Hot News


Inspirasi


  • Dirgahayu Sat Linmas ke-58
    Dirgahayu Sat Linmas ke-58

    NEGARA Republik Indonesia lahir melalui perjuangan bangsa dan pahlawannya yang melepaskan diri dari penjajahan dan sejajar dengan bangsa di dunia.

    Timnas U-23 Tetap Tarung di Arena SEA Games 2015
    Net

    Timnas U-23 Tetap Tarung di Arena SEA Games 2015

    JuaraNews, Bandung - FIFA akhirnya menjatuhkan sanksi pembekuan terhadap PSSI. Beruntung, federasi tertinggi sepak bola dunia itu masih mengizinkan Timnas U-23 berlaga di ajang SEA Games 2015.

    FIFA menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) perdana beberapa saat setelah Kongres Luar Biasa di Zurich, Swiss, Sabtu (30/5/2015) dini hari WIB. Hasilnya pun mengejutkan, FIFA menjatuhkan sanksi pembekuan terhadap Indonesia.

    Sanksi ini dijatuhkan FIFA karena adanya intervensi yang dilakukan Pemerintah, dalam hal ini Menpora Imam Nahrawi yang membekukan PSSI dan tidak mengakui hasil Kongres Luar Biasa yang berlangsung di Surabaya pada 18 April lalu.

    Sanksi tersebut diwujudkan FIFA melalui Surat Keputusan yang dikirimkan kepada Sekretaris Jendral (Sekjen) PSSI, Azwan Karim. Surat tersebut ditandatangani oleh Sekjen FIFA, Jerome Valcke.

    FIFA menganggap Indonesia melanggar Statuta Pasal 13, 14 ayat 1, dan 17. Hukuman tersebut langsung berlaku mengingat FIFA menilai Indonesia melakukan pelanggaran serius. PSSI juga kehilangan hak keanggotaan FIFA.

    Dengan demikian, Timnas Indonesia tak bisa berpartisipasi dalam pertandingan di bawah payung FIFA. Persipura Jayapura juga kehilangan haknya berlaga di ajang Piala AFC 2015. Padahal, Mutiara Hitam sudah menjejaki babak 16 besar.

    Selain itu, PSSI dan ofisialnya tidak memperoleh hak terkait program-program pengembangan FIFA, dan juga pelatihan-pelatihan, selama masa hukuman.

    Namun, FIFA masih memberikan sedikit keringanan bagi Indonesia. Timnas U-23 masih diperbolehkan berpartisipasi di ajang SEA Games 2015 di Singapura 5-16 Juni nanti hingga selesai.

    Dalam suratnya, FIFA juga memberikan empat syarat bagi Indonesia agar sanksi itu bisa dicabut. Komite Eksekutif PSSI kembali mengatur sepakbola Indonesia secara independen tanpa adanya campur tangan dari pihak lain, termasuk kementrian atau agensinya, Pengelolaan tim nasional diberikan kepada PSSI, Tanggung jawab seluruh kompetisi PSSI diberikan kepada otoritas PSSI dan bidang-bidang di bawahnya, dan Seluruh klub yang diberi lisensi PSSI sesuai dengan Peraturan Lisensi Klub PSSI harus bisa bertanding di kompetisi PSSI.(*)

    fan

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    Nasib Liga I dan Liga 2 Tunggu Sikap Pemerintah
    Bila Pandemi Masih Panjang, Bhayangkara FC Usul Liga 1 Diakhiri
    Ini Kelemahan Sepak Bola Indonesia Menurut Indra Sjafri
    Kembali ke Bandung, Pelatih PSS Siap Curi Poin di Kandang Persib
    Soal Sponsor, Kemenpora Sebut Persib dan Persikabo Langgar Undang-Undang Olahraga
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Imani Center
      Buku Wagun

      Jadwal Liga


        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Dunia

        Tim M Point
        1. Liverpool 12 34
        2. Leicester City 12 26
        3. Chelsea 12 26
        4. Manchester City 12 25
        Tampilkan Detail

        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Persib Bandung 3 9
        2 Bali United 3 7
        3 PSIS Semarang 3 6