web stats service from statcounter
Uniknya Cumi-cumi Bercahaya dari Jepang

Uniknya Cumi-cumi Bercahaya dari Jepang

JuaraNews – Mungkin kita di Indonesia belum pernah melihat cumi-cumi dapat memendarkan cahaya. Tapi, bagi warga Teluk Toyama, terletak di pesisir barat Jepang, sekitar 350 kilometer di barat daya Tokyo, cumi-cumi bercahaya (firefly squid) pemandangan biasa.

Terutama sejak Meret hingga Juni, jumlah populasi cumi-cumi bercahaya yang dalam bahasa Latin disebut Watasenia Scintillans ini, tengah meningkat. Saat seperti inilah nelayan Jepang memanen cumi-cumi bercahaya.

Fenomena cahaya biru terang firefly squid itu di Jepang disebut Hotaru Ika. Cahaya yang dipendarkan cumi-cumi seolah bersaing dengan lampu neon di bibir pelabuhan. Nyaris sepanjang pantai Teluk Toyama diterangi oleh cahaya dari cumi-cumi unik dan mengagumkan ini.

Cumi-cumi bercahaya memiliki panjang tiga inci atau sekitar 15 sentimer. Cahaya biru terang yang dipendarkannya berasal dari organ khusus penghasil cahaya yang disebut photophores. Photophores besar terletak di ujung tentakel dan sekitar mata. Sedangkan ribuan photophores kecil ditemukan di seluruh tubuh cumi.

Para peneliti menduga cumi-cumi ini memancarkan cahaya untuk menarik mangsa dan memikat pasangan selama musim kawin. Dengan memainkan cahaya, cumi-cumi dapat menarik ikan kecil dan kemudian menerkam mereka dengan tentakel. Firefly squid hidup di kedalaman laut antara 600-1.200 kaki. Namun gelombang kuat di Teluk Toyama selama Maret hingga Juni mendorong cumi-cumi itu ke permukaan dan pantai. (*)

 

bar

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Terkait


Berita Lainnya


Daan Mogot, Pahlawan Nasional Termuda
5 Fakta Imlek yang Belum Banyak Diketahui Orang
Susi: Saya Senang, Berarti Dianggap Pintar Dong
Putusan Presiden Tunisia soal Poligami Bikin Heboh
Ini Masjid Tempat Salat Jumat setelah Proklamasi

Editorial