free hit counter code Hati-Hati Rekam Jejak Digital - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Hati-Hati Rekam Jejak Digital

    Hati-Hati Rekam Jejak Digital

    JuaraNews Bandung - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan kegiatan Nonton Bareng dengan peserta berasal dari Komunitas Wali Murid SD dan SMP se-kota Cimahi. 

     

    Nonton Bareng untuk segmen Komunitas wali murid dengan judul “Hati-Hati Rekam Jejak Digital,” pada 18 Mei 2024 pukul 08.00-12.00 di Hall Cimahi Techno Park, Kota Cimahi untuk meningkatkan pemahaman untuk lebih bijak di Media Sosial.

     

    Acara ini akan diikuti oleh puluhan ribu wali murid se-Kota Cimahi dengan fokus materi terkait Etika dan Cakap digital, aman serta etika digital dibuka.

     

    “Acara ini diselenggarakan dalam rangka memberikan edukasi terkait bahayanya rekam jejak digital bila bersifat negatif.  Hal ini sesuai dengan target pemerintah untuk meningkatkan tingkat Literasi Digital 50 juta masyarakat Indonesia pada tahun 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital,” 

     

    Berdasarkan hasil survey, Indeks Literasi Digital Nasional pada 2022 naik sebesar 0,05 poin menjadi 3,54 dari capaian indeks di tahun 2021. Ada tiga pilar yang meningkat, yaitu Pilar 1 (Digital Skill) naik sebesar 0,08 poin, Pilar 2 (Digital Ethics) naik sebesar 0,15 poin, dan Pilar 3 (Digital Safety) naik 0,02 poin. Namun Pilar 4 (Digital Culture) menurun sebesar 0,06 poin. 

     

    Pola pada pilar ini tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Secara umum urutan pada tiap indikator memiliki urutan yang sama walaupun terdapat kecenderungan penurunan pada tiap indikator pada indikator teratas. Seperti penyesuaian cara berkomunikasi agar kedua pihak tidak tersinggung mengalami penurunan dari 3,82 (tahun 2021) menjadi 3,81 (tahun 2022). 

     

    Sedangkan indikator dengan nilai indeks terendah cenderung mengalami kenaikan. Seperti keterbiasaan mencari tahu apakah informasi yang ditemukan di website benar atau salah naik dari 3,05 (tahun 2021) menjadi 3,25 (pada 2022).

     

    Walaupun secara umum terdapat kenaikan indikator, namun pengetahuan responden mengenai perangkat keras dan lunak mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Pengetahuan perangkat keras mengalami sedikit penurunan dari 49% menjawab benar, menjadi 42% menjawab benar. Begitu juga pengetahuan tentang perangkat lunak yang mengalami penurunan dari 48% menjawab benar, menjadi 45% menjawab benar. 

     

    Kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024. 

     

    Kegiatan nonton bareng ini akan dibuka Pj. Walikota Cimahi Dicky Saromi. Selanjutnya, materi akan disampaikan oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya, seperti Direktur Direktur PT Energi, Hayuning Sumbadra, Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan serta dari Tular Nalar Mafindo Fidya Laela 



    Setelah pemaparan materi akan ada sesi Tanya jawab untuk memberikan kesempatan peserta berinteraksi dengan narasumber.Adapun Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id. (*)

    bas

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Hari Ini Buruh Demo Tolak Tapera
    Bey Apresiasi Pengendalian Inflasi Kota Bandung
    Bengkel Mobil Panggilan Guna Siap Layani 24 Jam
    Pembersihan Sampah di Jembatan BBS Terus Berlanjut
    Berbagi Daging Qurban di Momen Idul Adha 1445 H

    Editorial


      Info Kota


        Inspirasi