free hit counter code Masuk Pot 4, Lawan Indonesia di Fase Grup Berat - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Masuk Pot 4, Lawan Indonesia di Fase Grup Berat
    (net) Piala Asia U-23 2024 Qatar

    Piala Asia U-23 2024

    Masuk Pot 4, Lawan Indonesia di Fase Grup Berat

    • Rabu, 13 September 2023 | 23:22:00 WIB
    • 0 Komentar
    Masuk Pot 4, Lawan Indonesia di Fase Grup Berat

    JuaraNews, Bandung - Untuk pertama kalinya timnas Indoensia U-23 akan berpartisipasi di ajang Piala Asia U-23 yang pada 2024 mendatang digelar di Qatar.


    Para babak final yang digelar mulai 15 April hingga 3 Mei 2024 tersebut, dipastikan tim Garuda Muda akan menghadapi lawan-lawan berat. Pasalnya, 16 timnas yang tampil di putaran final tersebut merupkan tim terbaik yang disaring dari babak kualifikasi lalu. Sebagian besar peserta kompetisi musim 2024 pun merupakan langganan gelaran Piala Asia U-23 yang digelar sejak 2013 silam.


    Selain itu, Indonesia yang baru pertama kali ikut serta di gelaran 2 tahunan tersebut, akan berada di Pot 4 dalam drawing penentuan grup di putaran final nanti. Pelaksanaan drawing renacanya digelar federasi sepak bola Asia (AFC) pada 16 November 2023 mendatang.

     

    Ke-16 tim yang lolos akan diundi ke dalam 4 grup yang terdiri atas tim, dengan tim unggulan ditentukan berdasarkan penampilan mereka di Piala Asia U-23 AFC 2022. Dalam pembagian pot, Indonesia yang lolos ke Qatar dengan status juara Grup K, bergabung dengan Malaysia, Tajikistan, dan China.

     

    Indonesia berada di Pot 4, karena tidak ikut serta pada Piala Asia U-23 2022 sebelumnya. Begitu pula dengan China yang pada kompetisi sebelumnya absen. Indonesia dan China merupakan 2 timnas yang tidak ikut serta pada edisi 2022 lalu, sementara 14 timnas lainnya merupakan peserta Piala Asia U-23 sebelumnya. Indonesia dan China menggantikan posisi Iran dan Turkmenistan yang tereliminasi di babak kualifikasi. Sementara Malaysia dan Tajikistan pada tahun sebelumnya gagal melangkah ke Babak 16 Besar.


    Dengan berada di Pot 4, Indonesia berpotensi menghadapi lawan-lawan berat dari tim unggulan di Pot 1 dan 2. Di Pot 1 sendiri bergabung tuan rumah Qatar bersama juara bertahan Arab Saudi, runner-up musim lalu Uzbekistan, serta peringkat 3 Jepang.

     

    Sementara di Pot 2, diisi peringkat 4 musim lalu Australia, bersama 3 tim perempat final, yakni Korea Selatan, Irak, Vietnam. Hanya 1 tim perempat final yang gagal lolos ke putaran final tahun depan, yakni Turkmenistan yang disingkirkan Indonesia pada fase penyisihan Grup K.

     

    Selain lawan-lawan berat dari Pot 1 dan 2, Indonesia juga bakal menghadapi salah satu tim dari Pot 3 yang merupakan peserta Piala Asia U-23 edisi sebelumnya, yakni Thailand, Yordania, Uni Emirat Arab (UEA), dan Kuwait.


    Jadi dari hasil drawing nanti bisa saja Indonesia bergabung dalam grup yang sama dengan juara bertahan Arab Saudi atau Jepang dari Pot 1, dan Korea Selatan atau Australia dari Pot 2. Atau bisa juga Indonesia satu grup dengan sesama negara ASEAN, seperti Vietnam (Pot 2) dan Thailand (Pot 3).

     

    Piala Asia U-23 2024 sendiri bakal menjadi ajang kualifikasi untuk Olimpiade 2024 Paris. Tiga tim terbaik nantinya berhak melanggeng ke Paris. Sementara peringkat keempat akan menjalani babak play-off melawan wakil dari Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) guna merebutkan satu tiket ke Olimpiade yang berlangsung pada 26 Juli-11 Agustus 2024. Ini merupakan kesempatan bagi timnas Indonesia bisa kembali tampil di Olimpiade untuk kedua kalinya setelah lama absen sejak Olimpiade 1956 Melbourne.

     Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia U-23 Usai Tekuk Turkmenistan 

     

    Pot Drawing Piala Asia U-23 2024:
    Pot 1
    Qatar (tuan rumah)
    Arab Saudi (juara bertahan)
    Uzbekistan (runner-up)
    Jepang (peringkat 3)

    Pot 2
    Australia (peringkat 4)
    Korea Selatan (perempat final)
    Irak (perempat final)
    Vietnam (perempat final)

    Pot 3
    Thailand (babak grup)
    Yordania (babak grup)
    Uni Emirat Arab (babak grup)
    Kuwait (babak grup)

    Pot 4
    Malaysia (babak grup)
    Tajikistan (babak grup)
    Indonesia (absen di edisi 2022)
    China (absen di edisi 2022). (*)

    Oleh: deni mulyana sasmita / den

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Sebanyak 11 SSB Ikuti Turnamen Sepak Bola Putri
    Tak Ada Baggott & Paes di Skuat Timnas Indonesia
    Tekuk Uzbekistan 1-0, Jepang Juara Piala Asia U-23
    Kalah 1-2, Indonesia Lakoni Play-off lawan Guinea
    Ini Penyebab Indonesia Kalah oleh Uzbekistan

    Editorial


      Jadwal Liga



      sponsored links


      Klasemen Liga Dunia

      Tim M Point
      1. Manchester City 38 91
      2. Arsenal 38 89
      3. Liverpool 38 82
      4. Aston Villa 38 68
      Tampilkan Detail

      Klasemen Liga Indonesia

      Tim M Point
      1 Borneo FC 34 70
      2 Persib Bandung 34 62
      3 Bali United 34 58