blog counter

Daun Teh Jati Cina, Herbal Pencahar Penjaga Kesehatan Usus



Daun Teh Jati Cina, Herbal Pencahar Penjaga Kesehatan Usus

 

DAUN tanaman Cassia acutifolia yang lebih populer dengan nama daun jati cina atau Daun Senna mengandung zat senosida yang memiliki efek pencahar kuat atau bersifat laksatif. Jika dikonsumsi air rebusan atau seduhan layaknya minum teh, bahan herbal ini bermanfaat untuk mengatasi sembelit dengan cara meningkatkan gerakan usus sehingga frekuensi buang air besar akan meningkat dan tidak keras.

Di pasaran, teh jati cina tersedia dalam bentuk daun kering murni maupun kemasan teh celup siap seduh. Biasanya lebih banyak tersedia di toko kecantikan. Secara umum, Teh Jati Cina dapat dikonsumsi oleh dewasa dan anak-anak 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore. Akan tetapi hindari mengonsumsi herbal ini selama lebih dari 7 hari supaya tidak berlebihan.

Daun teh ini juga diyakini menjadi penurun berat badan yang efektif. Bagi yang kebelet pengen diet dan menurunkan berat badan, daun ini bisa direkomendasi. Bagi yang memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.  

Berikut beberapa manfaat teh jati cina untuk kesehatan :

 

  1. Obat Pencahar Alami

Untuk membantu mengatasi sembelit, selama mengkonsumsi herbal ini harus tetap mencukupi asupan cairan dengan minum 8 gelas air putih setiap hari, berolahraga dengan teratur, dan mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

 

  1. Mengatasi Wasir

Kandungan pada daun teh jati cina tidak langsung mengobati wasir. Minuman ini dapat membantu kita untuk tidak mengejang terlalu keras saat buang air. Potensi manfaat menurunkan risiko wasir masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

 

  1. Membantu Persiapan Kolonoskopi

Kolonoskopi adalah prosedur pemeriksaan untuk mendeteksi luka, iritasi, polip atau kanker pada usus besar dan rektum, yaitu bagian paling bawah usus besar yang terhubung ke anus. Prosedur ini dilakukan dengan terlebih dahulu memberikan obat bius kepada pasien. Sebelum melakukan tindakan ini, dokter harus memastikan bahwa usus besar harus bebas feses dan kotoran lainnya.

 

Berdasarkan hasil riset terbitan World Journal of Gastroenterology, peneliti menyatakan teh Jati Cina yang bersifat laksatif mampu membersihkan usus dari kotoran dengan lebih baik dari senyawa magnesium sitrat.

 

  1. Meredakan Gejala Sindrom IBS

Sindrom iritasi usus besar (IBS) adalah kelainan pada usus besar akibat gangguan kontraksi otot usus hingga masalah saraf yang mengatur kerja saluran pencernaan. IBS bisa menyebabkan sembelit.

 

  1. Sumber Antioksidan

Teh jati cina juga punya manfaat memberikan asupan antioksidan untuk tubuh. Riset terbitan Biochemistry Research International menemukan bahwa daun ini kaya akan senyawa flavonoid, tanin, dan anthraquinones. Ketiganya bersifat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, sehingga sangat baik untuk kesehatan. (*)

Editor : Ude D Gunadi

 

 

 

ude

0 Komentar
Tinggalkan Komentar
Cancel reply
0 Komentar
Tidak ada komentar
Berita Lainnya
Andini Artis Film Kabayan Milenial, Rayakan Ulang Tahun ke-13 Tahun
Balai Pelestarian Kebudayaan IX Sajikan Pertunjukan Angklung
Muflida Noerhaliza Aktris Cantik di Film Kabayan Milenial
Sambut Pergantian Tahun, eL Hotel Royal Bandung Hadirkan Promo eLEGEND Night 2023
Simak Cara Buat Obat Herbal Aman dan Efektif Atasi Batuk Pilek, Pengganti Sirup!
Berita Terdahulu

Editorial