free hit counter code Kalah 0-2, Indonesia Tetap Berpeluang ke Putaran 3 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Kalah 0-2, Indonesia Tetap Berpeluang ke Putaran 3
    (net) Line-up Timnas Indonesia saat menghadapi Irak

    kualifikasi piala dunia 2026

    Kalah 0-2, Indonesia Tetap Berpeluang ke Putaran 3

    JuaraNews, Jakarta – Langkah Timnas Indonesia melaju ke Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia zona Asia, tersendat setelah kalah 0-2 oleh Irak pada matchday 5 Putaran 2 Grup F di di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan Jakarta, Kamis (6/6/2024) sore.

     

    Dua gol tim tamu tercipta lewat penalti Ayman Hussein menit 54 dan sepakan Ali Jassim menit 88. Penalti yang menyebabkan terciptanya gol pertama terjadi setelah Justin Hubner melakukan handball saat terjadi serangan dari para pemain Irak. Ayman Hussein yang menjadi eksekutor suskses mengelabui Ernando Ari dengan tendangan keras kaki kanannya ke sisi kiri gawang Indonesia.

     

    Sedangkan gol kedua terjadi setelah Ernando melakukan blunder saat menerima bola backpass dari Asnawi Mangkualam. Ernando yang langsung dikurung 2 pemain Irak, Mohanad Ali dan Ali Jassim gagal mengontrol bola. Ketika bola lepas, Ali Jassim dengan leluasa menyeploskan bola yang sudah kosong. Kendati sempat dikejar oleh Nathan, tap bola tetap meluncur ke gawang tim Merah Putih.

     

    Seusai kebobolan gol pertama, Indonesia terpaksa bermain dengan 10 orang, setelah kapten tim Jordi Amat dikartu merah langsung oleh wasit pada menit 59. Jordi diusir ke luar lapangan setelah menjegal dengan keras Youssef Amyn di depan kotak penalti.

     

    Irak sendiri sebenarnya berpeluang menang 3-0, setelah kembali mendapatkan hadiah penalti seusai Ali Jassim dijatuhkan di kotak terlarang Ernando Ali pada menit 71. Namun kali ini Aiman Husein yang ditunjuk jadi algojo gagal menjebol gawang Indonesia, setelah tendangannya melambung di atas mistar gawang.

     

    Kendati kalah, tim asuhan Pelatih Shin Tae-yong tetap berpeluang besar untuk lolos ke Putaran 3. Seusai gagal meraih poin pada matchday 5 ini, posisi Indonesia di klasemen sementara Grup tetap berada di peringkat 2 dengan raihan 7 poin. Sementara Irak sendiri menempati posisi puncak dengan raihan poin sempurna 15 dari hasil 5 kali kemenangan.

     

    Sedangkan nasib Indonesia lolos ke Putaran 3 akan ditentukan pada matchday 6, saat menjamu Filipina di SUGBK pada 11 Juni 2024 mendatang. Untuk memastikan tiket Putaran 3, pasukan STY wajib meraih kemenangan, sehingga pada klasemen akhir Grup F, tetap finis di posisi 2 dengan koleksi 10 poin. Dengan raihan 10 poin, posisi Indonesia tak mungkin terkejar oleh Vietnam yang sementara menempati posisi 3 dengan 3 poin, dan Filipina di peringkat 4 dengan 1 poin.

     

    Namun lolosnya Indonesia ke Putaran 3 sangat dipengaruhi hasil 2 laga lainnya di Grup F, yakni saat Vietnam menjamu Filipina, Kamis (6/6/2024) malam ini mulai pukul 19.00 WIB, juga hasil laga pamungkas Vietnam saat dijamu irak pada 11 Juli mendatang.

     

    Hasil laga Vietnam vs Filipina sendiri sangat berpengaruh pada peluang Indonesia lolos ke putaran berikutnya. Hasil paling menguntungkan jika Vietnam dan Filipina bermain imbang. Dengan demikian, Filipina akan tersingkir dari persaingan, karena hanya akan megoleksi total 5 poin, jika nantinya mengalahkan Indonesia.

     

    Sementara untuk Vietnam, jika di laga pamungkas berhasil mengalahkan Irak, total akan mengoleksi 7 poin, sama dengan raihan poin Indonesia saat ini. Jika itu terjadi, Indonesia cukup bermain imbang dengan Filipina, sudah bisa melaju ke Putaran 3. Sedangkaj jika ternyata Indonesia kalah dari Filipina, maka Tim Garuda dan Vietnam akan mengoleksi poin sam, 7; dan timnas yang lolos ke Putaran 3 akaj ditentukan oleh selisih gol. Saat ini, Indonesia memiliki selisih gol -2, sedangkan Vietnam -3. Jika nanti selisih gol kedua timnas masih tetap imbang, maka akan ditentukan oleh head to head. Dan untuk perhitungan head to head tersebut, Indonesia dipastikan unggul dari Vietnam dengan aggregat 4-0, setelah menang pada matcday 3 dengan skor 1-0 dan 3-0 pada matchday 4.

     

    Sedangkan jika salah satu di antara Vietnam dan Filipina yang memenang laga, Indonesia pun tetap berpeluang lolos ke Putaran 3. Jika Filipina yang menang, otomatis Vietnam tersingkir, di laga pamungkas Indonesia cukup bermain imbang dengan Filipina. Sehingga di klasemen akhir, Indonesia di posisi 2 dengan 8 poin, dan di peringkat 3 bisa ditempati Filipina dengan 4 poin atau Vietnam dengan 6 poin jika di laga pamungkas menang atas Irak.

     

    Sementara jika Vietnam yang memenangi laga, maka Indonesia wajib menang atas Filipina agar raihan poinnya tidak terkejar oleh Vietnam jika ternyata nanti bisa mengalahkan Irak di lapang pamungkas. Nantinya Indonesia akan menempati posisi 2 dengan 10 poin, sedangkan Vietnam di posisi 3 dengan 9 poin.

     

    Susunan Pemain

    Indonesia (3-4-2-1)

    21-Ernando Ari; 5-Rizky Ridho, 4-Jordi Amat, 23-Justin Hubner; 6-Sandy Walsh/14-Asnawi Mangkualam Bahar (65), 19-Thom Haye/8-Ivar Jenner (65), 22-Nathan Tjoe-A-On, 20-Shayne Pattynama/12-Pratama Arhan (65); 7-Marselino Ferdinan/10-Egy Maulana Vikri (88), 11-Ragnar Oratmangoen; 9-Rafael Struick/2-Yakob Sayuri (73)

    Pelatih: Tae-Yong Shin

     

    Irak (4-2-3-1)

    12-Jalal Hassan, 15-Ahmed Yahya, 5-Rebin Sulaka/6-Zaid Tahseen (80), 4-Saad Natiq Naji, 3-Hussein Ali; 16-Amir Al-Ammari, 20-Osama Rashid/9-Mohamed Al-Taay (86), 13-Bashar Resan/19-Youssef Amyn (46), 14-Zidane Iqbal/17-Ali Jassim (46), 8-Ibrahim Bayesh, 18-Ayman Hussein/10-Mohanad Alim (78)

    Pelatih: Jesus Casas. (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    STY Optimis Indonesia Bisa Bersaing di Putaran 3
    Ini 17 Timnas Lawan Berat Indonesia di Putaran 3
    STY Bertekad Berusaha Maksimal di Putaran 3
    Cetak Sejarah, Indonesia Melaju ke Putaran 3
    Ini Daftar Susunan Pemain Indonesia vs Filipina

    Editorial


      Jadwal Liga



      sponsored links


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58