web stats service from statcounter
Ferozah, Nenek Jagoan dari Afganistan
Feroza dan dua cucunya (BBC)

Ferozah, Nenek Jagoan dari Afganistan

JuaraNews – Jangan anggap remeh seorang nenek. Mereka masih memiliki energi, potensi, dan keberanian yang besar. Seperti Ferozah, 70, seorang nenek asal Sistani, Distrik Marjah, Provinsi Helmand, Afganistan.

Walaupun telah renta, nenek dari dua cucu, Faizal Mohammed, 13, dan Sultan Mohammed, 14. ini mampu memanggul senjata dan mempertahankan wilayah tempat tinggalnya dari serangan gerilyawan Taliban. Beberapa waktu lalu,nenek Ferozah dilantik sebagai kepala unit kepolisian di Sistani oleh pemerintah Afganistan. Meski menjabat sebagai kepala polisi unit Sistani, Ferozah tidak mendapatkan gaji sepeser pun dari pemerintah.

Nenek Ferozah memiliki 13 orang personel, termasuk dua cucunya itu. Meski masih anak-anak, Faizal dan Sultan telah mahir menggunakan senapan mesin Kalashnikov.Ferozah menyebut kedua itu sebagai pejuang Sistani.

Dia terpaksa mengangkat senjata tanpa rasa takut sedikitpun karena pasukan asing dan pemerintah tidak bisa diandalkan dalam memerangi gerilyawan Taliban. Motivasi Ferozah makin kuat melawan Taliban setelah dua putranya tewas di medan pertempuran melawan gerilyawan itu. “Sejak putra saya meninggal, saya berjanji akan membela rumah dan wilayah saya. Sejak saat itu, saya memimpin pasukan polisi,” tegas Ferozah kepada BBC.

Berkat keberaniannya, warga Sistani memberikan gelar Hajanai kepada Ferozah. Hajanai merupakan sebutan bagi tokoh yang dihargai di etnik Pashtun. Namun, Uniknya Ferozah tak dapat membaca dan menulis. Berkat kehebatannya pula, para pertengahan Juli lalu, pemerintah Afganistan menganugerahkan Ferozah medali Malalai –penghargaan tertinggi bagi perempuan Afganistan.

Penghargaan itu diberikan langsung kepada Ferozah oleh Menteri Dalam Negeri Afghanistan Noorulhaq Ulumi. “Satu bulan lalu, Ferozah mampu mempertahankan distrik Marjah dari serangan Taliban,” kata Kepala Kepolisian Provinsi Helmand Nabi Jan Mullahkhel. (*)

bar

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Daan Mogot, Pahlawan Nasional Termuda
5 Fakta Imlek yang Belum Banyak Diketahui Orang
Susi: Saya Senang, Berarti Dianggap Pintar Dong
Putusan Presiden Tunisia soal Poligami Bikin Heboh
Ini Masjid Tempat Salat Jumat setelah Proklamasi

Editorial


  • Teladani Semangat Pahlawan
    Teladani Semangat Pahlawan

    HARI Minggu (10/11/2019) ini bangsa Indonesia memeringati Hari Pahlawan. Tanggal 10 November mencatat peristiwa besar.