free hit counter code Sequoia, Pohon Terbesar dan Tertua di Dunia - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Sequoia, Pohon Terbesar dan Tertua di Dunia

    Sequoia, Pohon Terbesar dan Tertua di Dunia

    • Jumat, 28 Agustus 2020 | 09:07:00 WIB
    • 0 Komentar

     

     

    JuaraNews, Bandung – Mungkin kita bertanya, pohon apa yang paling besar di dunia? Seperti pertanyaan iseng, namun tentu jawabannya ada.

     

    Pohon Sequoia dianggap sebagai pohon paling besar di dunia dan usianya sudah sangat tua. Bahkan ada yang menganggap pohon ini sebagai presidennya pohon, untuk menggambarkan besarnya jenis tumbuhan ini.

     

    Tumbuh di Taman Nasional Sequoia, pohon ini diperkirakan berusia 3.200 tahun. Pohon raksasa ini menurut para ilmuwan masih akan terus berkembang dan kemungkinan masih bisa melebihi besarnya yang saat ini.

     

    Pohon Sequoia di tumbuh di kawasan hutan bernama Giant Forest, yang berada di taman nasional Taman Nasional Sequoia. Lokasinya berada di  Tulare, California.

     

    Pohon ini menjadi pohon terbesar di dunia. Tingginya mencapai 83,3 meter dan diameternya sekitar 11,1 meter. Jika ditotal, pohon ini memiliki volume sekitar 1.500 meter kubik. Entah butuh berapa banyak orang untuk melingkarinya.

     

    Uniknya, pohon tersebut dinamakan sama dengan jenderal perang Amerika saat Perang Saudara Amerika yang bernama William Tecumseh Sherman pada tahun 1879. Walaupun sang Jenderal sudah tiada, namun namanya tetap abadi dan melekat di pohon tersebut.

     

    General Sherman sendiri sempat dibandingkan dengan Pohon General Grand Tree di Taman Nasional Kings Canyon. Setelah diukur, ternyata General Sherman dinobatkan menjadi pohon terbesar pada tahun 1931.

    Pohon Sequoia lain memang besar dan terlihat gagah di Giant Forest, tapi General Sherman tetap mencuri perhatian dan menjadi atraksi utama. Selain General Sherman, terdapat juga Wuksachi Lodge & Restaurant, area kemping, Giant Forest Museum, dan Moro Rock.

    Ada fasilitas shuttle bus Sequoia yang dapat ditemui di Visalia. Bus akan mengantar Anda keliling Taman Nasional Sequoia dengan tarif USD 15 atau 183 ribu rupiah. (*)

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Terkait


    Berita Lainnya


    Inilah Beberapa Daerah Bersuhu Dingin di Indonesia
    Misteri Penghuni Jin Kota Gaib Padang 12 Kalbar
    iBooming, Solusi Sukses Afiliasi di TikTok
    Sesar Lembang, Pahami Patahan di Tanah Parahyangan
    Ini Prediksi Fenomena Badai Matahari Akan Terjadi


    sponsored links