Hot News


Opini


  • Kang Hariyawan
    Kang Hariyawan

    KANG Hariyawan sosok wartawan dan penulis yang kalem, tenang, sedikit bicara, dan banyak bekerja.

    Jadi Dubber Film Animasi Riki Rhino, Ini Pengalaman Pertama bagi Emil

    • Kamis, 20 Februari 2020 | 22:04:00 WIB
    • 0 Komentar


    Jadi Dubber Film Animasi Riki Rhino, Ini Pengalaman Pertama bagi Emil
    Emil saat menghadiri premier film Riki Reno istimewa/humas pemprov jabar

    JuaraNews, Bandung - Setelah terlibat dalam film Dilan 1991 (2019) dan Yowis Ben (2018), Gubernur Jabar Ridwan Kamil kembali membuktikan dukungannya terhadap industri perfilman nasional.

     

    Kali ini, Gubernur kelahiran Bandung 4 Oktober 1971 itu menjadi pengisi suara atau dubber film animasi berjudul Riki Rhino garapan sutradara Erwin Budiono.

     

    Di film yang mengisahkan tentang kehidupan seekor Badak Sumatera bernama Riki tersebut, Emil berperan sebagai pengisi suara karakter bernama Grada, si Elang Jawa.

     

    Nah, soal dubbing dalam acara radio atau ucapan-ucapan seremonial, Emil biasa melakukannya hingga 2 kali dalam sepekan. Namun soal mengisi suara di film animasi, itu menjadi pengalaman baru baginya.

     

    “Tapi yang serius, ini (film animasi) kan pakai script, ya, jadi kalimat, intonasi, itu diatur. Karena kalau saya ngomongnya terlalu cepat, kasihan ke animatornya,” ujar Kang Emil saat menghadiri premiere film animasi Riki Rhino di Cihampelas Walk, Jalan Cihampelas Kota Bandung, Kamis (20/2/2020).

     

    “Pengalaman barunya itu antara intonasi, kecepatan itu harus pas dengan gerak di filmnya. Itu yang agak sulit dan tentunya harus menyesuaikan,” tambahnya.

     

    Proses dubbing pun, lanjut Emil, tidak membutuhkan waktu yang lama dan dilakukan di akhir pekan di sela-sela kegiatannya sebagai Gubernur. “Nggak lama, kurang dari 20 menitan. Dan dilakukan di akhir pekan di Gedung Pakuan,” kata Emil.

     

    Dia pun mengaku senang bisa ikut terlibat dalam Riki Rhino karena film animasi produksi Batavia Pictures ini membawa pesan positif bagi bangsa serta dinilai mampu menggerakkan ekonomi kreatif di Jabar.

     

    “Saya senang karena film ini mempekerjakan 70 orang yang mayoritas anak-anak Bandung, anak-anak Jawa Barat. Kalau berhasil, ini kado indah buat semua pihak, tentang faunanya, tentang animasi dari sisi ekonomi kreatifnya, dan tentang ke-Indonesiaan dan Jawa Baratnya,” jelas Emil.

     

    “Pokoknya saya mah selalu mendukung hal positif. Termasuk perfilman, sekarang menjadi pengisi suara animasi karena filmnya positif,” tambahnya.

     

    Adapun sederet selebritas nasional yang ikut terlibat dalam film, di antaranya Hamish Daud yang berperan sebagai pengisi suara Riki, Ge Pamungkas (Beni), Zack Lee (Mr Jak), Aurel Hermansyah (Bebeb), komika Cemen (Jathul), komika Mo Sidik (Bogeng), Mikhaela Lee (Rara), dan Arsyi Hermansyah (Tukik). Film Riki Rhino mulai tayang di bioskop-bioskop pada 27 Februari mendatang. (*)

    Oleh: JuaraNews / fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    5 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik, Ringan dan Empuk!
    Mudah Banget, Ini Cara Jitu Merawat Tas Berbahan Kulit Biar Awet!
    Sejuta Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, di Antaranya Ini
    Sering Bikin Soundtrack Film, Melly Goeslaw Malah Larang Anto Hoed Baca Skrip
    Ikke Nurjanah Nikah Lagi, Akhiri Masa Jandanya Setelah 14 Tahun
    Berita Terdahulu

    Editorial