karena selama ini produk Jabar luas sekali dan yang hadir di sini dari provinsi lain. Ini potensi bagaimana mempromosikan produk kita di event lima tahun sekali,” tambahnya.

     

    Kusmana mengaku, peluang produk UMKM Jabar untuk masuk pasar Papua sangat besar, di mana fesyen dan makanan sudah masuk meski nilainya masih kecil.

     

    “Untuk kerajinan di sini lebih bagus, di fesyen kurang dan ini perlu disupport. Kita lebih memperkenalkan dulu bagaimana ada kesamaan antara Jabar dengan Papua, ada keterkaitan batin kedua provinsi, bersama Papua satu hati,” jelas Kusmana.

     

    Dia menyatakan, tidak menutup kemungkinan Pemprov Jabar alan membuka gerai khusus produk UMKM di Papua.

     

    “Potensi kerja sama lebih lanjut akan terwujud. Sekarang kita kerja sama saling menguntungkan, kurangi persaingan, perbanyak kolaborasi. Kerja sama kolaborasi telah dilakukan dengan provinsi Kalimantan Selatan, Bali, NTB dan kemarin dengan Papua Barat,” sebutnya. (*)

    jn

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Buruh Di-PHK Kini Bakal Dapat Jaminan Kehilangan Kerja dari BPJS
    Resmi Ditutup, Transaksi WJIS Rp6,5 Triliun
    Transaksi WJIS 2021 capai Rp6,5 Triliun, Pemprov Jabar Kawal Kelanjutan Investasi
    Ini Proyek yang Ditawarkan pada Investor di WJIS 2021
    1.100 Investor Jajaki Investasi di Jabar
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Pos Indonesia kanan
      iklan qposaja

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads