free hit counter code Titik Terang CDOB Kabupaten Sukabumi Utara - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Titik Terang CDOB Kabupaten Sukabumi Utara
    (Foto: JuaraNews/Istimewa) Ujang Fahpulwaton

    Titik Terang CDOB Kabupaten Sukabumi Utara

    • Rabu, 23 Desember 2020 | 18:54:00 WIB
    • 0 Komentar

     

    PERJALANAN panjang upaya lapisan masyarakat Sukabumi di wilayah utara terkait harapan dan ke inginan untuk mekarnya Kabupaten Sukabumi mulai mendapat titik terang.

     

    Puluhan tahun berlalu dari masa ke masa entah sudah berapa ganti bupati dan anggota DPRD Sukabumi dan berapa kali Gubernur dan anggota DPRD Jabar silih berganti, perjalanan Kabupaten Sukabumi Utara seolah berjalan di tempat.

     

    Sebelas tahun yang lalu tepat 30 Agustus 2009 Paripurna Pemekaran Kabupaten Sukabumi Utara, diketuk palu sebagai bentuk persetujuan antara Executive dan legislative di Tingkat Provinsi, Kabupaten Sukabumi Utara dan wilayah lainnya sebagai Daerah Otonomi Baru (CDOB) namun kenyataannya Sukabumi belum terwujud dimekarkan.

     

    Namun demikian para aktivis, penggiat, dan pemerhati pemekaran terus tanpa lelah berikhitiar ke berbagai tingkatan pengambil kebijakan agar pemekaran segera terwujud hingga akhirnya Sukabumi Utara dan wilayah lainnya masuk dalam unpres sebagai daerah yang akan menjadi daerah prioritas untuk dimekarkan.

     

    Sampai dengan turunnya peraturan baru untuk segera dilakukan perubahan Revisi kaitan administrative dan lainnya untuk segera dipenuhi dari mulai evaluasi kajian terkait jumlah kecamatan, letak pusat pemerintahan dan lain-lain.

     

    Sampai akhirnya tahun 2020 ini keluar keputusan baru terkait pemekaran wilayah di Jawa Barat melalui Rapat Paripurna yang di Laksanakan dan di hadiri Pihak Executive (Gubernur Jabar) bersama sama DPRD Jabar yang meliputi Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Bogor Barat, dan Garut Selatan

     

    Keptusan Paripurna tanggal 4 Desember 2020 sebenarnya tidak jauh beda dengan Paripurna tanggal 30 Agustus 2009, hanya sedikit bedanya dulu keptusan paripurna persetujuan Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) yang terbaru keputusan Paripurna persetujuan Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB).

     

    Apapun keputusan nya tentu berharap pemekaran wilayah di Jawa Barat Khusus nya Sukabumi Utara dan wilayah lain nya harus Segera terwujud mengingat Letak dan Wilayah Kabupaten sukabumi sangat luas bahkan masuk salah satu Kabupaten Terluas di Jawa dan Bali oleh sebab itulah Pemekaran Kabupaten Sukabumi adalah KEBUTUHAN ,

     

    Provinsi Jawa Barat sangat luas dengan penduduk yang sangat banyak kurang lebih sudah mendekati 50 jt orang kalau kita bandingkan dengan provinsi lain seperti Jatim dgn penduduk dan luasan tidak jauh beda dengan Jawa Barat kabupaten plus kota nya ada 38 dan Jateng yang lebih sedikit jumlah penduduk dan luas wilayah nya kabupaten plus kota nya ada 35 sementara Jawa Barat hanya ada 27 kabupaten plus kotanya.

     

    Kalau melihat ini tentu sangat jauh sekali perbedaan nya apalagi kalau kita bicara DAK / DAU tentu Jawa Barat sangat jauh berbeda dengan dua provinsi ( Jateng dan Jatim ) , jadi sesungguh nya kalau melihat peta seperti ini pemekaran Wilayah di Jawa Barat sangat penting tuk segera di Wujud kan , oleh sebab itu Harapan besar masyarakat daerah yang akan di mekar kan Segera Terwujud karena Pemekaran Di Jawa Barat adalah kebutuhan.


    Penulis:

    Ujang Fahpulwaton (UF)

    Direktur Executive UF Center

     

     

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Terkait


    Berita Lainnya


    Daddy: Patahkan Mitos Gerindra Jabar Jadi Pemenang
    LKPJ Jabar 2023: Prestasi dan Masa Transisi
    Membangun Literasi bagi Gen Z
    Hejo Tapi Teu Ngejo
    • Hejo Tapi Teu Ngejo

      PROVINSI Jawa Barat memilik Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Jasa Lingkungan Hidup. Perda tersebut didasari Undang-Undang Selengkapnya..

      • 19 Maret 2024
    Pemilu dan Pewarisan Budaya

    Editorial



      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 28 64
      2. Arsenal 28 64
      3. Manchester City 28 63
      4. Aston Villa 29 56
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 33 70
      2 Persib Bandung 33 62
      3 Bali United 33 58