Daftar Pemain


    Editorial


      Hot News


      Jadwal Liga


        PERSIB BANDUNG VS BALI UNITED: Pertahankan Puncak Klasemen

        • Kamis, 13 Januari 2022 | 12:37:00 WIB
        • 0 Komentar


        PERSIB BANDUNG VS BALI UNITED: Pertahankan Puncak Klasemen

        JuaraNews, Denpasar – Persib Bandung mendapatkan adangan pertama dalam mempertahankan posisi pemuncak klasemen Liga 1 2021-2022, dengan menghadapi Bali United di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Kamis (13/1/2022) malam ini.

         

        Saat ini, Maung Bandung memiliki 37 poin hasil dari 18 laga, dan bertengger di peringkat 1 klasemen sementara hingga Pekan 19 ini. Namun raihan poin Persib rentan dikudeta. Pasalnya Maung Bandung memiliki poin sama dengan Arema FC dan Bhayangkara FC di posisi 2 dan 3.

         

        Karena itu, kemenangan menjadi harga mati jika ingin memperpanjang takhta Liga 1 tersebut. Jika mampu meraih 3 poin dari Bali United, Persib dipastikan tetap kokoh di peringkat pertama. Persib bakal tetap unggul dalam hal selisih gol dengan Bhayangkara dan Arema, kendati kedua tim tersebut sama-sama meraih kemenangan.

         

        Pelatih Persib Robert Rene Alberts pun memastikan para pemainnya mempunyai motivasi tinggi untuk menghadapi Bali United. Karena jika imbang apalagi kalah, posisi Persib terancam tergeser oleh tim-tim di bawahnya. Bukan hanya BFC dan Arema, tim Persebaya Surabaya pun berpotensi menyalip, karena hanya berbeda 1 poin dengan Persib.

         

        "Baik Arema dan Bhayangkara juga tentu ingin menjaga posisi mereka juga di klasemen. Begitu pula dengan kami, pemain kami punya motivasi besar untuk menjadi yang nomor satu di Indonesia dan akan melakukan yang terbaik untuk jadi yang terbaik di Liga," ujar Robert Alberts dalam sesi jumpa pers virtual jelang laga di Denpasar, Rabu (12/1/2022).

         

        Hal tersebut, kata Robert Alberts, menjadi motivasi tersendiri bagi para pemain Persib. Menurutnya, para pemain sangat ingin mempermalukan Bali United di rumahnya sendiri.

         

        "Jadi kami akan berusaha menampilkan yang terbaik dan kami termotivasi, itu yang membuat kami terstimulasi untuk meraih kemenangan ketika bermain sebagai tuan rumah di Bali melawan Bali (United)," katanya.

         

        Persib sendiri berhasil menjadi pemuncak klasemen setelah pada laga Pekan 18, menang 1-0 atas Persita Tangerang, Jumat (13/1/2022) lalu. Kemenangan pertama di Putaran 2 tersebut pun menjadikan kepercayaan diri para pemain meningkat, dan menjadi modal berharga untuk menghadapi Serdadu Tridatu. Apalagi skuad Maung Bandung memiliki waktu persiapan selama 4 hari untuk menghadapi Bali United.

         

        "Hasil di pertandingan melawan Persita cukup penting. Itu adalah laga pertama di putaran kedua. Secara penampilan, pemain bisa berbuat lebih baik. Tapi secara hasil, kami sudah melakukannya dengan baik," kata Robert.

         

        Persib sendiri baru pada Pekan 18 ini duduk di peringkat pertama. Sebelumnya, Ezra Walian dan kawan-kawan lebih banyak menempati posisi 2. Namun sejak Seri Pertama, Persib tidak pernah terlempar dari 3 besar.

         

        "Melihat di putaran pertama ketika kami lebih banyak berada di posisi kedua sejak awal hingga akhir. Posisi ketiga menjadi posisi terburuk kami, dan kami tidak pernah keluar dari posisi ketiga sejak awal musim. Jadi jika berbicara soal konsistensi, maka kami cukup konsisten," katanya

         

        Pada Putaran 2 ini, Robert ingin Persib mengganti poin yang hilang pada akhir-akhir putaran pertama. Karena itu, kemenangan menjadi wajib diraih agar asa menjadi juara tetap terjaga. Robert Alberts pun optimistis bisar meraih targetnya tersebut setelah Persib mendatangkan David da Silva dan Bruno Cunha Cantanhede. "Dengan tambahan pemain baru ini diharapkan kami bisa menjadi nomor satu dan lebih konsisten dalam memenangkan pertandingan," tandas Robert.

         

        Soal calon lawan pada Pekan 19 ini, pelatih asal Belanda tersebut menilai laga kontra Bali United memberikan tantangan lebih bagi anak-anak asuhnya. Menurutnya, Serdadu Tridatu yang berada di posisi 5 dengan 32 poin tersebut merupakan tim berkualitas yang akan menyulitkan pasukannya. Apalagi kali ini, Bali United bermain di kandangnya sendiri.

         

        "Bali United sedang berusaha berada di puncak klasemen. Mereka merupakan juara bertahan. Tentu saja, mereka akan menunjukkan kualitasnya sebagai juara," ucap pelatih berusia 67 tahun ini.

         

        Robert menegaskan, meskipun bukan hal mudah untuk menggapai target tersebut, para pemain akan menunjukkan semangat bertanding berlipat.

         

        “Meskipun kami posisinya besok adalah tuan rumah, di sini Bali punya keuntungan karena mereka bisa beradaptasi dengan semuanya. Tapi sekali lagi, kami akan berusaha, berjuang, fight untuk mempertahankan posisi kami saat ini,” katanya.

         

        Robert pun memberikan respek terhadap Bali United dari berbagai aspek. Bagi dia, Bali United merupakan tim yang terorganisir, kualitas pemain luar biasa, dan klub yang diatur dengan sangat baik. "Tapi kami berada di sini untuk menunjukkan kami berkembang sebagai tim dan Persib ialah salah satu kandidat untuk menjadi juara," tandas Robert.

         

        Pada laga kali ini, Bali United sendiri tak bisa didampingi pelatihnya, Stefano Cugurra yang sedangan mengikuti kursus kepelatihan Level Pro di Brasil. Namun Robert tak melihat hal itu sebagai sebuah keuntungan bagi Persib. Menurutnya, para asisten Teco mampu menjalankan tugasnya dengan sangat baik meski tanpa kehadirannya.

         

        "Saya rasa tim pelatih Bali sudah menghabiskan waktu bersama cukup lama, dan tim pelatih Bali tentunya cukup tangguh dalam membangun tim dari balik layar. Jadi saat pelatih kepalanya tidak hadir di 1-2 laga tidak nampak perbedaan besar dari tim itu sendiri," ujarnya.

         

        Absennya Teco juga tak membuat persiapan Persib menjadi berbeda. Sehingga di pertandingan nanti, Persib bakal mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya agar meraih poin penuh. "Kami juga tetap bersiap dengan normal karena menurut kami tim pelatih di sana tetap menjalankan tugasnya meski tanpa pelatih kepala," ucap Robert.

         

         

        Tekad Bali United Jaga Rekor Positif atas Persib

        Dari kubu lawan, Asisten Pelatih Bali United Yogie Nugraha mengungkapkan, saat ini motivasi para pemainnya cukup tinggi, terutama jika melihat catatan pertemuan kedua tim.  Pasalnya, sejak Liga 1 bergulir pada 2017, Bali United tak pernah kalah dari Persib. Tim Serdadu Tridatu sendiri meraih kemenangan pada laga perdananya di Putaran 2 ini, dengan menekuk Barito Putera 3-0.

         

        "Kami berharap sejarah yang baik kembali hadir kepada kami dan juga suporter. Kami akan semangat dan bekerja keras untuk bisa meraih hasil maksimal serta bisa sukses meraih kemenangan laga besok malam," ujar Yogie dalam sesi konferensi pers virtual jelang laga, Rabu (12/1/2022).

         

        Yogie menilai pertemuan dengan Persib merupakan pertandingan besar yang dinantikan banyak orang. "Besok adalah pertandingan besar. Pertandingan yang mungkin banyak ditunggu. Saya respect sama Persib, tim besar banyak sejarah," ujar Yogie.

         

        Yogie menyebutkan, waktu persiapan yang dimiliki timnya memang cukup terbatas, yakni hanya 3-4 untuk persiapan. Namun hal tersebut bukan alasan untuk bisa menampilkan terbaik pada laga nanti. Dia menegaskan, Ilija Spasojevic dan kawan-kawan dalam kondisi siap untuk menghadapi Persib.

        "Dua hari latihan bukan alasan kami tidak menikmati menghadapi Persib. Untuk menghadapi Persib ini, kami sudah siap. Soal taktik saya tidak bisa berbicara di sini dan mari kita lihat di pertandingan nanti,” tegasnya.

         

        Pada laga nanti, Bali United mendapat tambahan tenaga baru. Tiga pemain yang sempat membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020, Nadeo Argawinata, Yabes Roni, dan Irfan Jaya dipastikan sudah bisa diturunkan. Namun Yogie tidak menjamin mereka akan langsung diturunkan sebagai starter melawan Persib.

         

        "Kami tekankan selalu kepada pemain tidak ada jaminan mereka bisa selalu starting ketika mereka tidak latihan. Yabes dan Nadeo mereka sudah latihan," ujar Yogie.

         

        Soal kesiapan Nadeo menghadapi Persib Bandung, Yogie berkoordinasi terlebih dulu dengan pelatih kiper Bali United. "Begitu juga dengan Yabes, lebih bagus kita lihat pertandingan besok seperti apa," ucapnya.

         

        Sama seperti Nadeo dan Yabes, Irfan Jaya yang baru direkrut dari PSS Sleman tidak mendapat garansi dari Yogie untuk terlibat menghadapi Persib. "Evaluasi pasti ada saya tekankan setiap hasil pertandingan dan besoknya dievaluasi apa pun hasilnya, tapi soal pemain tidak ada jaminan untuk bermain dan itu bukan konsumsi publik buat saya," katanya.

         

        Soal kekuatan pemain Persib, Yogie mengakui 2 striker rekrutan baru Maung Bandung, Da Silva dan Bruno Cantanhede, bisa menjadi ancaman bagi gawang Bali United. Menurut Yogie, kedua pemain itu memiliki kualitas yang harus diwaspadai para pemainnya.

         

        "Yang pasti mereka pertama kali pertandingan, Bruno bisa cetak gol, pasti akan berikan dia percaya diri lebih," ujar Yogie.

         

        Namun Yogie tak mau fokus para pemainnya tertuju hanya pada Bruno dan Daa Silva. Menurutnya, Persib memiliki pemain yang tak kalah berbahayanya selain duo Brasil itu. "Saya lihat mereka punya punya pemain bagus bukan cuma pemain baru, rata-rata pemain Persib Bandung punya kedalaman bermain yang bagus," katanya.

         

        Selain itu, Persib sudah bisa menurunkan Victor Igbonefo untuk berduet kembali dengan Nick Kuipers, menggantikan Achmad Jufriyanto. Sepanjang Seri Ketiga, Igbonefo harus absen karena tengah membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2020.

         

        Menurut Yogie, kehadiran duet Nick dan Igbonefo bukan sesuatu yang baru. Sebab, pada Putaran 1 lalu, para pemainnya sempat menghadapi duet tersebut. "Mereka bukan pertama kali main, sering main itu. Bukan sesuatu yang kaget, kami sudah terbiasa. Buat kami itu normal, tidak ada masalah," ujarnya.

         

        Head to Head

        18 September 2021           Liga 1 2021-2022             Bali United 2-2 Persib Bandung

        24 Maret 2021                   Piala Menpora 2021          Persib Bandung 1-1 Bali United

        28 November 2019             Liga 1 2019                     Bali United 3-2 Persib Bandung

        26 Juli 2019                       Liga 1 2019                     Persib Bandung 0-2 Bali United

        30 Oktober 2018                Liga 1 2018                     Persib Bandung 1-1 Bali United

        27 Mei 2018                       Liga 1 2018                     Bali United 0-0 Persib Bandung

        21 September 2017            Liga 1 2017                     Persib Bandung 0-0 Bali United

        31 Mei 2017                      Liga 1 2017                     Bali United 1-0 Persib Bandung

        17 September 2016            ISL 2016                         Bali United 1-0 Persib Bandung

        14 Mei 2016                       ISL 2016                         Persib Bandung 2-0 Bali United

         

        5 Pertandingan  Terakhir Persib Bandung

        7 Januari 2022                    Persib Bandung 1-0 Persita Tangerang

        12 Desember 2021              Persik Kediri 0-1 Persib Bandung

        8 Desember 2021                Persib Bandung 0-3 Persebaya Surabaya

        4 Desember 2021                Madura United 0-1 Persib Bandung

        28 November 2021              Persib Bandung 0-1 Arema FC

         

        5 Pertandingan  Terakhir Bali United

        9 Januari 2022                  Bali United 3-0 Barito Putera

        5 Januari 2021                   Persebaya Surabaya 3-1 Bali United

        9 Desember 2021              Bali United 0-1 Madura United

        5 Desember 2021              Arema FC 0-0 Bali United 

        30 November 2021            Bali United 5-0 Persiraja Banda Aceh

         

         

        Perkiraan Susunan Pemain

        Persib Bandung (4-4-2)

        Teja Paku Alam; Ardi Idrus, Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Henhen Herdiana; Dedi Kusnandar, Mohammed Rashid, Febri Hariyadi, Bechkam Putra Nugraha; David da Silva, Bruno Cunha Cantanhede

        Pelatih: Robert Rene Alberts

        Bali United (4-3-1-2)

        Wawan Hendrwan; Leonard Tupamahu, Ricky Fajrin, I Made Andhika, Willian Silva; Eber Henrique Ferreira, Brwa Hekmat Nouri; Irfan Jaya, IlijaSpasojevic, Jean Marie Privat Befolo Mbarga

        Pelatih: Stefano Cugurra. (*)

        den

        0 Komentar
        Tinggalkan Komentar
        Cancel reply
        0 Komentar
        Tidak ada komentar
        Berita Lainnya
        Hingga Pekan 20, Febri Hariyadi Terbanyak Tampil, Nick Kuipers Terlama, Rashid Top Skorer Persib
        Robert Alberts Petik Pelajaran Penting dari 3 Laga Awal Persib di Putaran 2
        Skuat Persib Kembali Gelar Latihan Bersama Sabtu Ini
        Kondisi Febri dan Henhen Kian Membaik, Diharapkan Bisa Gabung Latihan Persib Sabtu Besok
        Bayu M Fiqri Dipanggil Timnas Indonesia, Robert Alberts Ikut Senang
        Berita Terdahulu
        Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021
        walikota

        Data Statik Covid-19


        DATA COVID-19 INDONESIA

        😷 Positif:

        😊 Sembuh:

        😭 Meninggal:

        (Data: kawalcorona.com)

        Ads


        Klasemen Liga Indonesia

        Tim M Point
        1 Bhayangkara FC 20 43
        2 Arema FC 20 41
        3 Persib Bandung 20 40