free hit counter code Jabar Rumuskan Rencana Pembangunan hingga 2045 - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Jabar Rumuskan Rencana Pembangunan hingga 2045
(humas pemprov jabar) Ridwan Kamil dalam acara WJDF 2023

WJDF 2023

Jabar Rumuskan Rencana Pembangunan hingga 2045

JuaraNews, Bandung - Gubernur Jabar Ridwan Kamil memulai kick-off West Java Development Forum (WJDF) 2023 untuk merumuskan pembangunan Jabar jangka panjang hingga 2045.


West Java Development Forum (WJDF)  2023 merupakan tindak lanjut dari arahan pemerintah pusat yang meminta daerah menerjemahkan rencana pembangunan jangka panjang sampai 2045.


"Sesuai arahan dari pemerintah pusat, kita harus menerjemahkan rencana pembangunan jangka panjang sampai tahun 2045. Kick-off sudah dilakukan Presiden Joko Widodo dan Bappenas, sekarang kick-off untuk level Provinsi Jabar," ujar Emil di Hotel Pullman, Kota Bandung, Senin (31/7/2023).


Dalam merumuskan pembangunan Jabar jangka panjang, WJDF 2023 melibatkan berbagai pihak seperti kalangan akademisi, budayawan, tokoh masyarakat, inohong Jabar, Forkopimda hingga generasi milenial.


Kang Emil mengungkapkan, semua kalangan akan dimintai pandangannya untuk pembangunan Jabar hingga tahun 2045.


Menurutnya, dilibatkannya stakeholders dari berbagai kalangan akan membuat rencana pembangunan lebih maksimal, merata dan mewakili harapan seluruh masyarakat.


"Semua stakeholders yang mewakili akan memberikan pandangan bagaimana Jabar di 2045, termasuk dari wartawan karena ini perjalanan panjang Jabar ke depan," ungkapnya.


Kang tak menyebut sektor mana saja yang akan jadi fokus ke depan sebab menurutnya, pembangunan tak bisa fokus hanya pada satu sektor, melainkan harus multidimensi.


"Namanya pembangunan tidak ada fokus ke satu sektor saja, melainkan multidimensi," ucapnya.


Namun dari pandangan kaum milenial ada 3 sektor penting yang harus diakomodir, yaitu ekonomi, lingkungan, dan sumber daya manusia.


"Kalau di mata generasi milenial yang kita survei, ada tiga sektor utama, yaitu ekonomi, lingkungan, dan sumber daya manusia," kata Emil.


Ia pun optimistis, pada 2045 Jabar akan tetap menjadi provinsi termaju di Indonesia dalam berbagai indikator seperti terlihat pencapaian pembangunan di era kepemimpinan Kang Emil, Jabar sudah meraih 540 pengamhargaan dari September 2018 sampai Juli 2023. Hal itu menandakan ada 540 perubahan di berbagai bidang.


"Optimis kita jadi provinsi yang maju. Sekarang saja pencapaiannya sudah luar biasa ada 540 penghargaan. Mudah-mudahan 22 tahun ke depan Jabar terus menjadi provinsi termaju di Indonesia sehingga kita bisa juara seperti yang dicita-citakan di era kami," tutur Kang Emil. (*)

den

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Bey Machmudin Lantik Tiga Penjabat Kepala Daerah
Legislator Minta Permasalah RKB Segera Diatasi
3 Raperda Prakarsa DPRD Jabar Tuntas Dibahas
Bey Target Swasembada Pangan di Jabar
Legislator Minta Regulasi PPDB Zonasi Dievaluasi

Editorial



    sponsored links