free hit counter code BKB Karang Tanjung 1 Ciamis Jadi Best Practices - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
BKB Karang Tanjung 1 Ciamis Jadi Best Practices

BKB Karang Tanjung 1 Ciamis Jadi Best Practices

  • Sabtu, 2 September 2023 | 18:37:00 WIB
  • 0 Komentar

 

JuaraNews, Ciamis - Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Karang Tanjung 1 Dusun Kidul, Desa Buniseuri, Kec. Cipaku, Kabupaten Ciamis terpilih untuk memaparkan best practices pengelolaan kelompok BKB pada webinar nasional bertajuk Pendampingan dan Orientasi Bagi Pengelola Program BKB Holistik Integratif Unggulan bagi 12 Provinsi Prioritas (PENTAS BKB HIU). Kegiatan yang digagas oleh Direktorat Balnak BKKBN RI ini dilaksanakan secara daring pada Kamis, (31/08/2023).

 

Sebelum sesi paparan best practices dimulai, Dondon Rudiana selaku Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah mewakili Bupati Ciamis menyampaikan komitmen kepala daerah dalam mendukung BKB HI Unggulan bersama dengan Bupati Bener Meriah, Aceh.

 

"Kami ucapkan selamat kepada BKB Karang Tanjung 1 yang telah terpilih sebagai BKB HI Unggulan dan diberikan kesempatan untuk sharing best practices kepada 12 provinsi prioritas dalam percepatan penurunan stunting," ucap Dondon. Bagi pemerintah Kabupaten Ciamis, peran Kelompok BKB sangat penting dalam percepatan penurunan stunting dan sangat sejalan dengan misi Kabupaten Ciamis.

 

"Sebagaimana tertuang dalam misi Kabupaten Ciamis yang ke-1, yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Maka, Pemkab Ciamis berkomitmen melakukan berbagai akselerasi pembangunan dalam upaya menyelesaikan permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat, salah satunya stunting," tambahnya.

 

Karenanya, pemkab Ciamis menyambut baik kehadiran BKB HI Unggulan ini. Sebagai wadah integrasi dan kolaborasi dalam upaya percepatan penurunan stunting melalui 6 layanan dasar di BKB HI Unggulan. Enam layanan dasar tersebut meliputi layanan adminduk dan kepemilikan jaminan kesehatan baduta, pengasuhan parenting bersama, pemantauan tumbuh kembang baduta, pembentukan karakter baduta, promotif & preventif kesehatan gizi, perlindungan baduta, serta rujukan konseling/perawatan/bantuan sosial.

 

Pada Implementasinya, BKB HI Unggulan Karang Tanjung 1 tak hanya memberikan layanan dasar saja. Tapi juga mengembangkan berbagai inovasi sesuai dengan tantangan dan kebutuhan layanan di masyarakat. Mulai dari KAJURUSIKKA (Kader Kunjungi Rumah Isi KKA), PERMATA ANTING (Pemberian Makanan Tambahan Cegah Stunting) dan KRING ASI (Kelas Parenting Ayah SIAGA).

 

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan launching Karang Tanjung 1 sebagai BKB HI Unggulan di Kabupaten Ciamis oleh Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati, didampingi oleh Kepala PPKBP3A Kab. Ciamis, Dian Budiyana dan Mentor Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat. Dalam arahannya, Kania berharap setelah menjadi BKB HI Unggulan, kelompok BKB Karang Tanjung bisa lebih meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

"Kades, tim penggerak PKK, para pengelola dan kader-kader yang ada di Buniseuri harus lebih semangat. Menularkan ilmu yang sudah diperoleh, sehingga kehadiran BKB HI Unggulan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kabupaten Ciamis," tuturnya.

 

Dirinya juga berpesan kepada seluruh OPD dan lintas sektor yang hadir, mulai dari Dinas PPKBP3A, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta TP PKK untuk terus berkolaborasi membina dan mendampingi kelompok BKB HI Unggulan yang selama ini implementasinya telah dinilai baik oleh pemerintah pusat. (*)

ude

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Legislator Minta Server PPDB Eror tak Terulang
Kehilangan Kader Terbaik Usai Kecelakaan Maut
PD Jabar Bagikan Daging Kurban di 5 Daerah Ini
Perhatikan Hal Ini Sebelum Konsumsi Daging Kurban
Johan J Anwari: Disabilitas Punya Hak yang Sama

Editorial



    sponsored links