ultah bandung

Hot News


Inspirasi


    Teka-teki Kombinasi Huruf di Sebilah Pedang

    Teka-teki Kombinasi Huruf di Sebilah Pedang

    • Selasa, 11 Agustus 2015 | 18:32:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews – Para ilmuwan dan ahli sejarah Inggris dibuat bingung oleh sebuah pedang yang diperkirakan berasal dari abad pertengahan. Pedang baja sepanjang 96 sentimeter (cm) dan berbobot 1,2 kilogram itu memuat sebuah pesan yang belum terpecahkan sampai sekarang.

    Para ahli berspekulasi tulisan di bilah pedang itu merupakan doa sebuah agama tertentu. Ada pula yang menyatakan pedang ini mungkin dibuat di Jerman sehingga pesan dituliskan dalam versi lidah orang Jerman.

    Mereka benar-benar tak paham akan arti pesan yang terpahat di bilah pedang bertuliskan 18 huruf “NDXOXCHWDRGHDXORVI” itu. Sampai-sampai Perpustakaan Nasional Inggris meminta bantuan publik Inggris Raya untuk membantu mereka memecahkan teka-teki tersebut.

    Publik Inggris menduga, kombinasi 18 huruf itu berarti “siap tempur”. Ada juga yang mengindikasikannya sebagai huruf-huruf pertama dari sebuah puisi. Bahkan ada yang menyatakan, bahwa kombinasi huruf itu dibuat asal-asalan oleh pandai besi yang buta huruf.

    Sampai saat ini, hanya sedikit fakta yang terungkap tentang pedang itu. Pedang tersebut ditemukan di dasar Sungai Witham, Lincolnshire, Inggris pada 1825. Namun para ahli memastikan senjata itu berasal dari abad ke-13 yang biasa digunakan sebagai senjata tempur para ksatria di masa kekuasaan Raja John dan Magna Carta.

    “Senjata ini khas milik ksatria dan para prajurit abad pertengahan. Jika diayunkan dengan kekuatan penuh, pedang ini bisa membelah kepala manusia menjadi dua bagian,” kata Julian Harrison, kurator benda antik kepada Daily Mail.

    Saat ini hingga 1 September mendatang, Perpustakaan Nasional Inggris tengah memamerkan pedang bertuliskan pesan misterius tersebut. Pedang itu diletakan tepat di sebelah naskah abad ke-14 dari Grandes chroniques de France bergambar invasi Perancis atas Normandia pada 1203. Dalam gambar, tampak seorang ksatria menghunus sebilah pedang yang sangat mirip dengan pedang bertuliskan pesan misterius itu. (*)

    bar

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Hari Tanpa Bra, Benarkah Menghindarkan Kanker Payudara?
    Sequoia, Pohon Terbesar dan Tertua di Dunia
    Tradisi Budaya Indonesia yang Biasa Dilakukan pada Muharam
    Pertanyaan Menggelitik: Apakah Covid-19 Benar-benar Ada?
    Populasi Serangga Makin Turun. Pertanda Kiamat Sudah Dekat? Ini Penjelasan Entomologis LIPI
    Berita Terdahulu

    Editorial


      walikota

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads