web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Mumi Rosalia Lombardo Sleeping Beauty dari Palermo
    Mumi Rosalia Lombardo.

    Mumi Rosalia Lombardo Sleeping Beauty dari Palermo

    • Senin, 14 Desember 2015 | 06:39:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Rosalia Lombardo bukanlah artis dari Palermo, Sisilia, Italia Selatan, Italia. Gadis kecil berambut pirang berusia 2 tahun ini adalah sesosok mayat yang diawetkan alias mumi.

    Dia ditemukan para ahli di sebuah kompleks pemakaman, Capuchin Catacombs. Yang membuat para ahli terheran-heran adalah, tubuh Rosalia sama sekali tak mengalami kerusakan. Wajahnya tampak seperti sedang tidur. Padahal Rosalia telah meninggal dunia pada 6 Deseber 1920 atau 105 tahun silam.

    Putri dari pasangan Mario Lombardo dan Maria Cara Lombardo yang lahir di Palermo, Sisilia pada 13 Desember 1918 itu meninggal akibat demam tinggi dan sesak napas atau radang paru-paru (pneumonia). Mario Lombardo yang sangat mencintai putrinya, meminta bantuan ahli pembalseman mayat kala itu, Dr Alfredo Salafia agar jenazah Rosalia awet, tak lapuk dimakan usia.

    Setelah selesai dibalsem, jenazah Rosalia yang tampak sedang tertidur pulas itu dimasukkan ke dalam peti kayu dan dimakamkan di Capuchin Catacombs. Pemakaman ini kemudian gali pada tahun 2000. Para arkeolog menemukan 8.000 mumi di pemakaman ini. Namun mumi Rosalia Lombardo adalah mumi yang paling sempurna.

    Seluruh rambut, gigi, alis, bulu mata, bola matanya yang biru, dan organ dalam Rosalia masih utuh. Tubuh kecil Rosalia tak tersentuh sedikitpun oleh fungi atau bakteri penghancur mayat. Bahkan pita masih melekat di rambutnya yang pirang. Setelah diteliti secara saksama oleh para ahli, akhirnya rahasia mumi Rosalia terungkap.

    Mumi Rosalia menjadi sangat awet lantaran Dr Alfredo Salafia yang melakukan pembalseman dengan memasukkan zat-zat pengawet mayat dalam takaran sempurna dan tepat. Dalam tubuh Rosalia terdapat zat formalin antibakteri, alkohol berfungsi mengerngkan seluruh jaringan tubuh termasuk organ dalam, gliserin menjaga kondisi tubuh selalu kering, asam salisiat antifungi, dan garam seng atau zinc agar tubuh Rosalia tetap kaku.

    “Garam seng atau zinc sudah lama tak tak digunakan dalam pembalseman mayat di Amerika. Zinc membuat tubuh Rosalian kaku. Anda bisa mengeluarkan tubuh Rosalia dan membuatnya berdiri tegak.  Pembalseman Rosalia termasuk dalam level tertinggi,” kata Direktur Eksekutif Perhimpunan Ahli Pembalseman Amerika Melissa Johnson Williams.

    Kini, mumi Rosalia disimpian di Museum Capuchin Catacombs Palermo. Karena kesempurnaan dalam teknik pengawetannya, mumi Rosalia mengundang perhatian pengunjung. Sejumlah pengunjung mengaku kerap melihat Rosalia membuka mata.

    Tentu saja cerita ini membuat heboh. Para ahli kemudian melakukan penyelidikan untuk mengungkap misteri tersebut. Setelah melakukan serangkaian pengamatan, para ahli menarik kesimpulan bahwa mumi Rosalia tak pernah membuka mata apalagi berkedip.

    Anggapan bahwa mata Rosalia kerap membuka adalah efek dari ilusi optik dan perpektif atau sudut pandang orang ketika melihat mumi tersebut. Selain itu, cahaya matahari yang menyorot tepat ke wajah Rosalia membuat matanya memantulkan cahaya tersebut.

    “Itu adalah ilusi optik yang ditimbulkan oleh cahaya yang masuk melalui jendela. Sementara, kedua mata Rosalia memang tidak benar-benar tertutup sehingga saat cahaya masuk, cahaya itu memantul ke matanya,” kata Dario Piombino-Mascali, kurator museum dari Institute for Mummies and the Iceman, Bolzano, Italia. (*)

     

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Daan Mogot, Pahlawan Nasional Termuda
    5 Fakta Imlek yang Belum Banyak Diketahui Orang
    Susi: Saya Senang, Berarti Dianggap Pintar Dong
    Putusan Presiden Tunisia soal Poligami Bikin Heboh
    Ini Masjid Tempat Salat Jumat setelah Proklamasi

    Editorial