free hit counter code Perhatikan 8 Hal Ini agar Tidak Asal-asalan Beli Smartphone Baru - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Perhatikan 8 Hal Ini agar Tidak Asal-asalan Beli Smartphone Baru
    Ilustrasi

    Perhatikan 8 Hal Ini agar Tidak Asal-asalan Beli Smartphone Baru

    SAAT ini smartphone sudah jadi salah satu barang penting yang harus dimiliki agar aktivitas sehari-hari berjalan lancar dan juga ada hiburan.

     

    Tak heran jika produsen smartphone berbondong-bondong merilis model terbaru untuk memenuhi kebutuhan pengguna gadget di Indonesia.

     

    Tapi, membeli smartphone juga tidak sembarangan. Anda membutuhkan sedikit survey sebelum membelinya. Banyaknya jenis ponsel dari mulai merek, harga dan spesifikasi yang terkadang membuat pusing.

     

    Nah, berikut ini ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah pilih model smartphone.

     

    1. Tentukan Merek yang Diinginkan

    Bagi sebagian orang ketika akan membeli ponsel baru adalah menentukan mereknya terlebih dahulu. Ini memang berhubungan dengan loyalitas anda terhadap salah satu brand ponsel pintar yang ada.

     

    Misalnya saja anda adalah pengguna setia ponsel OPPO, maka kemungkinan anda biasanya akan tetap memilih ponsel OPPO ketika akan membeli ponsel baru, kemungkinan ini sangat besar.

     

    Apalagi sekarang harga OPPO biasanya terjangkau namun spesifikasi cukup bagus. Intinya tentukan lebih dulu merek apa yang akan anda beli.

    May be an image of phone and screen 

     

    2. Menentukan Tipe Ponsel Pintar

    Langkah berikutnya setelah anda menentukan merek apa yang akan anda beli adalah tentukan tipe ponselnya yang sesuai dengan budget Anda.

     

    Ada smartphone kelas entry level yang harganya murah namun spesifikasinya standar. Ada juga kelas menengah dengan spesifikasi yang lebih wow dan harga yang lumayan. Tak ketinggalan ada smartphone kelas flagship yang punya spesifikasi paling tinggi dan harga termahal.

     

    3. Lihat Fitur yang Anda Butuhkan

    Secanggih apapun smartphone tapi jika tidak bisa memenuhi kebutuhan penggunanya, tentunya hal tersebut sia-sia untuk dibeli bukan?

     

    Maka dari itu Anda harus membuat daftar fitur apa saja yang nantinya bisa berguna untuk kebutuhan Anda selama memakainya. Sebagai contoh, anda adalah seorang yang suka membuat vlog, maka anda membutuhkan ponsel yang memiliki kamera dengan resolusi yang tinggi.

     

    Jika anda adalah orang yang suka membuat gambar ilustrasi maka anda harus membeli ponsel yang memiliki pen khusus untuk menggambar.

     

    4. Perhatikan Kapasitas Baterai yang Dimiliki

    Sekarang ini hampir semua orang tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone, maka dari itu pastikan anda untuk membeli ponsel yang memiliki daya tahan baterai yang memadai. Sekarang ini kapasitas baterai ponsel memiliki beragam kapasitas diantaranya ada yang 3.000 mAh, 4.000 mAh hingga berkapasitas jumbo 6.000 mAh.

     

    Jika Anda cari smartphone yang bisa dipakai gaming dan aktivitas berat lainnya, maka carilah smartphone dengan baterai minimal 4.000 mAh agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

     

    May be an image of phone

     

    5. RAM & Media Penyimpanan

    RAM adalah salah satu perangkat hardware yang memiliki fungsi penting bagi sebuah smartphone untuk media penyimpanan data maupun sebagai instruksi program secara temporer. RAM juga ternyata ada ragam variannya.

     

    Tapi, intinya semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki maka fungsi kecepatannya semakin meningkat dan lancar ketika anda sedang mengoperasikan fitur-fitur yang ada. Minimal RAM ponsel yang anda beli nantinya memiliki kapasitas 3 GB.

     

    Salah satu ponsel yang memiliki RAM dengan kapasitas 3 GB adalah brand oppo yaitu OPPO A15, harga smartphone oppo ini di kisaran Rp 1.7 jutaan jika anda cek di situs Blibli.com.

     

    May be an image of phone, screen and text

     

    6. Chipset

    Chipset adalah salah satu hardware yang penting untuk kinerja sebuah smartphone. Bisa dibilang jika chipset adalah otaknya dari ponsel pintar yang menjadi peran utama untuk menunjang kinerja terutama sistem agar bisa berjalan dengan baik.

     

    Ada banyak jenis prosesor yang dipakai di beberapa smartphone diantaranya ada Exynos, Snapdragon dan MediaTek. Dari nama-nama prosesor tersebut pastinya memiliki kinerja yang berbeda-beda.

     

    Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui kemampuan prosesor smartphone yang Anda incar agar performanya sesuai dengan yang Anda harapkan.

     

    7. Sistem Operasi yang Digunakan

    Sistem operasi popular yang ada di dunia ponsel pintar adalah Android dan iOS. Kita juga sudah mengetahuinya bahwa sistem operasi iOS ini identik dengan produk keluaran Apple. Sedangkan untuk sistem operasi Android telah banyak digunakan oleh beragam brand ponsel.

     

    Nah penting sebelum membeli smartphone, anda harus memperhatikan terlebih dahulu sistem operasi yang digunakan dan pastikan ponsel yang hendak dibeli menggunakan sistem operasi terbaru.

     

    Sistem operasi ini penting karena berhubungan dengan kinerja dan performa smartphone serta kemampuannya dalam menggunakan aplikasi tertentu maupun memainkan game tertentu.

     

    8. Sesuaikan Budget yang Dimiliki

    Ada banyak harga smartphone, dari yang termurah sampai yang paling mahal. Tentunya harga juga akan berpengaruh terhadap fitur dan juga tampilan yang ditawarkan. Maka dari itu, anda harus bisa menentukan budgetnya sebelum membeli.

     

    Ketika anda sudah memiliki budget/telah menentukan budget, maka budget tersebut harus anda cocokan dengan fitur yang akan didapatkan nantinya apakah fitur-fitur tersebut lebih banyak yang berguna buat anda nantinya atau tidak.

     

    Anda harus fokus kepada ponsel yang sesuai dengan budget yang sudah anda siapkan, karena anda bisa menghemat waktu serta anda juga bisa memaksimalkan budget yang dimiliki. Sebagai referensi anda bisa memilih ponsel oppo, karena harga oppo semakin terjangkau dan spesifikasi juga mumpuni untuk berbagai aktivitas.

     

    Memang membeli ponsel baru bisa menjadi salah satu perkara yang sepele namun dengan tips-tips di atas Anda bisa mendapatkan perangkat terbaik sesuai dengan kebutuhan dan juga budget. Jadi Anda mau beli smartphone apa nih? (*)

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Olahraga Efektif Mengatasi Lemak Pasca Lebaran
    Tiga Daerah Berbahaya yang Kuasai Ilmu Kesaktian
    Waspadai Penyakit Khas Pascalebaran
    Cintanya Agus Mulyana Pada Vespa Tak Sekedar Hobi
    Cegah Ancaman Kesehatan Pasca Lebaran, Lakukan Ini

    Editorial