web stats service from statcounter

Hot News


Inspirasi


    Google Kembangkan Robot Petualang
    Robot Atlas ciptaan Boston Dynamics

    Google Kembangkan Robot Petualang

    JuaraNews – Boston Dynamics, anak perusahaan Google yang kini mengubah nama holding menjadi Alphabet, tengah mengembangkan robot petualang. Robot yang diberi nama Atlas itu mampu berjalan dan bergerak bebas di medan kasar dan berbatu.

    Tak seperti robot lain yang hanya mampu berjalan di medan halus dan landai, Atlas justru bergerak lincah di lingkungan yang penuh pepohonan dan jalan berbatu. Artinya, robot setinggi 1,88 meter dan berat 156 kilogram ini dapat bergerak dan berpetualang seperti manusia.

    Marc Raibert, pendiri Boston Dynamics mengungkapkan, kemampuan Atlas telah ditingkatkan. Atlas memang dirancang sebagai robot penyelamat. Kelak jika telah siap, Atlas dapat diterjunkan sebagai bagian dari tim penyelamat saat terjadi bencana alam atau musibah lainnya.

    Belum lama ini, Boston Dynamics melakukan uji coba robot humanoid itu di luar ruangan. Video pengujian robot Atlas tersebut dapat dilihat situs berbagi video YouTube (https://www.youtube.com/watch?v=NwrjAa1SgjQ) Hebatnya, robot Atlas tak lagi terhubung dengan kabel pengendali.

    Gerakan Atlas makin halus baik langkah kaki maupun tangannya. “Kami ingin menciptakan robot yang dapat menandingi atau melampaui kemampuan manusia,” kata Raibert.

    Diketahui, Boston Dynamics diakuisisi oleh Google pada 2013 lalu. Perusahaan ini dikenal kerap melakukan pengujian dengan komponen 3D. Boston Dynamics juga mengembangkan kaki robot yang lebih kuat dan ringan. (*)

    bar

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Daan Mogot, Pahlawan Nasional Termuda
    5 Fakta Imlek yang Belum Banyak Diketahui Orang
    Susi: Saya Senang, Berarti Dianggap Pintar Dong
    Putusan Presiden Tunisia soal Poligami Bikin Heboh
    Ini Masjid Tempat Salat Jumat setelah Proklamasi

    Editorial