Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Battle of Surabaya Segera Go Internasional

    Battle of Surabaya Segera Go Internasional

    • Sabtu, 22 Agustus 2015 | 19:10:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Belum banyak film animasi layar lebar karya anak bangsa yang go internasional. Namun, Battle of Surabaya bakal menjadi pioner film asli Indonesia yang akan merambah pasar mancanegara.

    Walt Disney Pictures, rumah produksi film animasi raksasa dunia, tertarik memasarkan Battle of Surabaya ke seluruh dunia. Situs resmi 21 Cineplex melansir, ketertarikan Walt Disney Picture itu bermula ketika sutradara Aryanto Yuniawan menjalin kerja sama dalam penggarapan teknis film yang berlatar belakang peristiwa heroik 10 November 1945 di Surabaya tersebut.

    “Disney ikut memberi masukan dan saran. Kemudian mereka menawarkan tiga pilihan kerja sama. Pertama, film ini dibeli putus oleh Disney. Kedua, Disney siap mendistribusikan film ini atas nama mereka, jadi ada label Disney di Battle of Surabaya. Ketiga, Disney mendukung hal teknis dan memperluas pemasaran film Battle of Surabaya ke jaringan Disney di seluruh dunia. Opsi kerja sama ketiga itu yang kami pilih,” kata Aryanto.

    Dia menuturkan, bukan hal mudah menggarap film animasi layar lebar. Sebab, film layar lebar jenis ini masih terhitung baru bagi sineas Indonesia. Butuh waktu tiga tahun bagi Aryanto untuk mewujudkan Battle of Surabaya. Kendala terbesar dalam menggarap film animasi adalah sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi.

    Saat merekrut pekerja untuk menggarap animasi Battle of Surabaya, dari 400 pelamar, hanya 10-15 orang yang memenuhi kriteria kompetensi yang dibutuhkan. Selain itu, membuat film animasi butuh peralatan dan infrastruktur pendukung serta biaya tak sedikit. Diketahui, Battle of Surabaya menghabiskan budget Rp15 miliar.

    “Sekarang banyak animator di Indonesia, tapi yang memenuhi kreteria kompetensi menggarap film animasi kelas industri hanya sedikit. Ini menjadi kendala bagi kita,” kata Aryanto.

    Film Battle of Surabaya telah tayang perdana di bioskop pada Kamis 20 Agustus lalu. Battle of Surabaya diadaptasi dari peristiwa 10 November 1945 di Surabaya. Tokoh utama dalam film ini adalah Musa, seorang penyemir sepatu. Namun, Musa bukan penyemir sepatu biasa, dia juga kurir surat-surat rahasia para pejuang Indonesia.

    Aktor Reza Rahadia dipercaya sebagai pengisi suara Musa. Film ini juga melibatkan Maudy Ayunda, Ian Saebani, Jason Williams, Tanaka Hidetoshi, Alejandro Esteban, Sana Hamada, dan Vanhoebrouck Patrick Bernard untuk mengisi suara beberapa tokoh di film tersebut. (*)

    bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Berat Badan Turun Drastis, Daniar PiIih Muay Thai untuk Olahraga Kebugaran
    Renovasi Ruang Pribadi Anda, Mau Pakai Parket Atau Vinyl?
    Anggrek Merpati, Bunga Bandel dan Tahan Banting. Mudah Merawatnya
    Asupan Vitamin K pada Bayam dan Telor akan Bantu Lawan Covid-19
    Gebrakan New Normal, Pos Indonesa Luncurkan Apps Videoconfrence dengan Kilobyte Rendah
    Berita Terdahulu

    Editorial