Hot News


Inspirasi


    Sfumato di Balik Misteri Senyum Mona Lisa

    Sfumato di Balik Misteri Senyum Mona Lisa

    • Senin, 24 Agustus 2015 | 10:46:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews  Bisa dibilang, sebagian besar orang tahu Mona Lisa lukisan monumental karya maestro Leonardo da Vinci. Lukisan ini disebut-sebut menyimpan misteri. Orang penasaran tentang siapa sebenarnya Mona Lisa dan apa arti di balik senyumnya.

    Konon, senyum di bibir tipis Mona Lisa kerap berubah-ubah. Orang-orang yang pernah melihat dan mengamati langsung lukisan asli perempuan itu, merasa Mona Lisa benar-benar hidup, mengedipkan mata dan tersenyum memperlihatkan giginya.  

    Tak hanya awam, misteri Mona Lisa juga mengundang perhatian para peneliti. Tak sedikit dari mereka telah mengajukan sejumlah teori dan interpretasi tentang misteri lukisan itu, terutama terkait senyum dan siapa sosok Mona Lisa sesungguhnya. Perdebatan pun kerap terjadi di antara para pakar tersebut.

    Namun teori-teori yang pernah dikemukakan para peneliti belum juga memuaskan dan menghapus rasa penasaran publik. Kali ini, para peneliti dari Universitas Sheffield Hallam, Inggris berusaha menjawab teka-teki dan memecahkan misteri lukisan Mona Lisa yang kini tersimpan di Museum Louvre Prancis itu.

    Para peneliti dari Universitas Sheffield Hallam dan Sunderland mengklaim teori mereka bisa mengungkap misteri senyum Mona Lisa secara tuntas. Untuk menemukan rahasia di balik misteri itu, para peneliti lebih dulu mempelajari lukisan La Bella Principessa karya da Vinci sebelum Mona Lisa.

    Setelah itu, para peneliti mempelajari lukisan Mona Lisa. Mereka juga melibatkan sejumlah relawan untuk melihat lukisan dari kejauhan atau versi kabur. Hasilnya, para relawan sepakat bahwa Mona Lisa dan La Bella Principessa terlihat lebih bahagia bila dilihat dari jauh.

    Dari sejumlah eksperimen dan pengamatan terhadap lukisan yang dibuat pada akhir abad ke-15 itu, para peneliti mendapati fakta bahwa da Vinci benar-benar jenius dalam mencapur warna dan menggoreskan kuasnya saat melukis. Pencampuran warna dan goresan sempurna itu menghasilkan visi periferal atau penglihatan tepi manusia.

    Lukisan yang dihasilkan mampu memikat dan mengecoh orang karena obyek dalam lukisan seolah hidup. Teknik ini digunakan Leonardo da Vinci dalam lukisan Mona Lisa dan La Bella Principessa. Teori ini untuk menjawab mengapa senyum Mona Lisa seolah berubah-ubah tergantung sudut pandang kita saat mengamati lukisan tersebut.

    Sebenarnya, teknik Sfumato juga digunakan oleh pelukis lain dalam beberapa karya mereka. Namun, keahlian para pelukis tersebut dalam teknik ini kalah jauh dari pelukis asal Spanyol itu. Da Vinci menguasai teknik Sfumato secara sempurna. Bisa dikatakan, da Vinci adalah master of master di teknik Sfumato.

    Peneliti berkesimpulan, sang maestro telah menerapkan teknik pencampuran warna Sfumato dalam karya-karyanya sejak 1483. Itu terlihat dalam lukisan Virgin of the Rocks. “Da Vinci master teknik Sfumato yang digunakan dalam membuat Mona Lisa. Jadi ambiguitas efek ilusi visual dalam lukisan itu memang disengaja. Senyum Mona Lisa seolah menghilang, tapi kemudian muncul dan terlihat lebih manis,” kata Alessandro Soranzo dan Michelle Newberry, dua peneliti dari Universitas Sheffield Hallam dalam makalah mereka yang dimuat Vision Research Journal seperti dikutip Daily Mail. (*)

    bar

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Gunung Merapi DIY  Hari ini Meletus
    Daan Mogot, Pahlawan Nasional Termuda
    5 Fakta Imlek yang Belum Banyak Diketahui Orang
    Susi: Saya Senang, Berarti Dianggap Pintar Dong
    Putusan Presiden Tunisia soal Poligami Bikin Heboh

    Editorial