ultah bandung

Hot News


Inspirasi


    Arkarna Ajak Kita Bangga Jadi Orang Indonesia

    Arkarna Ajak Kita Bangga Jadi Orang Indonesia

    JuaraNews – Band asal London, Inggris, Arkarna menghebohkan publik Indonesia setelah video lagu Kebyar Kebyar karya Gombloh yang mereka bawakan diunggah ke situs berbagi video Youtube pada 15 Agustus 2015 lalu.

    Video berdurasi sekitar 5 menit dengan alamat www.youtube.com/watch?v=lUkYLgOhrpo itu, merupakan persembahan Warner Music Indonesia untuk memeriahkan peringatan HUT ke-70 Republik Indonesia.

    Selain itu, video Kebyar Kebyar ditujukkan untuk mendukung Indonesia memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Dalam video tertera tulisan #LoveIndonesiaHateDrugs yang merupakan kampanye antinarkoba.

    Ollie Jacobs, vokalis Arkarna kepada sejumlah media mengemukakan, butuh waktu satu bulan untuk menghafalkan lagu Kebyar Kebyar tersebut. Hal tersulit adalah mengucapkan kata demi kata lagu dalam lagu itu dengan lafal benar dan jelas.

    It’s really hard (benar-benar sulit). Saya belajar selama dua minggu. Saya juga mendengarkan lagu ini dari versi Gombloh. Beratus-ratus kali saya berlatih. Saya mengulanginya terus menerus dan mendapat koreksi dari teman-teman hingga akhirnya bisa,” ujar Jacobs.

    Meski melalui proses yang tak mudah, Jacobs mengaku sangat senang bisa membawakan lagu milik penyanyi dan pencipta lagu almarhum Gombloh tersebut. "Saya senang. Sebuah kehormatan membawakan lagu otentik dan patriotik ini," ujar dia.

    Menurut Jacobs, orang-orang Indonesia harus bangga dengan Tanah Air-nya dan paham tentang bahaya narkoba. “Banggalah dengan Tanah Air mu. Jauhi narkoba karena bisa menghancurkan hidupmu,” tandas dia.

    Matt Hart, gitaris Arkarna mengungkapkan, video tersebut lebih tepat disebut sebuah gerakan kampanye dibanding single. Proses pembuatan aransemen musik dan video memakan waktu 10 bulan. “Hal luar biasa bisa bekerja sama dengan orang-orang mengagumkan sehingga impian dan ide bisa menjadi kenyataan. Ini pengalaman menakjubkan dan kami merasa terhubung dengan masyarakat Indonesia lewat lagu itu (Kebyar Kebyar),” ungkap Hart.

    Sekadar untuk menambah wawasan, penyanyi dan pencipta lagu Gombloh memiliki nama asli Soedjarwoto Soemarsono. Penyanyi dengan ciri khas tubuh kurus, rambut panjang dikepang, kaca mata, dan gitar akustik ini, lahir di Jombang, Jawa Timur pada 14 Juli 1948. Salain Kebyar Kebyar, lagu Gombloh yang juga menjadi hits adalah Di Radio. Gombloh meninggal di Kota Surabaya pada 9 Januari 1988.

    Sedangkan band Arkarna dibentuk di London, Inggris pada 1997. Saat ini, Arkarna berpersonel Ollie Jacobs, Matt Hart, Tim Owen, dan David Landers. Band yang telah menelurkan lima album Fresh Meat, The Family Album, Skin, House on Fire, dan The Future’s Overrated (Original 7”) ini, populer lewat single So Little Time. (*)

    bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Jepang Tertarik Eksplorasi Makanan Halal
    Stres selama Pandemi Covid-19, 201 Warga Jabar Cek Kesehatan Jiwa lewat KJOL
    Makanan dan Minuman Ini Dituding Sumber Penyakit Diabetes. Apa Saja?
    Wuidih... Indonesia Pengunduh Tiktok Terbanyak di Seluruh Dunia
    6 Make Up yang Harus Dibawa saat Bepergian, Biar Makin On Point!
    Berita Terdahulu

    Editorial