free hit counter code Pendaftaran Wartawan Peliput PON Papua Diperpanjang - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Pendaftaran Wartawan Peliput PON Papua Diperpanjang
Penandatanganan MOU KONI, PWI, dan PB PON XX

Pendaftaran Wartawan Peliput PON Papua Diperpanjang

  • Kamis, 13 Agustus 2020 | 06:35:00 WIB
  • 0 Komentar

 

JuaraNews, Jakarta – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua, 2-13 Oktober 2021 bukan hanya puncak prestasi olahraga nasional. Namun juga makin menggelorakan semangat persatuan Indonesia.

 

Itulah tujuan pertemuan KONI Pusat dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dan Panitia Besar (PB) PON XX ini. Sesuai koordinasi selama ini, pelaksanaan PON XX di Papua yang seharusnya dilaksanakan 20 Oktober-2 November 2020 ditunda menjadi 2-13 Oktober 2021 karena adanya wabah pandemi virus corona (Covid-19).

 

"Penundaan selama satu tahun ini harus dimanfaatkan untuk memantapkan persiapan di segala lini termasuk publikasi,” kata Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dalam pertemuan dengan Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari dan Ketua Harian PB PON XX/2021 Yusuf Wonda, Rabu (12/8/2020).

 

Hadir juga dalam pertemuan itu Sekjen KONI Pusat TB Ade Lukman, Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, Ketua Siwo PWI Pusat Gungde Ariwangsa, Humas PB PON XX Adkis A Matdoan beserta pengurus PWI Papua dan Siwo PWI Papua.

 

Pertemuan berlangsung penuh keakraban dengan pokok pembicaraan tentang masalah peliputan PON XX. Usai pertemuan ditandatangani Surat Keputusan Bersama tentang Persyaratan Pendaftaran Wartawan Peliput PON XX/2021 Papua.

 

Marciano mengemukakan, untuk menghadirkan publikasi yang baik, para wartawan peliput PON XX dari media yang terverifikasi oleh Dewan Pers dan kompeten. Dengan demikian pemberitaan akan sesuai dengan etika dan kode etik PWI. Diundurnya pelaksanaan PON XX bisa dijadikan waktu untuk memperbaiki masalah yang berkaitan dengan peliputan.

 

“Waktu pendaftaran bisa diundur sehingga bisa menampung lebih banyak wartawan. Persyaratan juga bisa disesuaikan dengan tetap memperhatikan media dan wartawan yang terakreditasi. Kita tidak ingin menyulitkan namun demi menampung antusiasme para wartawan untuk meliput,” ujar Marciano.

 

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menyatakan, PWI ikut berperan mendukung Papua sebagai tuan rumah PON XX. Diharapkan, para wartawan yang meliput PON XX bisa menghadirkan tulisan-tulisan yang memberikan spirit terhadap atlet dan masyarakat Papua maupun Indonesia. PWI mendukung perbaikan persyaratan pendaftaran wartawan yang akan meliput PON Papua.

 

“Kita kemas bersama KONI Pusat dan PB PON XX. Saya setuju dengan arahan Ketua Umum KONI Pusat agar media terverifikasi dan wartawan terakreditasi. Waktu yang ada bisa dipakai untuk melaksanakan uji kompetensi,” kata Atal.

 

Senyum

Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Tahun 2021 bertekad untuk membuat semua orang yang datang dan pulang ke dan dari Papua penuh senyum dengan pelaksanaan pesta olahraga akbar di Tanah Air itu.

 

Di sinilah dituntut peran para wartawan yang meliput PON XX di Bumi Cendrawasih, 2-13 Oktober 2021 mendatang. Bukan hanya menginformasikan tentang olahraga, namun juga mengangkat potensi sosial budaya, keindahan, keramahan dan keamanan Papua.

 

“Papua penuh keragaman dan keindahan flora dan fauna. Untuk kenyamanan tugas para wartawan dalam meliput PON XX mendatang, kami bersama KONI Pusat dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat membuat kesepakatan tentang persyaratan wartawan peliput PON XX,” kata Ketua Harian PB PON XX Yusuf Wonda dalam pertemuan di Gedung KONI Pusat, Senayan, Jakarta.

 

Yunus mengemukakan, sesuai pesan dan arahan Gubernur Papua, Lukas Enembe, PB PON akan menanggung akomodasi, konsusmsi dan transportasi lokal wartawan selama meliput PON XX. Untuk itulah PB PON membutuhkan data awal tentang jumlah wartawan yang akan datang ke Papua untuk meliput baik di Kota Jayapura maupun di Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika. Pihaknya membutuhkan dukungan KONI Pusat dan PWI Pusat untuk menentukan standar dan persyaratan pendaftaran wartawan yang akan mekiput di PON mendatang.

 

“Kami ingin menunjukkan Papua aman dengan pelaksanaan PON. Papua ingin menunjukkan sebagai pusat persatuan dan prestasi olahraga Indonesia. Kami ingin membuat siapa yang datang ke Papua dengan senyum dan pulang dari Papua dengan senyum pula,” ucap Yunus Wonda.

 

Persyaratan Pendaftaran Wartawan Peliput PON XX:

  1. Waktu pendaftaran dibagi menjadi dua periode:
  2. Entry by number: mulai 17 Agustus – 10 November 2020
  3. Entry by name: mulai 1 Maret – 1 September 2021

 

  1. Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi pendaftaran PB PON XX

 

III. Persyaratan pendaftaran

  1. Perusahaan media sudah terverifikasi Dewan Pers.
  2. Menyertakan surat tugas atau surat keterangan penunjukan dari media masing-masing,
  3. Kartu pers
  4. KTP
  5. Menyertakan surat persetujuan dari Tim Verifikasi Provinsi Dan Pusat
  6. Pas foto
  7. Baik dalam entry by number maupun entry by name sudah menyebutkan tempat liputan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke atau Kabupaten Mimika. (*)

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


12 Tim Ikuti Super League Euro Futsal 2024
Bey Targetkan Tim Dayung Raih 15 Emas di PON XII
Rugby Jabar Siap Raih Medali di PON Aceh-Sumut
SDN Jambean 2 Pati & SDUT BK Jepara Raih Juara MSC
PB Djarum Cetak Atlet Muda Berkarakter & Tangguh