free hit counter code Daun Teh Jati Cina, Herbal Pencahar Penjaga Kesehatan Usus - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Daun Teh Jati Cina, Herbal Pencahar Penjaga Kesehatan Usus
    Daun Teh Jati Cina

    Daun Teh Jati Cina, Herbal Pencahar Penjaga Kesehatan Usus

     

    DAUN tanaman Cassia acutifolia yang lebih populer dengan nama daun jati cina atau Daun Senna mengandung zat senosida yang memiliki efek pencahar kuat atau bersifat laksatif. Jika dikonsumsi air rebusan atau seduhan layaknya minum teh, bahan herbal ini bermanfaat untuk mengatasi sembelit dengan cara meningkatkan gerakan usus sehingga frekuensi buang air besar akan meningkat dan tidak keras.

    Di pasaran, teh jati cina tersedia dalam bentuk daun kering murni maupun kemasan teh celup siap seduh. Biasanya lebih banyak tersedia di toko kecantikan. Secara umum, Teh Jati Cina dapat dikonsumsi oleh dewasa dan anak-anak 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore. Akan tetapi hindari mengonsumsi herbal ini selama lebih dari 7 hari supaya tidak berlebihan.

    Daun teh ini juga diyakini menjadi penurun berat badan yang efektif. Bagi yang kebelet pengen diet dan menurunkan berat badan, daun ini bisa direkomendasi. Bagi yang memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.  

    Berikut beberapa manfaat teh jati cina untuk kesehatan :

     

    1. Obat Pencahar Alami

    Untuk membantu mengatasi sembelit, selama mengkonsumsi herbal ini harus tetap mencukupi asupan cairan dengan minum 8 gelas air putih setiap hari, berolahraga dengan teratur, dan mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

     

    1. Mengatasi Wasir

    Kandungan pada daun teh jati cina tidak langsung mengobati wasir. Minuman ini dapat membantu kita untuk tidak mengejang terlalu keras saat buang air. Potensi manfaat menurunkan risiko wasir masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

     

    1. Membantu Persiapan Kolonoskopi

    Kolonoskopi adalah prosedur pemeriksaan untuk mendeteksi luka, iritasi, polip atau kanker pada usus besar dan rektum, yaitu bagian paling bawah usus besar yang terhubung ke anus. Prosedur ini dilakukan dengan terlebih dahulu memberikan obat bius kepada pasien. Sebelum melakukan tindakan ini, dokter harus memastikan bahwa usus besar harus bebas feses dan kotoran lainnya.

     

    Berdasarkan hasil riset terbitan World Journal of Gastroenterology, peneliti menyatakan teh Jati Cina yang bersifat laksatif mampu membersihkan usus dari kotoran dengan lebih baik dari senyawa magnesium sitrat.

     

    1. Meredakan Gejala Sindrom IBS

    Sindrom iritasi usus besar (IBS) adalah kelainan pada usus besar akibat gangguan kontraksi otot usus hingga masalah saraf yang mengatur kerja saluran pencernaan. IBS bisa menyebabkan sembelit.

     

    1. Sumber Antioksidan

    Teh jati cina juga punya manfaat memberikan asupan antioksidan untuk tubuh. Riset terbitan Biochemistry Research International menemukan bahwa daun ini kaya akan senyawa flavonoid, tanin, dan anthraquinones. Ketiganya bersifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, sehingga sangat baik untuk kesehatan. (*)

    Editor : Ude D Gunadi

     

     

     

    ude

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Waspadai Penyakit Khas Pascalebaran
    Cintanya Agus Mulyana Pada Vespa Tak Sekedar Hobi
    Cegah Ancaman Kesehatan Pasca Lebaran, Lakukan Ini
    Akhir DCDC Ngabuburit Extra Sukses Bius Bandung
    Puncak DCDC Ngabuburit Extra Siap Ramaikan Bandung

    Editorial