free hit counter code Inilah Lima Negara dengan Garis Pantai Terpanjang - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Inilah Lima Negara dengan Garis Pantai Terpanjang
    Ilustrasi

    Inilah Lima Negara dengan Garis Pantai Terpanjang

    • Senin, 20 November 2023 | 12:25:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bandung - Negara di dunia kebanyakan memiliki wilayah laut dengan garis pantai yang sangat luas, garis pantai didefinisikan sebagai garis batas pertemuan antara daratan dan lautan saat terjadi air laut pasang.

     

    Panjang garis pantai di sebuah negara, diukur mengelilingi seluruh pantai yang ada di wilayah tersebut, akan tetapi posisi garis pantai itu sendiri bisa berubah, dan perubahan tersebut dipengaruhi faktor alam seperti, abrasi ataupun karena aktivitas manusia.

     

    Inilah negara yang memiliki garis pantai terpanjang :

    1. Kanada

    Negara Apa yang Memiliki Garis Pantai Terpanjang di Dunia? - Adjar

    Kanada merupakan negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Total panjangnya mencapai 202.080 km atau setara dengan 125.567 mil
    Hampir di sebagian besar provinsi dan wilayah teritori Kanada memiliki garis pantai dengan tipe karakteristik yang berbeda.

     

    2. Indonesia

    10 Negara dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia, Indonesia Posisi Berapa?  - Tribun Travel

    Indonesia menjadi negara kedua dengan garis pantai terpanjang di dunia mencapai 99.083 km
    Tiap pantai di Indonesia memiliki tipe dan karakteristik garis pantai yang berbeda, karena dipengaruhi faktor alam serta campur tangan manusia.

     

    Di sepanjang Pulau Kalimantan dapat ditemui keberagaman hutan bakau yang subur. Di sepanjang pantai utara Jawa dan barat daya Sulawesi, bisa ditemui budi daya tambak udang yang dijalankan masyarakat sekitar.

     

    3. Norwegia

    Pantai Terbaik di Norwegia

    Norwegia memiliki garis pantai terpanjang nomor 3 di dunia, dengan total panjang mencapai 58.133 km. Bentuk garis pantai di Norwegia cenderung tidak beraturan dan berlekuk, karena ada banyak pulau di sepanjang garis pantainya. Garis pantai di Norwegia juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit dengan pemandangannya yang indah dan megah.

     

    4. Rusia

    Pantai Unik di Rusia, Punya

    Rusia memiliki total garis pantai sepanjang 37.653 km atau setara 23.396 mil. Garis pantai di Rusia terbagi dengan Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Arktik, serta sejumlah lautan. Sebagian besar penduduk Rusia menetap di sepanjang garis pantai, karena sejumlah kota besar ini terletak di sepanjang pantai.

     

    5. Filipina

    3 Pantai di Filipina yang Wajib DIkunjungi

    Filipina termasuk dalam negara dengan garis pantai terpanjang di dunia total panjangnya mencapai 36.289 km. Sebagai salah satu negara kepulauan di Asia Tenggara Filipina memiliki 7.641 pulau. Selain itu, Filipina memiliki bentuk garis pantai yang tidak teratur, mayoritas berbentuk pulau kecil dan teluk.

     

    Itulah 5 negara yang mempunyain garis pantai terpanjang. (*)

    Rdsp

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Usai NGEGIGS Hadirkan Konser Kecil Tapi Party
    bank bjb Hadirkan Festival Bojana 2024
    Celana Kulot untuk Outfit Sederhana & Elegan
    Anggun Dae Merilis Single Debut
    Pandangan Agus Mulyana Tentang Generasi Sandwich

    Editorial