blog counter

Hot News


Opini


  • Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat
    Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat

    TERKAIT penataan ruang, amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja memang berbeda dengan amanat UU 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

    Resmikan Rumah Kemasan, Atalia Dorong Produk IKM Lebih Menarik dan Sesuai Pasar

    • Kamis, 16 Desember 2021 | 16:36:00 WIB
    • 0 Komentar


    Resmikan Rumah Kemasan, Atalia Dorong Produk IKM Lebih Menarik dan Sesuai Pasar
    Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil saat meresmikan Rumah Kemasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar di Jalan Sampurna No 18 Kota Bandung, Kamis (16/12/2021). (humas pemprov jabar)

    JuaraNews, Bandung - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil meresmikan Rumah Kemasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar yang kini berlokasi di Jalan Sampurna No 18, Kota Bandung, Kamis (16/12/2021).

     

    Dengan konsep lebih ramah lingkungan, Rumah Kemasan bertujuan meningkatkan mutu produk Industri Kecil Menengah (IKM) menjadi lebih menarik dan sesuai kebutuhan pasar.

     

    "Bersyukur sekali Rumah Kemasan bisa diresmikan karena ini sangat dibutuhkan para pelaku IKM," kata Atalia.

     

    Rumah Kemasan sendiri sudah beroperasi sejak 2012 di Jalan Terusan Kiaracondong, Kota Bandung. Dalam setahun, Rumah Kemasan melayani hampir 2.000 IKM dengan rata-rata per hari 20 IKM.

     

    Atalia menuturkan, Rumah Kemasan terbuka untuk siapapun yang ingin mengembangkan usahanya dengan cara yang baik. Tak hanya untuk pengemasan produk kuliner, tetapi juga pembuatan kemasan produk pakaian dan sepatu.

     

    "Tadi juga banyak contoh yang sudah bisa dipakai. Tidak saja untuk makanan, tetapi juga pengemasan untuk pakaian, sepatu, sehingga daya saingnya meningkat melalui kemasan yang baik," tuturnya.

     

    Menurut Atalia, kemasan yang baik berpengaruh besar pada minat pembeli sehingga berdampak pada omzet penjualan. "Bila kemasannya baik, maka akan menambah nilai produk mereka," ucap Atalia.

     

    Pelaku IKM, selain dibantu dibuatkan kemasan yang lebih baik secara gratis, bisa berkonsultasi terkait pemasaran produk dengan para ahli yang ada di Rumah Kemasan.

     

    Atalia mengatakan, saat ini, tak sedikit asosiasi maupun pelaku IKM kesulitan melakukan terobosan dalam memperkenalkan produknya. Selera pasar yang dinamis menuntut pelaku IKM untuk selalu berinovasi.

     

    "Saya kira Rumah Kemasan membantu menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini, ditambah mereka bisa berkonsultasi secara gratis pula," katanya.

     

    Seusai peresmian Rumah Kemasan, Dekranasda Jabar memberikan bantuan alat usaha kepada sejumlah organisasi yang menaungi para pelaku IKM seperti, AIKMA Jabar, ASEPHI, IPEMI, APJI, IWAPI, PHRI, dan PD Pasar Sederhana. Bantuan alat usaha tersebut berupa sepeda motor usaha, gerobak suvenir, mesin presto, mesin pengiris bawang, dan freezer. Dalam kesempatan tersebut, Atalia juga menyaksikan pelantikan pengurus AIKMA (Asosiasi Industri Kecil Menengah Agro) Jabar periode 2021-2024. (*)

    jn

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Tol Cisumdawu Sudah Bisa Dilewati Mulai Selasa Ini, Gratis hingga 2 Pekan ke Depan
    Pemprov Jabar Perbaiki 2.400 Rumah tidak Layah Huni di Garut
    Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemprov Jabar Tetap Pertahankan Pasar Tradisional
    Jabar-Jatim Kerja Sama Kembangkan Inseminasi Buatan Sapi dan Industri Baterai Mobil Listrik
    Pemprov Jabar Kembangkan Wisata Religi Terkonsep
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021
      iklan qposaja

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads