free hit counter code Japnas Jabar Sebut PSBB Hambat Produktivitas UMKM - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Japnas Jabar Sebut PSBB Hambat Produktivitas UMKM
    (Foto: Net) Ilustrasi UMKM

    Japnas Jabar Sebut PSBB Hambat Produktivitas UMKM

    • Senin, 28 September 2020 | 16:45:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - UMKN sangat terdampak dengan adanya pembatasan pergerakan atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama pandemi Covid-19.


    Ketua Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Jabar Iwan Gunawan mengatakan, pembatasan pergerakan tersebut menghambat jalannya usaha UMKM. Dia menjelaskan, jika usaha mengalami kesulitan penjualan akan mengakibatkan risiko keuangan yang berdampak pada operasional usaha.


    "Saya kira betul bahwa UMKM selama krisis pandemi ini betul-betul di luar dugaan semuanya. Terdampak luar biasa, tidak hanya yang besar, terutama di bidang finansial tapi sekarang UMKM kena. Karena salah satunya adalah orang dibatasi pergerakannya," kata Iwan saat dihubungi, Senin (28/9/2020).


    Menurut Iwan, pemerintah perlu mendorong para pelaku usaha supaya pasarnya tidak terganggu dengan adanya kebijakan tersebut.


    "Menurut saya, kalau berbicara usaha adalah kepastian, jadi bagaimana program pemerintah itu memberikan kepastian, kalau memang dibatasi ya dibatasi, harus jelas," ungkapnya.


    Iwan meminta pemerintah untuk mengupayakan pemasaran bagi pelaku usaha diarahkan pembelanjaannya ke UMKM sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

     

    Dia menjelaskan, pemerintah perlu membantu UMKM dalam pemanfaatan transformasi digital mulai dari mencari bahan, proses pembuatan, dan sampe ke penjualan.


    "Ini harus kita dorong, karena faktanya pasar-pasar tradisional pembelinya semakin turun. Artinya usaha pun tidak harus di pasar," pungkasnya. (*)

    Oleh: ridwan / rid

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Wasapada, Peredaran Uang Palsu Pasca Lebaran
    Pengguna KAI Comummter Naik 7% Selama Lebaran 2024
    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking

    Editorial



      sponsored links