ultah bandung

Hot News


Inspirasi


    Edward Mordake Pria Berwajah Dua dari Inggris
    Edward Mordake, pria bermuka dua.

    Edward Mordake Pria Berwajah Dua dari Inggris

    • Jumat, 13 November 2015 | 13:14:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Pribahasa bermuka dua ternyata bukan sekadar ungkapan. Kondisi manusia memiliki dua wajah pada satu kepala ternyata ada dan nyata. Yang paling terkenal adalah Edward Mordake dari Inggris.

    Edward memang terlahir berbeda. Pria berdarah bangsawan Inggris yang hidup pada awal abad 19 ini, memiliki dua wajah di depan dan belakang. Wajah di belakang kepala Edward itu memiliki organ lengkap seperti hidung, mata, dan mulut. Uniknya, wajah kedua tersebut bisa tersenyum dan melihat, tapi tak bisa bicara dan makan.

    Kendati terlahir berbeda, keluarga Edward sangat menyayangi, mengasuh dan merawatnya. Namun Edward ternyata mengalami tekanan batin. Wajah di belakang kepalanyalah yang membuatnya begitu. Akhirnya, Edward memutuskan bunuh diri di usia 23 tahun.

    Menurut ahli medis, sesungguhnya Edward terlahir kembar siam alias dempet. Wajah di belakang kepalanya itu adalah kembaran Edward. Namun sayang, tak ada catatan medis detail terkait keabnormalan Edward lantaran ilmu pengetahuan dan kedokteran kala itu masih terbatas.

    Sebenarnya Edward pria baik. Dia memiliki kepribadian yang menawan, ramah, dan sopan kepada siapa pun. Sayang, ketampanan Edward hanya tampak dari depan. Sedangkan wajah di belakang kepalanya muram dan menakutkan bagi sebagian orang.

    Masyarakat Inggris kala itu percaya, wajah kedua Edward merupakan tampilan iblis. Edward sendiri mengaku, wajah keduanya itu kerap berkata-kata dengan bahasa yang tak dimengerti manusia pada umumnya. Si wajah kedua kerap menceritakan tentang hal-hal kehidupan lain, surga, dan neraka.

    Tentu saja Edward sangat tersiksa. Dia pernah meminta dokter ahli bedah untuk membuang wajah keduanya itu. Tapi tak satupun dokter kala itu yang sanggup melakukannya. Akhirnya Edward makin putus asa dan mengakhiri hidup dengan racun.

    Sebelum bunuh diri, Edward menulis pesan terakhir. Dia meminta wajah keduanya itu dibuang sebelum jasadnya dikebumikan. Edward takut wajah tersebut terus membisikan hal-hal gaib di alam kuburnya.

    Kisah Edward ini diabadikan dalam pertunjukkan teater dan naskah cerita. Tak hanya itu, pada 1896, ada sebuah lagu karya Tom Waits yang berkisah tentang Edward, berjudul Poor Edward (Edward yang Malang).

    Sebenarnya, tak hanya Edward yang terlahir berwajah dua. Di China, seorang pria bernama Chang Tzu Ping juga terlahir abnormal seperti Edward. Chang memiliki wajah kedua di samping kanan pipinya. Wajah kedua itu juga dilengkapi hidung dan mulut. Jika Chang membuka mulut, anehnya mulut kedua juga itu terbuka.

    Kini, Chang bisa hidup normal. Wajah kedua Chang yang berada di sisi kanan telah berhasil dibuang oleh dokter ahli. Para pakar medis menyebutkan, wajah kedua itu sesungguhnya adalah saudara kembar Chang.  Apakah Anda penasaran dengan kisah Edward Mordake yang mengguncang dunia medis? Simak videonya di bawah ini. (*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Sequoia, Pohon Terbesar dan Tertua di Dunia
    Tradisi Budaya Indonesia yang Biasa Dilakukan pada Muharam
    Pertanyaan Menggelitik: Apakah Covid-19 Benar-benar Ada?
    Populasi Serangga Makin Turun. Pertanda Kiamat Sudah Dekat? Ini Penjelasan Entomologis LIPI
    Hebat, Selandia Baru Sudah Menyatakan Bebas dari Covid-19
    Berita Terdahulu

    Editorial


      walikota

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads