free hit counter code Dinkes Sebut 2 Daerah di Jabar Kasus TBCnya Tinggi - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Dinkes Sebut 2 Daerah di Jabar Kasus TBCnya Tinggi

Dinkes Sebut 2 Daerah di Jabar Kasus TBCnya Tinggi

JuaraNews Bandung  - Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat beberapa daerah di Jawa Barat yang kasus Tuberkulosis (TBC) masih tinggi.

 

Wakil Supervisor Program Tuberkulosis (TBC) Dinkes Jabar Hariyah mengatakan daerah yang masih tinggi TBC yakni, Kabupaten Bogor dan Kota Bandung.

 

Menurutnya tingginya kasus TBC di daerah tersebut disebabkan jumlah penduduknya yang padat serta mobilitas masyarakat juga terbilang tinggi.

 

"Untuk temuan kasus, sudah 150 persen. Target sudah melebihi semua. Kalau penyembuhan, paling tinggi 87 persen. Enggak ada yang 90 persen, sesuai target," ujar Hariyah, usai rapat penyusunan dokumen perencanaan ATM kabupaten/kota di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (14/6/2024).

 

Masalah utamanya kata dia, di kabupaten/kota padat penduduk pasien suspek tidak menjalankan pengobatan secara lengkap sesuai waktu yang ditentukan, yakni selama enam bulan. Sehingga meningkatkan risiko penularan kepada lingkungan sekitar.

 

"Ketika pasien sudah tegak diagnosis, harus mulai pengobatan. Ini harus sampai tuntas enam bulan. Tapi yang terjadi di lapangan, pasien dengan berobat dua bulan sudah merasa enak dia gak mau melanjutkan sampai enam bulan," ucapnya.

 

Sebab itu Hariyah berharap, para petugas dapat terus mengedukasi, mendampingi, supaya pasien menjalani pengobatan hingga tuntas. Supaya TBC yang diderita tidak menular ke masyarakat lain.

 

"Jadi PR, keberhasilan pengobatan. Jadi jangan hanya mampu menemukan tapi tidak berhasil mengobati. Sebisa mungkin menyelesaikan pengobatan dan memulai pengobatan segera. Kalau tidak, bisa menularkan. Kita tidak akan eliminasi TB di 2030," ucapnya.(*)

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Kantongi SK Pasangan Cecep-Asep Semakin di Depan
Cegah Hoaks di Pilkada Serentak
Johan Sebut Anggaran Pendidikan Jabar Sempat Naik
Bey Pastikan Selama MPLS tak Ada Perundungan
Jelang Pilkada, Kenali Petugas Pantarlih Coklit

Editorial



    sponsored links