free hit counter code Pemprov Jabar Kembangkan Wisata Religi Terkonsep - JuaraNews Inspirasi Semangat Muda web stats service from statcounter

Hot News


Opini


    Pemprov Jabar Kembangkan Wisata Religi Terkonsep
    (humas pemprov jabar) Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat berziarah ke makam makam Syekh Syaikhona Kholil di area masjid Pesarean Syaikhona Kholil, Bangkalan Madura, Jawa Timur Kamis (20/1/2022).

    Pemprov Jabar Kembangkan Wisata Religi Terkonsep

    • Kamis, 20 Januari 2022 | 19:53:00 WIB
    • 0 Komentar

    JuaraNews, Bangkalan - Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungkapkan, saat ini Pemprov Jabar tengah mematangkan pengembangan wisata religi yang lebih terkonsep.

     

    Ditemui saat kunjungan kerja ke Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Kamis (20/1/2022), Ridwan Kamil menuturkan, wisata religi memiliki potensi ekonomi yang tinggi bila ditata dengan baik.

     

    "Kami pernah menghitung, wisata religi itu nilai ekonominya tinggi sekali," ujarnya.

     

    Adapun pengembangan wisata religi di Jabar bertujuan agar peziarah lebih nyaman dan pedagang kaki lima tertata. Dampaknya denyut ekonomi akan meningkat.

     

    "Di Jabar sedang dikonsepkan wisata religi dengan penataan serius, sehingga peziarah nyaman, PKL tertata, dan semua dapat barokahnya," tutur Kang Emil.

     

    Ia mencontohkan sejumlah destinasi wisata religi di Jabar yang saat ini sering dikunjungi peziarah, di antaranya Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon, Situ Lengkong Panjalu, dan Pamijahan di Tasikmalaya. Menurutnya, dari wisata religi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akan tumbuh usaha kuliner dan cinderamata.

     

    "Seperti saya tadi beli sate Madura dan oleh-oleh, kalikan saja ribuan orang yang datang,  UMKM akan meningkat apalagi penataannya lebih baik," katanya.

     

    Usai berziarah ke Makam Syekh Syaikhona Kholil di Bangkalan, Kang Emil sempat membeli sate Madura ditemani Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron di area ziarah. Menurutnya, sate Madura di tempat aslinya rasa lebih enak dengan kontur yang lebih gemuk.

     

    "Sate Madura di sini lebih gemuk dan rasanya lebih enak. Kalau di Jabar agak tipis satenya, tapi umumnya kecap dan bumbunya sama, lontongnya juga sama," ujarnya.

     

    Adapun kunjungan ke wisata religi biasanya sering ramai di bulan Maulud. Kang Emil mengatakan, warga Jabar yang berziarah ke Makam Syekh Syaikhona Kholil di bulan Maulud bisa mencapai 10 bus.

     

    "Bulan Maulud bulan yang paling banyak warga Jabar datang ke sini, ada 5 sampai 10 bus," ungkapnya. (*)

    jn

    0 Komentar

    Tinggalkan Komentar


    Cancel reply

    0 Komentar


    Tidak ada komentar

    Berita Lainnya


    Cerita Pegawai PLN Tak Mudik Demi Amankan Listrik
    Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik
    Layanan Operasional Terbatas & Weekend Banking
    Operasi Pasar Ditarget Tuntas pada H-4 Lebaran
    KAI Operasikan 58 Perjalanan di Wilayah 2 Bandung

    Editorial



      sponsored links