free hit counter code Bank Sampah Sabilulungan Siap Olah Bermacam Sampah - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Bank Sampah Sabilulungan Siap Olah Bermacam Sampah

    Bank Sampah Sabilulungan Siap Olah Bermacam Sampah

    • Minggu, 17 Desember 2023 | 07:42:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews Bandung - Kelompok Bank Sampah Sabilulungan berkolaborasi bersama PLN Peduli, berhasil merampungkan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu. 

     

    Dengan fasilitas ini, Bank Sampah Sabilulungan dapat mengelola berbagai jenis sampah menjadi produk yang bernilai ekonomi.

     

    Manager UPT Bandung, Muh Taufik A berkesempatan langsung meresmikan Tempat Pengelolaan Sampah ini bersama aparat Kecamatan, Desa dan Kelompok Karang Taruna setempat, Rabu (13/12/2023).

     

    Peresmian program tersebut sekaligus menjadi bentuk komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan serta pemberdayaan masyarakat sekitar Desa Campakamulya.

     

    Dodo Sunandar, Lokal Hero sekaligus Ketua Kelompok Bank Sampah Sabilulungan mengatakan, Bank Sampah Sabilulungan merupakan salah satu bank sampah di kabupaten Bandung yang mengunggulkan pengelolaan sampah kaca menjadi batako. 

     

    Kini, setelah memiliki tempat pengelolaan sampah terpadu, bank sampah sabilulungan siap mengolah berbagai jenis sampah lain menjadi produk bernilai ekonomi.

     

    “Alhamdulillah berkat bantuan PLN Peduli, kami sekarang memiliki peralatan berupa mesin-mesin yang dibutuhkan untuk mengelola berbagai jenis sampah. Tentunya peralatan ini akan meningkatkan produktivitas pengelolaan sampah, baik sampah kaca maupun sampah kertas dan kayu,” terang Dodo.

     

    Dengan adanya berbagai peralatan tersebut, produktivitas olahan sampah kaca menjadi batako mengalami peningkatan. Tidak hanya itu, Bank Sampah Sabilulungan kini juga mulai merambah ke pengelolaan sampah kertas dan kayu menjadi produk kerajinan Domba Depok yang kerap digunakan sebagai media atraksi kesenian khas Jawa Barat. 

     

    Atraksi pertunjukan menggunakan domba depok tersebut bahkan ditampilkan pada saat peresmian kemarin.

    Lq

    “Dengan diresmikannya Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu milik Bank Sampah Sabilulungan Desa Campakamulya ini diharapkan dapat mengurangi limbah sampah khususnya di Desa Campakamulya dan juga dapat mendongkrak perekonomian warga sekitar,” terang Taufik dalam sambutannya.



    Sementara itu, General Manager PLN UIT JBT, Tejo Wihardiyono, yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum, Firdaus Moh. Nur berharap, adanya fasilitas Tempat Pengelolaan Sampah ini dapat mengubah pola pikir masyarakat terhadap sampah.

     

    “Kami berharap, Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu ini dapat membantu mengubah pola pikir masyarakat Desa Cimaung terhadap sampah, dari ‘membuang’ menjadi memanfaatkan, sehingga pendekatan pengelolaan sampah dapat diubah dari cost center menjadi profit center,” terang Tejo Wihardiyono dalam keterangan tertulis.

     

    Program ini juga menjadi Social Return of Investment (SROI) bagi PLN yang mendukung keberlanjutan usaha perusahaan. Pada September lalu, dilakukan penghitungan nilai SROI pada program ini dengan cara menghitung manfaat yang diterima oleh stakeholder atau masyarakat pemangku kepentingan, kemudian hasilnya dibandingkan dengan biaya program yang telah diinvestasikan. Hasilnya, diperoleh nilai SROI sebesar 4,26. Artinya, setiap Rp 1,- yang dikeluarkan oleh PLN memiliki manfaat sebesar Rp 4,26. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    PLN Berbagi Pengetahuan K3 dan Ketenagalistrikan
    Gerakan Pasar Murah, Beras Dijual Rp10.400 per Kg
    Pemprov Jabar Pastikan Stok Beras Aman Terkendali
    Bulog Jabar Jamin Stok Beras Cukup Hingga Ramadan
    Harga Pangan di Jabar Turun, Termasuk Beras Turun

    Editorial



      sponsored links