Ini Cara Bio Farma Lakukan Penghematan Energi

Ini Cara Bio Farma Lakukan Penghematan Energi

  • Kamis, 27 November 2014 | 08:30:00 WIB
  • 0 Komentar

JuaraNews, Bandung - Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) 2014 yang diperoleh PT Bio Farma (Persero) bukan tanpa alasan. Gedung Publik II Bio Farma yang mendapatkan predikat gedung hemat energi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dibangun dengan konsep green building.

Kepala Divisi Teknik dan Pemeliharaan Bio Farma (Persero) Tommy Zulfikar menuturkan, salah satu cara untuk melakukan penghematan di Gedung Publik II ini adalah dengan penggunaan solar cell. Tak hanya itu, untuk pengendalian konsumsi energi listrik dilakukan pemilihan pembebanan dan sistem pencahyaan. Salah satunya dengan penggunaan lampu LED dengan penggunaan sensor gerak (motion detection sensor) untuk mengaktifkannya.

"Selain mampu menghemat penggunaan listrik sebesar 40%, pencahayaan gedung ini mengoptimalkan perolehan cahaya alami sehingga dapat mengurangi penggunaan pencahayaan buatan di siang hari," terang Tommy Zulfikar.

Tomy menambahkan, cara tersebut dilakukan dengan sistem zonasi yang terpisah antara pencahayaan buatan dan pencahayaan alami. "Dengan mengaplikasikan fitur-fitur hemat energi, Gedung Publik II dapat melakukan penghematan energi sebesar 1,500 kWh/bulan dari penggunaan solar cell, dan dari penggunaan solar sell dapat dilakukan penghematan sebesar 4,880.96 kWh/bulan," tuturnya.

Dengan demikian, melalui perencanaan dengan pendekatan rancangan pasif dan rancangan aktif, Desain Intensitas Konsumsi Energi (IKE) pada Gedung Publik II Bio Farma sebesar 114.48 kWh/m2 per tahun, lebih hemat sebesar 56.87% dari rata-rata konsumsi gedung-gedung kantor sebesar 160 kWh/m2.tahun. (*)

Oleh: ageng rustandi / ang

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Terkait


Berita Lainnya


Rupiah Menguat di Tengah Wabah Virus Corona
Pos Indonesia Terapkan Protokol Antisipasi Penyebaran Corona
Antispasi Serangan Virus Corona, Bank BJB Berlakukan Work Form Home
PLN Tetap Siaga Menjaga Pasokan Listrik Masyarakat, di Tengah Merebaknya Covid-19
RUU Cipta Kerja Diperlukan untuk Antisipasi Peningkatan Angka Pengangguran

Editorial