PT POS

Sequoia, Pohon Terbesar dan Tertua di Dunia

  • Jumat, 28 Agustus 2020 | 09:07:00 WIB
  • 0 Komentar


Sequoia, Pohon Terbesar dan Tertua di Dunia

 

 

JuaraNews, Bandung – Mungkin kita bertanya, pohon apa yang paling besar di dunia? Seperti pertanyaan iseng, namun tentu jawabannya ada.

 

Pohon Sequoia dianggap sebagai pohon paling besar di dunia dan usianya sudah sangat tua. Bahkan ada yang menganggap pohon ini sebagai presidennya pohon, untuk menggambarkan besarnya jenis tumbuhan ini.

 

Tumbuh di Taman Nasional Sequoia, pohon ini diperkirakan berusia 3.200 tahun. Pohon raksasa ini menurut para ilmuwan masih akan terus berkembang dan kemungkinan masih bisa melebihi besarnya yang saat ini.

 

Pohon Sequoia di tumbuh di kawasan hutan bernama Giant Forest, yang berada di taman nasional Taman Nasional Sequoia. Lokasinya berada di  Tulare, California.

 

Pohon ini menjadi pohon terbesar di dunia. Tingginya mencapai 83,3 meter dan diameternya sekitar 11,1 meter. Jika ditotal, pohon ini memiliki volume sekitar 1.500 meter kubik. Entah butuh berapa banyak orang untuk melingkarinya.

 

Uniknya, pohon tersebut dinamakan sama dengan jenderal perang Amerika saat Perang Saudara Amerika yang bernama William Tecumseh Sherman pada tahun 1879. Walaupun sang Jenderal sudah tiada, namun namanya tetap abadi dan melekat di pohon tersebut.

 

General Sherman sendiri sempat dibandingkan dengan Pohon General Grand Tree di Taman Nasional Kings Canyon. Setelah diukur, ternyata General Sherman dinobatkan menjadi pohon terbesar pada tahun 1931.

Pohon Sequoia lain memang besar dan terlihat gagah di Giant Forest, tapi General Sherman tetap mencuri perhatian dan menjadi atraksi utama. Selain General Sherman, terdapat juga Wuksachi Lodge & Restaurant, area kemping, Giant Forest Museum, dan Moro Rock.

Ada fasilitas shuttle bus Sequoia yang dapat ditemui di Visalia. Bus akan mengantar Anda keliling Taman Nasional Sequoia dengan tarif USD 15 atau 183 ribu rupiah. (*)

ude

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Terkait
Berita Lainnya
Cedera Fibula, Ini yang Terjadi pada Kaki Atlet atau Pemain Bola
Vaksin Covid-19 Mengandung Mikrochip Magnetis, Ini Penjelasan Kemenkes
Selama Ini Banyak yang Bertanya-tanya, Aprilia Manganang Dipastikan Seorang Laki-laki
Sanghyang Tikoro, Terowongan Air tempat Kebocoran Danau Purba Bandung
Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Antisipasi Abu Vurkanik Masyarakat Diimbau Memakai Masker
Berita Terdahulu

Data Statik Covid-19


DATA COVID-19 INDONESIA

😷 Positif:

😊 Sembuh:

😭 Meninggal:

(Data: kawalcorona.com)

Ads