web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Ini Dia Lagu Pertama di Dunia

    Ini Dia Lagu Pertama di Dunia

    • Selasa, 10 November 2015 | 12:26:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Jika alat musik tertua mungkin bisa ditelusuri lewat instrumen yang pertama kali dikenal dan digunakan manusia. Sebagian besar ahli sepakat, alat musik awal yang dikenal manusia adalah perkusi. Lalu, bagaimana dengan lagu? Lagu apa yang pertama kali diciptakan manusia?

    Trevor Homer dalam buku The Book of Origin mengklaim bahwa lagu pertama yang dibuat manusia adalah Hymn to Creation (Kidung Penciptaan). Lagu yang ditulis dalam bahasa Cuneiform berusia sekitar 3.400-4.000 tahun ini, diciptakan oleh bangsa Syria. Namun Hymn to Cretion tak dilengkapi dengan notasi musik baik untuk instrumen maupun vokal.

    Penulis kelahiran Black Country, Inggris ini menjelaskan, Cuneiform merupakan bahasa tulis pertama dalam sejarah manusia yang digunakan oleh bangsa Sumeria yang mendiami wilayah tenggara Mesopotamia pada 5.000 tahun lalu.

    Sementara, notasi musik berupa simbol-simbol nada diciptakan oleh Boethius yang hidup selama 55 tahun antara 470 hingga 525 Masehi. Notasi itu terbagi dua, untuk instrumen dan vokal. Sistem notasi musik menggunakan 15 huruf pertama dalam deretan alfabet.

    Setelah Boethius menciptakan notasi musik, dunia musik semakin berkembang. Namun ketika itu, orang-orang Yunai masih bermain musik secara sederhana. Saat berkumpul beberapa orang memainkan alat musik. Tentu irama yang muncul tak serumit seperti sekarang. Mereka bermusik berdasarkan rasa yang terdengar enak di telinga dan hati.

    Namun, dari sinilah lahir musisi-musisi berbakat. Mereka mulai menciptakan musik yang lebih rumit dan indah diperkaya oleh beragam alat musik. Pada 1615, orkestra pertama digelar membawakan karya musik Giovanni Gabrieli: Sacrae Symphoniae.(*)

    Oleh: akbar aulia / bar

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Daan Mogot, Pahlawan Nasional Termuda
    5 Fakta Imlek yang Belum Banyak Diketahui Orang
    Susi: Saya Senang, Berarti Dianggap Pintar Dong
    Putusan Presiden Tunisia soal Poligami Bikin Heboh
    Ini Masjid Tempat Salat Jumat setelah Proklamasi

    Editorial