free hit counter code Kontingen Jabar Juara Umum FORNAS 2023 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Kontingen Jabar Juara Umum FORNAS 2023

Kontingen Jabar Juara Umum FORNAS 2023

JuaraNews Bandung - Kongen Jawa Barat berhasil meraih juara umum pada Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) ke VII 2023 yang di gelar di Kabupaten Bandung. Setelah meraih perolehan medali 169 Emas, 162 Perak dan 133 Perunggu dengan total yang diperoleh 464 medali. 

 

Panitia Pelaksana Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke VII Jawa Barat 2023, Denda Alamsyah mengatakan pihaknya akan mengevaluasi jika ada kekurangan selama event berlangsung.

 

"Mari kita jadikan bahan evaluasi untuk perbaikan kedepan, kami sudah mencatat apa saja yang akan yang harus kita perbaiki, terutama terkait dengan pelaksanaan di lapangan, regulasi pertandingan dan lain sebagainya," kata Denda Alamsyah, Senin (10/7/2023)

 

Denda menilai bahwa FORNAS ini diharapkan bisa meningkatkan antusiasme masyarakat untuk menjadikan olahraga sebagai budaya bangsa. Selain itu semoga FORNAS ke VII ini berdampak terhadap perekonomian masyarakat.

 

"Dengan selesainya FORNAS ke VII ini, saya juga atas nama panitia penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegiat olahraga yang mengikuti dengan begitu bersemangat dan riang gembira,"ungkapnya

 

Denda juga tak lupa menghaturkan terima kasih khususnya kepada panitia penyelenggara, panitia pelaksana, simpatisan, relawan, masyarakat dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan FORNAS sehingga berlangsung dengan aman dan lancar.

 

"Para pegiat olahraga yang kembali ke kampung halaman diberikan keselamatan sampai tujuan dan harus tetap gembira, datang senang begitu juga saat pulang dengan rasa senang,"katanya

 

Adapun, Ketua Umum KORMI (Komite Olahraga Masyarakat Indonesia Nasional) Hayono Isman mengapresiasi Bupati Bandung, Dadang Supriatna dan istri, yakni Emma Dety Ermanawaty juga selaku Ketua KORMI Kabupaten Bandung sebagai Pasangan Bedas 2023.

 

Hayono Isman menyinggung bahwa anggaran pelaksanaan FORNAS dari Kabupaten Bandung tidak kalah besar dari anggaran yang diberikan oleh Provinsi untuk mendukung terlaksananya FORNAS ke VII, bahkan baru pertama kali dalam sejarah penyelenggaraan FORNAS ada sebuah kabupaten yang anggarannya sedemikian besar, bahkan menurunkan Extrem Park yang Terbesar se Indonesia.

 

"Semoga Extrem Park ini selalu digunakan sehingga tidak menjadi tempat tumbuhnya alang-alang, insya Allah barokah," katanya.

 

Hayono menjelaskan dengan mengusung tema "Merajut Potensi Olahraga Masyarakat Menuju Sukses Indonesia Bugar 2045", diakuinya memang tidak mudah mengangkat olahraga masyarakat, apakah itu kelompok olahraga Tradisional dan kreasi budaya, kelompok olahraga kesehatan dan kebugaran, kelompok olahraga petualangan dan tantangan. 

 

Pasalnya, relatif masih baru walaupun insan olah raganya sudah cukup lama, meskipun demikian dibutuhkan prestasi yang harus dicetak.

 

"Alhamdulillah, FORNAS ke VII Jawa Barat 2023 adalah kemenangan bagi olahraga masyarakat untuk bisa berbuat lebih banyak bagi bangsa dan negara,"ujarnya 

 

KORMI harus memiliki produk olah raga karena sebagai wadah harus berhimpun oleh karena itu FORNAS adalah ajang berhimpun bagi Inorga nya untuk bisa menampilkan dirinya secara baik menuju di tingkat nasional seperti FORNAS ke VII Jawa Barat 2023.

 

"Kita paham dan tidak bisa terlalu berharap dengan anggaran negara dan dari awal kita sudah mandiri. Sejumlah anggaran yakni 64% pegiat olahraga yang hadir di FORNAS VII Jawa Barat 2023 ini datang dengan uang sendiri," ujarnya

 

Jika bukan karena cinta olahraga, tidak mungkin mereka mau berangkat, jadi memang FORNAS adalah arenanya inorga, lanjut Hayono. Untuk itu, pihaknya mengapresiasi KORMI Jawa Barat sebagai pelaksana FORNAS ke VII telah membuat FORNAS ke VII Jawa Barat ini sebagai arena bertanding inorga.

 

Adapun, jumlah yang hadir selama terselenggaranya FORNAS ke VII Jawa Barat 2023, untuk pertama kalinya dalam sejarah FORNAS melalui sistem informasi FORNAS secara digital tercatat hadir dengan KTP 23.192 pegiat olahraga. Angka ini belum termasuk pendukung dan keluarga, yang jumlahnya sangat besar.

 

"Itulah wajah daripada semangat olahraga masyarakat dan juga tentunya promosi dan pelayanan dari provinsi Jawa Barat. Terima kasih juga untuk relawan, dokter, suster yang telah melayani semua permasalahan yang dihadapi oleh para pegiat olahraga. Salam Sehat, Bugar, Gembira," ungkapnya



Menutup FORNAS ke VII Jawa Barat 2023, Ketua Umum KORMI, Hayono Isman menyerahkan pataka dan bendera FORNAS kepada Sekda Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi sebagai tanda bahwa FORNAS ke VIII akan diselenggarakan di Provinsi NTB pada 2025 mendatang.

 

Sementara itu, Bupati Kabupaten Bandung, Dadang Supriatna tahun 2023 Kabupaten Bandung sudah 2 kali menjadi tuan rumah dalam event besar, pertama City Sanitation Summit atau CSS XXI tahun 2023. Kedua sebagai tuan rumah FORNAS ke VII Jawa Barat 2023.

 

Kesuksesan dan kelancaran terselenggaranya FORNAS ke VII Jawa Barat 2023 diantaranya, hampir 40.000-an pengunjung selama event berlangsung yang terdiri dari pegiat olahraga, official, supporter, keluarga dan lain-lain hadir di Kabupaten Bandung.

 

Kegiatan ini juga berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Berdasarkan laporan Dispora dan Sekda Kabupaten Bandung telah terjadi transaksi senilai Rp150 miliar.

 

Adapun perolehan medali FORNAS ke VIII Jawa Barat 2023 sebagai berikut:

  1. Jawa Barat; 169 Emas, 162 Perak, 133 Perunggu
  2. Jawa Timur;  71 Emas,  69 Perak,  64 Perunggu
  3. DKI Jakarta; 67 Emas,  66 Perak,  69 Perunggu
  4. Banten    ;  42 Emas,  37 Perak,  44 Perunggu
  5. Sumatera Selatan; 32 Emas, 30 Perak, 38 Perunggu. (*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Terkait


Berita Lainnya


PB Djarum Cetak Atlet Muda Berkarakter & Tangguh
SMA 18 Bandung Raih Juara Futsal Rasyid Rajasa
Stadion SHJ Dipastikan Siap 100% Gelar Pildun U-17
32 SMA Ikuti Turnamen Futsal Rasyid Rajasa
Anjasara dan Canya Juarai MLDSPOT Autokhana 2023