Hot News


Opini


  • Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat
    Urgensi Perubahan RTRW Jawa Barat

    TERKAIT penataan ruang, amanat Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja memang berbeda dengan amanat UU 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.

    5 Desa di Jabar Raih Anugerah Desa Wisata 2021



    5 Desa di Jabar Raih Anugerah Desa Wisata 2021
    Desa Ciburial di Desa Sukalasana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut bas

     

    JuaraNews, Bandung - Sebanyak lima desa di Jawa Barat menjadi juara dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 bertema "Dari Desa, Indonesia Bangkit" dengan subtema "Desa Wisata Kelas Dunia, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan."

     

    Dalam anugerah yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tersebut, ada 1.831 desa dari 34 provinsi di Indonesia ikut berpartisipasi.

     

    Dari 1.831 desa tersebut, terpilih 50 desa wisata terbaik berdasarkan tujuh kategori, yakni kategori daya terik wisata (alam dan buatan, serta seni budaya), kategori homestay, kategori souvenir (fashion, kriya, dan kuliner), kategori CHSE, kategori toilet umum, kategori konten kreatif, dan kategori desa digital.

     

    Adapun kelima desa di Jabar yang meraih juara, yakni Desa Gegesik Kulon Kabupaten Cirebon (Juara 2 Kategori Konten Kreatif), Desa Alam Endah Kabupaten Bandung (Juara 2 Kategori Desa Digital), Desa Ciburial Kabupaten Garut (Juara 2 Kategori Toilet Umum), Desa Cisande Kabupaten Sukabumi (Juara 5 Kategori Toilet Umum), dan Desa Selasari Kabupaten Pangandaran (Juara 4 Klasifikasi Khusus Desa Wisata Maju ADWI 2021).

     

    "Acara ini digelar untuk meningkatkan kompetensi desa wisata di Indonesia sesuai dengan potensi dan keunggulannya masing-masing, agar sektor pariwisata terus berkembang terutama di desa," ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya, Selasa (7/12/2021) malam.

     

    Menurut Sandiaga Uno, dunia pariwisata saat ini bisa menjadi milik desa. "Oleh karena itu temanya adalah Dari Desa, Indonesia Bangkit," ucapnya.

     

    Penilaian desa wisata terbaik dijaring dari 1.831 desa wisata yang ikut berpartisipasi. Kemudian, disaring menjadi 300 desa, 100 desa, dan akhirnya terpilih 50 Desa Wisata Terbaik dalam ADWI 2021. (*)

    bas

    0 Komentar
    Tinggalkan Komentar
    Cancel reply
    0 Komentar
    Tidak ada komentar
    Berita Lainnya
    IKA Muda Unpad Dukung Ridwan Kamil Jabat Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara
    Gubernur Ridwan Kamil Pertimbangkan Bangun Kampung Inggris di Jabar
    Kena Sanksi dari PDIP lalu Minta Maaf, Arteria Dahlan Dilaporkan ke Polisi
    Dorong Melek Digital, Atalia Minta Ibu-ibu Jangan Curahkan Kekesalan di Media Sosial
    Kesbangpol Jabar Fokus Cegah Penyebaran Paham NII di Garut
    Berita Terdahulu

    Editorial


      Iklan DPRD KBB Hari Pahlawan 2021

      Data Statik Covid-19


      DATA COVID-19 INDONESIA

      😷 Positif:

      😊 Sembuh:

      😭 Meninggal:

      (Data: kawalcorona.com)

      Ads