blog counter

Ingin Memulai Berolahraga? Simak Tips Memilih Sepatu Olahraga!



Ingin Memulai Berolahraga? Simak Tips Memilih Sepatu Olahraga!

APAKAH Anda memiliki niat untuk memulai olahraga? Jika iya, pastikan Anda sudah menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk berolahraga!


Pada umumnya, perlengkapan olahraga terdiri dari botol minuman, handuk kecil, pakaian olahraga (sportswear), dan sepatu olahraga. Barang ini pun tergolong umum dan dimiliki oleh siapapun. Pada pakaian olahraga, Anda dapat menggunakan kaos oblong dan legging favorit kamu.


Namun, sepatu yang digunakan saat berolahraga sebaiknya menggunakan sepatu yang khusus untuk olahraga. Sepatu khusus olahraga memiliki fungsi untuk memberikan kenyamanan dan melindungi kaki dari cuaca ekstrim dan kemungkinan cedera yang didapatkan pada saat berolahraga.


Cedera yang sering ditemukan pada para individu yang berolahraga pun terdiri dari shin splints, tendinitis achilles, lepuhan atau lecet pada kaki, dan nyeri pada berbagai bagian tubuh. Bagian tubuh ini pun terdiri dari tulang kering, pergelangan kaki, punggung, lutut, dan pinggul. Anda pasti tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan?
 

Adapun pengkategorian pada sepatu olahraga berdasarkan jenis dan fungsinya. Pengkategorian inipun terbagi menjadi sepatu lari, sepatu jalan, sepatu sepak bola, sepatu basket, sepatu tenis dan squash, sepatu sepeda, sepatu aerobik, sepatu pendaki, sepatu golf, dan sepatu cross-training. Setiap kategori pun memiliki tingkat kenyamanan dan perlindungan yang berbeda. Sehingga, penting sekali untuk mengetahui sepatu yang tepat sebelum memulai olahraga.


Berdasarkan pengkategorian tersebut, maka Anda dapat membeli jenis sepatu yang sesuai dengan olahraga yang Anda sering lakukan. Tidak hanya itu, kami juga memiliki beberapa tips yang patut Anda terapkan saat memilih sepatu olahraga yang tepat untuk Anda.


1. Membeli Sepatu Pada Toko Khusus Peralatan Olahraga
Keputusan ini akan mempermudah Anda dalam memilih sepatu olahraga yang tepat. Pada toko khusus peralatan olahraga, koleksi sepatu yang dimiliki akan lebih luas dan lengkap jika dibandingkan dengan toko lainnya. Tidak hanya itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan para penjaga toko yang sudah memahami fungsi sepatu-sepatu tersebut.



2. Memperhatikan Hal berikut saat Mencoba Sepatu
Pada saat berolahraga, umumnya individu menggunakannya bersama dengan kaus kaki. Penggunaan kaus kaki dapat memberikan bantalan pada kaki, mengurangi gesekan, dan mengurangi kemungkinan cedera. Jadi, pastikan Anda mencobanya dengan kaus kaki ya! Agar memastikan sepatu Anda muat saat digunakan untuk olahraga nanti.

Setelah menggunakan kaus kaki, Anda dapat mencoba sepatu dan berjalan atau berlari dengan sepatu tersebut. Dengan melakukan ini, Anda dapat merasakan kenyamanan sebuah sepatu dengan menguji sepatu tersebut. Anda juga dianjurkan untuk menggerakan jari-jari Anda saat sedang mencoba sepatu.


 
3. Memilih Sepatu Berdasarkan Hobi
Anda dapat membeli sepatu yang sesuai dengan olahraga yang Anda sukai, seperti membeli sepatu lari jika sering melakukan lari pagi. Bagi Anda yang menjalankan lebih dari satu olahraga setelah rutin, Anda dapat memulai dengan membeli salah satu jenis sepatu olahraga yang dapat digunakan untuk ketiganya.


Contoh, Anda menyukai olahraga lari, basket, dan sepeda. Namun, frekuensi olahraga yang paling sering dilakukan adalah lari. Sehingga, prioritas utama dalam memilih sepatu olahraga adalah dengan membeli sepatu lari dan menggunakannya juga saat Anda berolahraga basket dan sepeda.


Pilihan ini juga dilatarbelakangi dengan bahan sepatu lari yang memiliki bahan yang lentur dan fleksibel dibandingkan dengan jenis sepatu olahraga lainnya. Akan tetapi, jika bisa membeli sepatu yang sesuai dengan jenis olahraganya, pastikan Anda melakukannya ya!
 

 

Setelah membeli sepatu olahraga, terdapat hal lainnya yang harus Anda perhatikan seperti cara membersihkan dan jangka waktu penggunaan sepatu.

Pertama, cara membersihkan. Tahapan ini pun harus disesuaikan dengan bahan sepatu Anda. Meskipun begitu, terdapat beberapa peraturan umum dalam membersihkan sepatu olahraga. Yaitu menyikat sol sepatu saat terkena kotoran, tidak merendam seluruh bagian sepatu di dalam air, dan tidak memasukan kertas koran di dalam sepatu.


Kedua, jangka waktu penggunaan sepatu. Anda juga harus memperhatikan jangka waktu penggunaan sepatu olahraga. Hal ini diakibatkan oleh sepatu olahraga yang memiliki waktu kadaluarsa, yaitu 300 jam berolahraga atau lari sepanjang 500-600 kilometer. Sol sepatu yang sudah mulai tipis atau aus akan membuat sepatu olahraga Anda tidak nyaman. Hal ini dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko cedera.
 

Nah, apakah Anda sudah menentukan sepatu olahraga yang akan Anda beli? Jika belum, kami memiliki rekomendasi merek sepatu lokal yang memiliki sepatu olahraga dengan berbagai macam jenis dan model. Merek sepatu yang dimiliki oleh Endang Rustandi inipun memiliki nama Dr Kevin.


Merek ini pun menyediakan ragam sepatu olahraga minimalis dan stylish untuk pria dan wanita. Harga merek sepatu ini pun terjangkau, mulai dari Rp 369.000. Tidak hanya sepatu olahraga, Dr Kevin Shoes juga memiliki model sepatu lain seperti sepatu formal, sepatu sandal, dan sepatu bayi.

 
Bagi Anda yang penasaran dan tidak sempat ke toko offline, Anda dapat mengecek Blibli dan melihat official store Dr Kevin Shoes di sini. Tenang saja, Blibli memberikan jaminan dan garansi atas produk-produk jualannya.


Bagi Anda yang khawatir akan kecocokan ukuran sepatu, tenang saja, Anda dapat menukar sepatu Anda dengan kurun waktu 15 hari! Sehingga, tidak perlu takut jika mendapatkan ukuran sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki Anda.


Melalui Blibli, Anda dapat mencari barang kesukaan Anda dengan satu klik dan memilih barang yang paling menarik perhatian Anda! (*)

jn

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Transaksi Temu Bisnis dan Pameran Produk OPOP 2022 Capai Rp42,1 Miliar
Konvensi Nasional Rancangan SKKNI, KKNI dan Skema Okupasi Dorong Pemulihan Sektor Parekraf
El Royale Hotel Bandung Adakan Nobar Piala Dunia 2022
Pegadaian Kanwil Bandung Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur
Pegadaian Taman 3000 Mangrove dan 50 Ekor Tukik
Berita Terdahulu

Editorial


    iklan qposaja

    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads