web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Cangkok Kepala Dilaksanakan Desember 2017
    Valery Spiridonov, calon pasien cangkok kepala.

    Cangkok Kepala Dilaksanakan Desember 2017

    • Selasa, 15 September 2015 | 13:50:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Ilmuwan dan dokter ahli bedah saraf asal Italia, Sergio Canavero mengejutkan dunia setelah menyatakan cangkok alias transplantasi kepala manusia bisa dilakukan.

    Pernyataan Sergio Canavero yang didukung teori-teori ilmiah dan kedokteran itu mengundang minat Valery Spiridonov, 30, asal Rusia. Pria yang setengah badannya lumpuh akibat penyakit saraf motorik langka Werdnig-Hoffman itu telah mendaftarkan diri untuk mengikuti prosedur transplantasi kepala.

    Bagi Spiridonov, semua hal mengandung risiko, termasuk cangkok kepala. Karena itu, dia tak akan mundur dari niat mengikuti operasi yang akan dilakukan Canavero tersebut. “Jika semua berjalan sesuai rencana, dua tahun merupakan waktu yang dibutuhkan untuk memverifikasi seluruh perhitungan ilmiah dan merencanakan detail operasi. Operasi segera dilakukan ketika dokter dan para ahli sudah 99% yakin akan berjalan sukses,” kata Spiridonov kepada kantor berita CBN.

    Beberapa waktu lalu, Canavero mengumumkan siap melakukan operasi cangkok kepala pada Desember 2017. Untuk operasi yang baru pertama kali dilakukan di dunia dan mengudang kontroversi baik di kalangan para pakar medis maupun agama itu, Canavero menggandeng Xiaoping Ren, seorang ahli bedah saraf dari Harbin Medical University, China.

    Ren terkenal setelah berhasil mentransplantasi kepala 1.000 ekor tikus. Lewat operasi selama 10 jam, tikus bisa bernapas, minum, dan melihat. Sayangnya tak satu pun dari tikus-tikus itu yang mampu bertahan lebih lama dari beberapa menit.

    Prosedur operasi selama 36 jam yang akan dilakukan Canavero dan Ren adalah, memutus sumsum tulang belakang. Setelah itu kepala akan ditransplantasikan ke tubuh donor. Lalu, Canavero-Ren menyambungkan kembali sumsum tulang belakang. Untuk itu, Canavero akan menggunakan polietilen glikol, senyawa yang dapat memadukan membran sel lemak.

    Sebenarnya transplantasi kepala pertama telah berhasil dilakukan hampir 50 tahun lalu. Pada tahun 1970, Dr Robert White berhasil mentransplantasikan kepala monyet resus ke tubuh baru.

    Setelah operasi dilakukan, monyet itu bertahan hidup selama 9 hari sampai akhirnya kepala menolak tubuh baru. Sumsum tulang belakang yang tak bisa menyambung kembali membuat tubuh monyet lumpuh. (*)

    bar

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    5 Fakta Imlek yang Belum Banyak Diketahui Orang
    Susi: Saya Senang, Berarti Dianggap Pintar Dong
    Putusan Presiden Tunisia soal Poligami Bikin Heboh
    Ini Masjid Tempat Salat Jumat setelah Proklamasi
    Bukan Sekadar Hotel, Savoy Homann Juga Jadi Museum

    Editorial