Skreemr, Jet Supersonik Tercepat di Dunia
Prototipe pesawat supersonic Skreemr.

Skreemr, Jet Supersonik Tercepat di Dunia

  • Senin, 23 November 2015 | 14:07:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews – Orang sepertinya tak jera untuk membuat kendaraan berkecepatan super tinggi. Sebelumnya, pesawat jet supersonic Condorde sempat menghebohkan dunia di era 90-an karena kecepatannya mampu melebihi suara.

Belakangan, perusahaan yang mengoperasikan pesawat Concorde merugi lantaran jumlah penumpang pesawat itu sangat sedikit. Sementara, biaya operasional Condorde sangat mahal. Akhirnya, pesawat Condorde yang melayani penerbangan dari Prancis menuju Amerika itu berhenti beroperasi.

Kendati begitu, para ahli terus berpikir keras dan berusaha untuk membuat pesawat Condorde versi baru yang lebih cepat dari sebelumnya. Maka muncullah Condorde 2.0 yang diklaim mampu melesat lima kali lebih cepat dari kecepatan suara. Agar pengoperasianlah lebih efesien dan aman, ahli menyematkan teknologi terbaru dalam pesawat itu.

Selain Condorde 2.0, ada lagi pesawat jet supersonic yang diklaim lebih cepat 10 kali dibanding kecepatan suara. Namanya, Skreemr. Pesawat berkecepatan 10 Mach dan bisa mengangkut 75 penumpang yang baru dalam konsep tahap rancang bangun ini, dirancang oleh insinyur Charles Bombardier asal Kanada.

Charles mengklaim, Skreemr mampu terbang dalam kecepatan sangat tinggi sehingga jarak tempuh dari New York ke London atau sebaliknya menjadi lebih singkat, hanya 30 menit. Kecepatan super itu diperoleh Skreemr berkat bentuknya yang lebih tipis dan sayap yang lebih pendek dibanding Concorde. Selain itu, Skreemr juga mengusung dua roket di bagian ekor. Untuk lepas landas alias take off, Skeemr menggunakan sistem rel magnetis yang ditembakkan ke udara atau elektris.

Lantaran risiko bagi penumpang dan lingkungan yang cukup tinggi, pengembangan pesawat ini membutuhkan waktu lama. Selain berupaya mewujudkan pesawat ini jadi nyata, para ahli juga mencari solusi atas dampak buruk yang ditimbulkannya.

Misalnya, bagaimana membuat para penumpang aman dari tekanan energi sangat besar saat berada di dalam Skreemr ketika melesat dalam kecepatan 10 Mach. Lalu, bagaimana mengatasi dampak supersonic yang ditimbulkan pesawat itu terhadap lingkungan sekitar. Namun untuk tahap awal, Skreemr akan dibuat untuk keperluan militer.

Jika seluruh dampak buruk dan kendala telah teratasi, tak menutup kemungkinan Skreemr benar-benar diwujudkan untuk pesawat penumpang. Penasaran dengan pesawat supersonic Skreemr, silakan simak videonya di bawah ini. (*)

Oleh: akbar aulia / bar

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Pertanyaan Menggelitik: Apakah Covid-19 Benar-benar Ada?
Populasi Serangga Makin Turun. Pertanda Kiamat Sudah Dekat? Ini Penjelasan Entomologis LIPI
Hebat, Selandia Baru Sudah Menyatakan Bebas dari Covid-19
Baju APD Buatan Indonesia Lolos ISO 16604 Class 3
Seekor Bayi Gajah di Taman Safari Bogor Dinamai Covid19
Berita Terdahulu

Editorial


    Buku Wagun
    walikota

    Data Statik Covid-19


    DATA COVID-19 INDONESIA

    😷 Positif:

    😊 Sembuh:

    😭 Meninggal:

    (Data: kawalcorona.com)

    Ads