ultah bandung

Hot News


Inspirasi


    Anjing Purba Dipelihara untuk Berburu Mamot

    Anjing Purba Dipelihara untuk Berburu Mamot

    • Sabtu, 5 September 2015 | 18:29:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Yakutia – Tim ilmuwan Rusia belum lama ini menemukan mumi anjing berusia 12.400 tahun yang membeku di tepi Sungai Syalakh, Republik Sakha atau Yakutia, Rusia.  Kondisi mumi anjing masih utuh karena terawetkan secara alami oleh es abadi di daratan Siberia Utara.

    Mumi anjing itu terkubur di kedalaman 2,5 meter. Empat tahun lalu, tim ilmuwan Rusia juga menemukan mumi anjing serupa di sekitar kawasan itu. Mereka yakin, mumi anjing yang baru ditemukan beberapa waktu lalu merupakan saudara dari mumi anjing pertama. Tes DNA menunjukkan, itu mumi anjing bukan serigala dan berusia 12.400 tahun.

    Dari penemuan ini, para arkeolog yakin, manusia purba telah menjinakkan anjing untuk dipelihara dan berburu mamot atau gajah purba berbulu. Selain dagingnya dikonsumsi, kulit mamot berbulu juga dijadikan pakaian.

    “Kondisi mumi anjing ini sangat sempurna. Dia seperti diawetkan dari hidung ke ekor, termasuk rambut," kata Sergei Fedorov, ilmuwan dari Mammoth Museum di Yakutsk seperti dikutip Mirror.

    Selain mumi anjing, tim ilmuwan juga berhasil menemukan alat yang terbuat dari tulang. Bahkan arkeolog Alexander Kandyba menemukan tulang binatang bekas dikonsumsi manusia. Ada jejak pembakaran di tulang binatang itu. Ini membuktikan, kawasan Siberia telah dihuni manusia sejak belasan ribu tahun lalu.

    “Ini mumi anjing tertua di dunia. Semua tanda-tanda eksternal dan hasil scan menunjukkan bahwa itu adalah anjing primitif dan paling kuno yang ditemukan di Siberia Utara. Sungguh menakjubkan,” kata Dr Mietje Germonpre dari Departemen Paleontologi, Royal Belgian Institute of Natural Sciences, Belgia. (*)

    bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Sequoia, Pohon Terbesar dan Tertua di Dunia
    Tradisi Budaya Indonesia yang Biasa Dilakukan pada Muharam
    Pertanyaan Menggelitik: Apakah Covid-19 Benar-benar Ada?
    Populasi Serangga Makin Turun. Pertanda Kiamat Sudah Dekat? Ini Penjelasan Entomologis LIPI
    Hebat, Selandia Baru Sudah Menyatakan Bebas dari Covid-19
    Berita Terdahulu

    Editorial


      walikota

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads