Pos Indonesia

Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Pasar Cikajang Garut Terbakar, 50 Kios Ludes
    net ilustrasi

    Pasar Cikajang Garut Terbakar, 50 Kios Ludes

    • Selasa, 24 November 2015 | 23:47:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Garut – Tak kurang dari 50 kios di Pasar Cikajang Garut ludes terbakar, Selasa (24/11/2015) sekitar pukul 18.00 WIB.

    Diduga api yang berawal dari salah satu kios pakan burung di dalam pasar modern tersebut dipicu oleh korsleting atau hubungan arus pendek listrik setelah kawasan tersebut diguyur hujan lebat. Belum diketahui pasti jumlah kerugian yang diderita, namun ditaksih mencapai ratusan juta rupiah karena banyak pula barang-barang dagangan di dalam kios yang tidak sempat diselamatkan para pedagang.

    "Dugaannya karena arus pendek listrik atau konslet, karena sejak siang hingga sore hari hujan besar. Kemudian pada petang hari, yaitu pukul 18.00 WIB kebakaran terjadi. Kemungkinannya kabel listrik basah terkena air, sehingga saat lampu dinyalakan terjadi konslet," kata Kapolsek Cikajang AKP Cecep Bambang, Selasa (24/11/2015) malam.

    Cecep mengatakan, api yang bersumber dari kios di tengah pasar dengan merembet ke kios-kios lainnya karena banyak barang yang mudah terbakar. Kios-kios yang terbakar tersebut sebagian besar diisi para pedagang sayuran, kelontongan, sembako, ikan, dan lainnya.

    "Ada banyak barang mudah terbakar di sana. Apalagi lokasi kios yang terbakar pertama kali, yakni kios pakan burung ini berada di tengah-tengah pasar. Makanya kobaran api cepat menjalar," ujarnya.

    Api sendiri baru bisa dikendalikan dalam 2 jam setelah petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian dengan menggunakan 3 unit mobil damkar. Petugas Damkar dibantu pihak kepolisian, TNI, para pedagang, dan masyarakat sekitar berhasil melokalisasi kebakaran sehingga tidak merembet lebih jauh lagi.

    "Upaya menyekat (lokalisasi) dilakukan dengan cara merobohkan dinding dan bagian-bagian kios lain yang menempel dengan kios yang terbakar. Semua warga dan unsur Muspika Kecamatan Cikajang terlibat dalam upaya tersebut," jelas Cecep.

    Cecep menambahkan, pihaknya langsung menerjunkan personel untuk melakukan penyelidikan soal penyebab kebarakan tersebut. "Kami masih melakukan penyelidikan terkait kebakaran ini. Jumlah pasti belum bisa dihitung, namun dari pemantauan sedikitnya ada 50 unit kios ludes. Kerugian akibat kebakaran sendiri diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah," katanya. (*)

    den

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Ini Syarat Pembelajaran Tatap Muka Sekolah di Jabar
    To Observe, To Control, To Connect, Tiga Fungsi Sosial Media Menurut Gubernur
    Alfian Tanjung Ingatkan Bahaya PKI, Gerak: Kita Siap Jihad
    Komunitas Supratman Freedom Military, Wadah Penyuka Hobi Army
    Jaga Kesehatan! Pesan Doni Kepada Sukarelawan Penanganan Covid19
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads