Mulai 24 September, Waktu Tempuh 14 Rute KA Lebih Cepat hingga 1 Jam

  • Jumat, 24 September 2021 | 12:55:00 WIB
  • 0 Komentar


Mulai 24 September, Waktu Tempuh 14 Rute KA Lebih Cepat hingga 1 Jam
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum meninjau gerbong kereta api di sela-sela Launching Percepatan Waktu Tempuh dan Peningkatan Layanan Kereta Api PT Kereta Api Indonesia di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Jumat (24/9/2021). (humas pemprov jabar)

JuaraNews, Bandung - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mempercepat waktu tempuh layanan pada 14 rute kereta mulai 24 September 2021.


Peluncuran layanan itu, bersamaan dengan peluncuran layanan WiFi dan live cooking di kereta.


Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, percepatan waktu tempuh ini bisa dilakukan karena ditunjang infrastruktur baik yang telah dibangun pemerintah, terutama di jalur selatan.


"Karena sarana dan prasarana lebih baik, sudah banyak double track sehingga dapat mempercepat perjalanan kereta," ungkap Didiek seusai Launching Percepatan Waktu Tempuh dan Peningkatan Layanan Kereta Api PT Kereta Api Indonesia di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Jumat (24/9/2021).


"KAI ingin bergerak lebih cepat dalam melayani masyarakat dengan kualitas yang lebih baik. KAI terus melakukan berbagai inovasi sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan," lanjut Didiek.


Percepatan waktu tempuh tersebut diberlakukan di antaranya untuk perjalanan KA Argo Bromo Anggrek (Gambir-Surabaya Pasar Turi pp), Argo Wilis (Bandung-Surabaya Gubeng pp), Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan pp), Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan pp), dan Taksaka (Gambir-Yogyakarta pp).


"Percepatan ini dapat diraih melalui peningkatan kemampuan prasarana sehingga kereta mampu melaju lebih cepat namun tetap mengutamakan keselamatan perjalanan," tandas Didiek.


Misalnya untuk rute Gambir-Yogyakarta pp perjalanannya kini lebih singkat menjadi hanya sekitar 6 jam saja dari sebelumnya sekitar 7 jam dengan menggunakan KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga.


Percepatan juga terjadi di KA lainnya misalnya KA Argo Wilis rute Bandung- Surabaya Gubeng pp lebih cepat 48 menit, sehingga waktu tempuhnya menjadi 9 jam 55 menit.


"Sedangkan Argo Bromo Anggrek rute Gambir-Surabaya Pasar Turi pp setelah pada 1 Juni 2021 telah dikurangi 14 menit, kali ini kembali dikurangi 19-20 menit sehingga kini waktu tempuhnya menjadi 8 jam 10 menit," jelasnya.


Selain mempercepat waktu tempuh, KAI juga menghadirkan wifi gratis pada KA Argo Bromo Anggrek, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Argo Wilis, Taksaka, dan Argo Parahyangan.


"Dengan Wifi gratis, pelanggan tetap dapat beraktivitas seperti bekerja, mengakses konten hiburan, dan berkomunikasi selama dalam perjalanan," kata Didiek.


Saat berada di kereta, pelanggan dapat memilih SSID wifi dengan nama #Free Wi-Fi:MacroAd untuk dapat mengakses wifi gratis selama perjalanan. Yang ketiga, KAI meluncurkan layanan live cooking pada KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka, dan Argo Wilis. Setelah sebelumnya dihadirkan pada KA Argo Bromo Anggrek pada 1 Juni 2021.



Wagub Jabar Warga Jabar Gunakan Kereta Api
Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum yang juga menghadiri launching, mengajak masyarakat Jabar menggunakan transportasi KA saat bepergian. Selain nyaman, juga aman dan mudah diakses.



"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Jawa Barat untuk bepergian pakai kereta api. Biayanya murah, nyaman dan ada efek domino yang sangat hebat yaitu semakin banyak orang pakai kereta api, ada konsekuensi tersendiri yaitu pendapatan negara meningkat," kata Uu.


Wagub Uu mengatakan, PT KAI memiliki inovasi yang dapat menjadi daya tarik. Mulai dari percepatan waktu tempuh, penyediaan layanan WiFi gratis, sampai penyediaan layanan live cooking di atas kereta api.


"Dengan inovasi pelayanan, inovasi sarana prasarana sangat jauh, sangat hebat dibandingkan dengan beberapa tahun ke belakang. Apalagi sekarang menggunakan WiFi. Ini kami yakin akan jadi daya tarik sendiri bagi para penumpang," ucap Uu. (*)

den

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Inovasi Turbin Tenaga Surya dan Angin Terus Dorong Produksi Pangan
Ferry Juliantono Dorong Revolusi Ekonomi Dimulai dari IKOPIN
Ini Tips Tentukan Target Pasar Penjualan UMKM
Desa Wisata Berpotensi Tingkatkan Pendapatan Masyarakat
Pemprov  Jabar Tawarkan 2 Kawasan Industri Rebana ke Investor Timur Tengah
Berita Terdahulu

Editorial


    Pos Indonesia kanan
    iklan qposaja

    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads