"/> Jaga Pola Makan saat Sahur dan Buka - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda  
 
 
 
" />  
 
 
 
">  
 
 
 
"> web stats service from statcounter

Hot News


  • Mahasiswa Bandung Demo Menolak Revisi UU KPK
    Mahasiswa Bandung Demo Menolak Revisi UU KPK
    • 17 September 2019 | 17:33:00 WIB

    PULUHAN mahasiswa yang tergabung dalam Poros Revolusi Mahasiswa Bandung melakukan unjukrasa menolak Revisi UU KPK di depan Gedung DPRD Jawa Barat.

Inspirasi


    Jaga Pola Makan saat Sahur dan Buka

    ramadan

    Jaga Pola Makan saat Sahur dan Buka

    JuaraNews - Menjaga kesehatan saat berpuasa harus diperhatikan. Pasalnya, ketika menjalani puasa, kita banyak mengalami perubahan pola hidup dan pola makan. Kita harus tetap menjaga kesehatan saat berpuasa agar tidak sakit ketika Hari Raya Idul Fitri tiba.

    Agar aktivitas pada bulan puasa dapat berjalan normal seperti hari-hari biasa, kita harus menerapkan pola puasa yang sehat. Terutama pola makan ketika sahur dan berbuka. Dengan pola makan yang sehat, tubuh akan tetap bugar meskipun berpuasa seharian. Tips menjalani puasa Ramadan agar tetap sehat dan bugar, antara lain:

    • Pilih Menu Sehat

    Langkah yang tepat untuk menjalani puasa sehat yaitu dengan membuat daftar menu makanan sehat untuyk sahur dan berbuka. Hali ini akan mempermudahkan ketika akan menentukan menu apa yang akan dikonsumsi. Tentunya menu ini harus sehat dan memiliki gizi yang tinggi agar mampu memenuhi kebutuhan energi selama puasa. Sebaiknya hindari mengonsumsi junkfood ketika sahur dan berbuka. Junkfood memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan, apalagi saat puasa. Hindari juga terlalu banyak minum es ketika berbuka. Meskipun es dapat menghapus rasa dahaga dengan cepat, namun es dapat memperlambat sistem sirkulasi darah dalam tubuh sehingga membuat Anda pusing.

    • Cukup Minum

    Ketika puasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Karenanya ketika sahur dan berbuka harus  banyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang tersebut. Jangan biasakan minum minuman energi ketika puasa, baiknya minum minuman alami seperti air kelapa untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

    • Perbanyak Buah dan Sayur

    Cukupi kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi buah dan sayur ketika sayur dan berbuka. Sayur dan buah-buahan akan memberikan banyak energi ketika Anda tidak makan selama berpuasa. Makanlah mendekati waktu imsak agar lebih tahan selama berpuasa. Tidak dianjurkan untuk tidur setelah sahur karena akan menghambat metabolisme dalam tubuh.

    • Kurangi Kopi dan Soda

    Kurangi kopi dan soda ketika berpuasa. Jika bisa malah sebaiknya hindari. Kopi akan membuat terjaga di malam hari, dan memiliki efek diuretik pada tubuh. Soda juga sangat buruk efeknya untuk kesehatan.

    • Tetap Berolahraga

    Ketika menjalani puasa bukan berarti harus menghentikan kegiatan olahraga. Tidak harus menjalani olahraga berat, cukup olahraga ringan yang penting dapat membuat tubuh aktif selama puasa. Olahraga akan mempertahankan sirkulasi oksigen dalam tubuh tetap lancar sehingga badan tetap bugar.

    • Cukup Tidur

    Selama bulan Ramadhan biasanya cenderung lebih banyak beraktivitas pada malam hari. Seperti menjalani shalat Tarawih yang kemudian dilanjut dengan Tadarus. Namun, Anda juga harus memperhatikan porsi tidur yang cukup agar badan tetap segar ketika harus menjalani aktivitas pada siang harinya. (*)

     
     
     
     

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    De Majestic jadi Pusat Seni dan Budaya Jabar
    Duta Besar Swedia Kolaborasi dengan Budi Dalton
    Terbukti Bersalah, Vanessa Divonis 5 Bulan Penjara
    2020 Produk Timberland 100 % Gunakan Daur Ulang
    Reopening Lois Jeans di Mall BIP Bandung

    Editorial