free hit counter code Potensi Desa Harus Dimanfaatkan Guna Tingkatkan Perekonomian - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter
Potensi Desa Harus Dimanfaatkan Guna Tingkatkan Perekonomian

Potensi Desa Harus Dimanfaatkan Guna Tingkatkan Perekonomian

 

JuaraNews, Bandung - Pemprov Jabar diharapkan dapat menggali potensi desa. Hal itu sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian. 

 

Anggota Komisi II DPRD Jabar, Lilis Boy mengatakan Program desa wisata merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan

 

"Jadi pembangunan desa dapat ditopang salah satunya dengan mengembangkan desa wisata. Tiap desa harus bisa mengamati dan menggali potensi yang ada karena banyak kemungkinan ya punya desa daya tarik. Seperti adanya curug tersembunyi itu bisa digarap sebagai wahana wisata desa yang membawa manfaat secara ekonomi bagi masyarakat,” katanya belum lama ini.

 

Legislator Partai Demokrat ini menjelaskan pengembangan desa wisata juga merupakan salah satu bentuk percepatan pembangunan desa secara terpadu untuk mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa. Tentunya, jika berhasil dikembangkan maka akan berdampak pada peningkatan produktivitas dan perputaran ekonomi.

 

"Lebih jauh lagi kalau tata kelola bagus bisa jadi bermunculan desa wisata berkelas dunia. Wah ini keren pastinya. Bisa menjadi pendorong terhadap pertumbuhan ekonomi secara nasional. Makanya seluruh Pemda dan Pemdes harus jeli melihat potensi yang ada di desa,”ujarnya.

 

Menurutnya, tak dapat dipungkiri, sektor pariwisata sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat khususnya. Bagaimana tidak, dampak yang terasa dari sektor ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, peningkatan penerimaan devisa dari sektor pariwisata, penyerapan tenaga kerja pariwisata, dan kenaikan indeks daya saing pariwisata.

 

Sebagaimana diketahui, sebanyak lima desa di Jawa Barat menjadi juara dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 bertema “Dari Desa, Indonesia Bangkit” dengan subtema “Desa Wisata Kelas Dunia, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan.” (*)

 

bas

0 Komentar

Tinggalkan Komentar


Cancel reply

0 Komentar


Tidak ada komentar

Berita Lainnya


Cucu Harap Program Listrik Desa tak Tumpang Tindih
Komisi IV Sesalkan Konstruksi Legok Nangka di 2025
Cucu: Penyediaan Listrik Penting bagi Warga Jabar
Cucu Sugyati Ajak Warga Tertib Jaga Lingkungan
Cucu Sugyati Sebarluaskan Perda Trantibum Linmas

Editorial



    sponsored links