Hot News


Inspirasi


    Hongbo Bertahun-Tahun Tinggal di Kandang Babi
    Warga dan relawan merawat Hongbo yang malang.

    Hongbo Bertahun-Tahun Tinggal di Kandang Babi

    • Senin, 12 Oktober 2015 | 10:30:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Hongbo Kecil, begitu bocah berusia 7 tahun ini disapa warga Puyang, Provinsi Henan, China. Hongbo adalah salah satu potret kemiskinan di China. Kehidupannya kontras dengan pertumbuhan ekonomi China yang melesat deras bagai meteor.

    Selama bertahun-tahun, Hongbo tinggal di kandang babi. Walaupun hujan dan musim salju, Hongbo dibiarkan tidur di luar. Kondisinya memprihatinkan, sangat tak terurus. Kendati ayahnya, Liu Zhenxue, 46, seorang peternak babi, namun pendapatkan keluarga ini di bawah garis kemiskinan. Untuk makan sehari-hari saja, Liu kesulitan.

    Liu terpaksa mendatangi sejumlah restoran di kota untuk meminta-minta makanan sisa. Dengan makanan sisa itu lah, Liu menghidupi keluarganya. Istrinya menderita gangguan jiwa. Ibunya yang menderita gangguan jiwa itu memiliki lima anak. Lantaran penyakit itu, sang ibu tak mampu merawat anak-anaknya secara layak.

    Saat jiwanya terganggu, Hongbo kerap menjadi sasaran. Hongbo disiksa habis-habisan. Kepalanya dibenturkan ke dinding atau lantai. Jika sudah begitu, Hongbo menangis selama berjam-jam. Para tetangga kerap mendengar Hongbo menangis selama 4 hingga lima jam. Akibat perlakuan tak normal itu, Hongbo tak memiliki kemampuan layaknya bocah berusia 7 tahun.

    Dia belum mampu bicara seperti anak sebayanya. Kendati begitu, Hongbo sebenarnya bocah ceria. Setelah “diselamatkan” oleh para tetangga dari kandang babi, tubuhnya dibersihkan, diberi baju bersih, dan makan, Hongbo bisa tersenyum dan tertawa.

    “Jika boleh, saya ingin mengadopsi Hongbo. Saya memang tidak kaya, tapi paling tidak saya bisa memberi makan dan menyekolahkannya,” kata Zhang Jiwen, relawan yang merawat Hongbo kepada surat kabar Puang Morning Post. (*)

    bar

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Gunung Merapi DIY  Hari ini Meletus
    Daan Mogot, Pahlawan Nasional Termuda
    5 Fakta Imlek yang Belum Banyak Diketahui Orang
    Susi: Saya Senang, Berarti Dianggap Pintar Dong
    Putusan Presiden Tunisia soal Poligami Bikin Heboh

    Editorial