free hit counter code Pemprov Jabar dan Pemkab Serang Jajaki Kerja Sama Sektor Pertanian - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


  • Hejo Tapi Teu Ngejo
    Hejo Tapi Teu Ngejo

    PROVINSI Jawa Barat memilik Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Jasa Lingkungan Hidup. Perda tersebut didasari Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2009.

    Pemprov Jabar dan Pemkab Serang Jajaki Kerja Sama Sektor Pertanian
    (humas pemprov jabar) Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri penyerahan MoU antara PT Agro Jabar dan PT Agro Serang Berkah di Kantor Pendopo Kabupaten Serang, Kamis (15/4/2021).

    Pemprov Jabar dan Pemkab Serang Jajaki Kerja Sama Sektor Pertanian

    JuaraNews, Serang - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jabar PT Agro Jabar menyerahkan naskah MoU kepada PT Agro Serang Berkah tentang Penanaman Modal Pangan Jagung.

     

    Gubernur Jabar Ridwan Kamil menilai, kesepakatan kerja sama tersebut menjadi langkah awal dari rencana panjang untuk saling menguatkan dan sama-sama menyejahterakan masyarakat melalui sektor pertanian dan pangan.

     

    Demikian dikatakan Emil saat memberikan sambutan dalam penyerahan MoU antara PT Agro Jabar dan PT Agro Serang Berkah di Kantor Pendopo Kabupaten Serang, Kamis (15/4/2021).

     

    “Sektor pangan teknologinya harus canggih, jangan kayak dulu. Kembali ke desa hanya bisa dikampanyekan kalau pemasukannya setara kota dan diberikan inovasi baru berupa aplikasi yang memudahkan pekerjaan,” ucap Emil.

     

    Emil menuturkan, inovasi dan teknologi pertanian menjadi hal yang harus dikembangkan. Apalagi saat pandemi Covid-19, pertanian menjadi salah satu sektor yang mampu bertahan.  “Karena masa depan kita, pangan berbasis teknologi,” tuturnya.

     

    Menurut Emil, dalam kerja sama tersebut, Agro Jabar akan membeli jagung di Serang. Nantinya, jagung akan ditanam di lahan seluas 1.000 hektare. Lahan tersebut nantinya akan dikelola bersama Agro Serang Berkah.

     

    “Nantinya akan dikelola bersama oleh Agro Jabar dan Agro Serang untuk ditanami jagung yang memang mayoritas untuk pakan. Saat ini kebutuhan pakan ternak sedang defisit. Maka, kami akan maksimalkan bersama. Target produksi jagung, satu hektare itu sekitar 4-6 ton. Jadi, kalau dikali seribu, sekitar 4-6 ribu ton,” ucap Emil.

     

    “Kami punya teknologi, punya pembeli, kami menawarkan kerja sama jadi win-win solution, kami mendapatkan keuntungan, petani di Kabupaten Serang juga mendapatkan keuntungan,” imbuhnya.

     

    Dengan adanya kerja sama antara 2 daerah ini, Emil berharap bisa saling memberikan dampak yang baik untuk masyarakat setempat dan saling menguntungkan. “Selama COVID-19 juga kita memperkuat kerja sama antar daerah jadi saling mengunjungi membawa kebaikan dan kebermanfaatan,” kata Emil.

     

    Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berharap penyerahan naskah MoU tersebut menjadi awal untuk kerja sama yang lebih konkret antara kedua belah pihak. Apalagi, katanya, ada potensi kerja sama yang cukup besar.

     

    “Kami punya luas persawahan 47 ribu hektare. Kemudian lahan berkelanjutan 56 ribu hektare. Jadi di sini banyak lahan yang dimiliki swasta belum dipergunakan. Kami sering meminjam lahan tidur digunakan untuk pemberdayaan petani,” ucapn Ratu Tatu.

     

    Tatu menilai kerja sama tersebut akan memberikan kebermanfaatan. Terlebih lagi daerahnya memiliki pangsa pasar yang berlimpah terkait jagung untuk pakan.

     

    “Dengan MoU ini saya punya harapan banyak karena pertanian menjadi andalan kami. Di Provinsi Banten kami surprlus, kita punya pasar yang luar biasa di Kabupaten Serang ada 8 pabrik pakan yang membutuhkan jagung pipir,” kata Tatu.

     

    “Saya berharap ini bisa menjadi modal awal kerja sama yang bagus untuk Kabupaten Serang,” tambahnya. (*)

    jn

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Rayakan Indahnya Ramadan Tahun ini Bersama Indosat
    Jadi Ajang Kolaborasi Pelaku Usaha & Akademisi
    Daop 2 Antisipasi 88 Titik Rawan Bencana Jalur KA
    bank bjb Raih Penghargaan Best BUMD Award 2024
    bank bjb Raih Great Place to Work

    Editorial



      sponsored links