free hit counter code Walhi Jabar Nyatakan Program Citarum Harum Gagal - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Walhi Jabar Nyatakan Program Citarum Harum Gagal

    Walhi Jabar Nyatakan Program Citarum Harum Gagal

    JuaraNews Bandung  - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat menyatakan program Citarum Harum yang sudah berjalan selama 6 tahun gagal.

     

    Program Citarum di dilakukan oleh pemerintah sebagai upaya normalisasi sungai citarum bersih tidak tercemar limbah lingkungan.

     

    Para aktivis menyuarakan kegagalan dan meminta program Citarum tidak dilanjutkan dengan menggelar aksi unjuk rasa didepan kantor Gubernur Jabar, Kota Bandung, Rabu (22/5/2024).

     

    “Bagi kami implementasi program Citarum Harum ini belum tercapai atau dengan istilah lain kami menyebutnya Program Citarum Harum Gagal. Jangan ada Citarum Harum jilid II,” kata Direktur Eksekutif Walhi Jawa Barat Wahyudin Iwang.

     

    Wahyu mengatakan gagalnya citarum harum bukan tanpa dasar melainkan fakta yang Walhi temukan di lapangan baik dari cemaran limbah maupun pencemaran lingkungan akibat ekologis.

     

    Menurutnya, selain bencana Ekologis, kondisi tersebut diperburuk dengan kurangnya sosialisasi serta sikap tegas dari aparat penegak hukum untuk menertibkan para pelaku pencemar dan pelaku perusak Citarum.

     

    “Lemahnya upaya edukasi kepada masyarakat dan Industri dalam mengelola limbah baik Limbah B3, Limbah Peternakan dan Limbah sampah Domestik, pencemaran ini yang menjadi alasan kuat penyebab ketidaklayakan kualitas air sungai Citarum, serta timbulnya permasalahan lain yaitu masalah kesehatan yang terjadi di wilayah tersebut,” tandasnya.

     

    Sungai Citarum adalah sungai terpanjang di Jawa Barat, sungai ini menjadikan sumber penghidupan bagi warga sekitar sungai lebih jauhnya memiliki fungsi utama bagi rakyat Jakarta. Secara administrasi Kabupaten Bandung , kota Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat sebagai wilayah hulu yang memiliki peran vital dalam proses perbaikan sungai Citarum 

     

    Ke empat wilayah tersebut selama ini hanya dapat memunculkan dampak, mulai dari masalah Pencemaran, Sampah, kerusakan lahan kritis di hulu dan di sempadan sungai, serta disertai dengan berbagai bencana baik pada saat kemarau maupun pada saat musim hujan. 

     

    “Memasuki momentum bulan mei ini kami mendesak secara keras agar pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat menetapkan juga tanggal 24 Mei sebagai Hari Citarum, sikap ini menjadi penting dapat diambil oleh Gubernur Jawa Barat sebagai wujud penghormatan bahwa sungai merupakan aspek penting dalam berkehidupan,” tandas Wahyu. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Hari Ini Buruh Demo Tolak Tapera
    Bey Apresiasi Pengendalian Inflasi Kota Bandung
    Bengkel Mobil Panggilan Guna Siap Layani 24 Jam
    Pembersihan Sampah di Jembatan BBS Terus Berlanjut
    Berbagi Daging Qurban di Momen Idul Adha 1445 H

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi