web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Gubernur: PON Remaja Batu Loncatan PON XIX

    Gubernur: PON Remaja Batu Loncatan PON XIX

    JuaraNews, Bandung - Atlet yang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja I/2014 di Surabaya, Jawa Timur, bisa menjadi batu loncatan bagi Jawa Barat untuk meraih juara umum pada PON XIX pada 2016 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan saat melepas kontingen PON Remaja I/2014 Jabar di halaman gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran 37A, Kota Bandung, Rabu (3/12/2014).

    "Para atlet harus memiliki motivasi dan mental juara, hadirkan dalam benak semua atlet jika ada doa dan harapan dari seluruh masyarakat Jabar yang mendukung. Jadi motivasi untuk jadi seorang juara harus hadir dalam diri atlet, datang ke Jatim harus punya tekad juara," tegas Heryawan di hadapan atlet, pelatih, dan ofisial kontingen PON Remaja I/2014, Rabu (3/12/2014).

    Saat motivasi lahir dan ketenangan dalam bertanding dimiliki sang atlet, lanjutnya, maka kemampuan puncak seorang atlet dapat keluar. Bahkan kemampuan teknik yang dimiliki seseorang bisa terlampaui dengan motivasi dan mental yang tinggi.

    "Tapi sebaliknya, jika mentalitas atlet down, itu akan jadi awal dari kekalahan meski secara keterampilan dan teknik mumpuni. Sehingga saat motivasi itu ada, mentalitas juara pun hadir," terangnya.

    Untuk itu, Heryawan pun berharap, setiap atlet bisa tampil maksimal pada perhelatan PON Remaja pertama dan memiliki motivasi serta mental juara. Dengan demikian, kontingen PON Remaja I/2015 Jabar bisa pulang dengan meraih titel sebagai juara umum.

    "Mudah-mudahan kita bisa jadi juara umum di PON Remaja pertama dan ini jadi bonus sebelum gelaran PON XIX/2016 di Jabar. PON Remaja harus jadi batu loncatan sebelum PON XIX/2016, dimana kita mencanangkan juara umum sebagai harga mati," tandasnya.

    Sementara itu, Ketua KONI Jabar Ahmad Saefudin menuturkan, pada PON Remaja yang pertama ini, setiap provinsi dalam kondisi yang sama. Yakni saling buta terhadap kekuatan lawan masing-masing. Namun, pihaknya sudah mampu melihat mapping kekuatan di setiap provinsi yang ikut serta dalam perhelatan PON Remaja I/2014 serta potensi-potensi cabang olahraga yang bisa meraih medali emas.

    "Dari total 133 medali emas yang diperebutkan, Insya Allah 104 atlet yang sudah lolos di babak kualifikasi PON Remaja I kita prediksi bisa meraih 33 medali emas. Dan disandingkan dengan kekuatan daerah lain, minimal antara 18-24 emas kita prediksi bisa diraih Jabar," tegas Ahmad.

    Di luar hal tersebut, Ahmad pun menggarisbawahi hal yang disampaikan Gubernur Jabar yakni dalam hal non teknis lainnya. Dan salah satunya adalah motivasi yang dimiliki setiap atlet. Dengan kategori usia atlet yang akan berlaga di PON Remaja I/2015, motivasi dan mental atlet akan menjadi suatu hal yang menentukan.

    "Dan kami sudah siapkan tim monitoring untuk tetap menjaga motivasi dan mental setiap atlet yang akan berlaga. Terutama pada atelt-atlet yang masuk babak final, kita akan beri support mereka sehingga motivasinya berlipat. Dan dengan motivasi yang disampaikan bapak Gubernur tadi, mudah-mudahan menambah semangat atlet yang akan berlaga di Jawa Timur untuk menjadi juara umum," tuturnya.

    Terkait persaingan, Ahmad pun tidak mengantisipasi kekuatan dari salah satu daerah. Namun, pihaknya menilai setiap kontingen provinsi yang ikut berlaga di PON Remaja I/2014 memiliki potensi yang sama.

    "Ini PON Remaja pertama, jadi setiap daerah yang ikut serta menjadi pesaing terkuat. Termasuk tuan rumah Jatim yang memiliki keuntungan tidak mengikuti babak kualifikasi, kami sudah punya peta kekuatan mereka," tegasnya.

    Pada PON Remaja I/2014 di Surabaya, Jatim, kontingen Jabar datang dengan kekuatan sebanyak 159 orang yang 104 diantaranya merupakan atlet di 14 cabang olahraga, minus cabang olahraga sepakbola. Kontingen PON Remaja I/2014 Jabar akan mulai berangkat secara bertahap mulai Kamis (4/12/2014), dengan rombongan besar pada Minggu (7/11/2014). PON Remaja I/2014 digelar mulai tanggal 9-15 Desember 2014 di Surabaya, Jatim, dan mempertandingkan sebanyak 15 cabang olahraga. (*)

    Oleh: ageng rustandi / ang

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Libas Persipura 5-1, PSM Kokoh di Puncak Klasemen
    Ribuan Siswa SMU di Bandung Saksikan Penutupan
    NPCI SOLO: Pepernas XV/2016 Jawa Barat Luar Biasa
    Hujan, Peserta Penutupan Peparnas Gunakan Mantel
    Menteri Sosial Tutup Peparnas XV / 2016

    Perolehan Medali Asian Games 2018

    Tim Total Medali
    1. China 289
    2. Jepang 205
    3. Korea Selatan 177
    4. INDONESIA 98
    Lihat Selengkapnya

    Editorial


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Liverpool 12 34
      2. Leicester City 12 26
      3. Chelsea 12 26
      4. Manchester City 12 25
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Bali United 34 64
      2 Persebaya Surabaya 34 54
      3 Madura United 34 53