free hit counter code Anggota DPRD Jabar Soroti Jembatan Rapuh dan Jalan Berlubang di Cirebon - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Editorial


    Hot News


    Opini


      Anggota DPRD Jabar Soroti Jembatan Rapuh dan Jalan Berlubang di Cirebon

      Anggota DPRD Jabar Soroti Jembatan Rapuh dan Jalan Berlubang di Cirebon

      • Jumat, 11 November 2022 | 19:22:00 WIB
      • 0 Komentar

      JuaraNews Bandung - Anggota DPRD Jabar  Daddy Rohanady menyoroti rapuhnya jembatan penghubung antara kecamatan di Kabupaten Cirebon.

       

      Menur jembatan  di Desa Panunggul, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon merupakan  jalan provinisi.

       

      Dia mengatakan hal itu sebagai salah satu hasil temuannya ketika reses di Desa Panunggul. Daddy menambahkan, jembatan yang rusak tersebut terletak di ruas jalan Arjawinangun-Jagapura. 

       

      Melihat lokasi tersebut, jembatan ini menjadi kewenangan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Wilayah VI Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR). Semestinya, penanganan yang dilakukan tidak menunggu terlalu lama.                                  

       

      "Posisi jembatan berada tidak jauh, kalau tidak boleh disebut di depan, Balai Desa Panunggul. Jadi, masyarakat dan aparat Desa Panunggul sangat tahu kondisi jembatan tersebut," kata Daddy, Jumat (11/11/2022).

       

      "Dengan demikian, saya paham betul jika mereka mengeluhkan kondisi jembatan itu kepada saya. Saya katakan juga kepada mereka bahwa kondisi itu akan disampaikan secepatnya kepada Kepala UPTD Wilayah VI Dinas BMPR Provinsi Jawa Barat," tambah Wakil Ketua Fraksi Gerindra itu.

       

      Dia menjelaskan bahwa jika jembatan tersebut sudah mulai goyah dikarenakan salah satu dinding penyangga yang ada pada bawah jembatan sudah mulai melengkung.

       

      Selain itu, bagian tengah jembatan di jalan provinsi ini sudah berlubang. Posisinya yang berlubang adalah di bagian tengah jalan. 

       

      "Berarti, dinding penyangga bawahnya harus diganti. Jika tidak, atau dibiarkan terlalu lama, dikhawatirkan jembatan akan ambrol. Jika itu terjadi, alternatif pengguna jalan Arjawinangun-Jagapura atau yang menuju Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu harus melingkar cukup jauh," jelasnya. (*)

       

      Menurut Daddy, pengendara motor dan mobil harus lewat Kota Cirebon lalu ke Gunungjati dan ke Karangampel atau alternatifnya tidak kalah dekat, yakni melalui Kertasmaya. Jika ingin menempuh jalur pintas, ada juga, tetapi harus melintasi jalur 'totoang' di tengah persawahan.

       

      Daddy menyebutkan, jembatan Panunggul memang hanya merupakan salah satu jembatan di jalan milik Provinsi Jabar. Secara keseluruhan di Jabar terdapat 1.295 jembatan. Total panjang jembatan tersebut adalah 16.485,9 km. 

       

      Ternyata, cukup banyak dari jembatan itu umurnya juga sudah cukup tua karena banyak yang dibangun pada zaman Belanda. Tidak aneh jika jembatan-jembatan seperti itu kondisinya sudah rapuh dan membutuhkan penanganan segera.

       

      "Saya berharap DBMPR Provinsi cepat bertindak. Jangan menunggu sampai jembatan di Desa Panunggul Kecamatan Gegesik keburu ambruk," tandasnya

      bas

      0 Komentar

      Tinggalkan Komentar


      Cancel reply

      0 Komentar


      Tidak ada komentar

      Berita Lainnya


      Komisi V: Program TOSS Bisa Jadi Role Model
      Pembangunan Terminal Cikarang Harus Dikebut
      DPRD Jabar Terima Studi Banding BK DPRD Jambi
      Sekwan Jabar Ajak Pegawai Rutin Terapkan Eco Green
      DPRD Harap Sinergitas Barnas Adjidin Dengan Dewan